Hari Persahabatan Internasional dan Adab Persahabatan Sesuai Sunnah

0
55

Hari Persahabatan Internasional – Tanggal 30 Juli merupakan Hari Persahabatan Internasional Internasional yang ditetapkan oleh PBB pada tanggal 27 April 2011. Di hari tersebut masyarakat di seluruh dunia memperingatinya dengan mengucapkan kasih dan sayang pada sahabat mereka.

Dalam Islam sendiri tidak ada istilah Hari Persahabatan Internasional atau semacamnya. Islam tetap memperbolehkan persahabatan, di dalam perusahaan terdapat nilai-nilai yang yang baik.  Namun seperti Cahaya Islam sebaiknya harus tahu bahwa persahabatan dalam Islam memiliki batasan serta adab.

Adab-adab Persahabatan di Hari Persahabatan Internasional

Hendaknya sebagai seorang muslim kita harus taat pada syariat agama serta sunnah Rasul dalam persahabatan dan memperhatikan adab-adab persahabatan yang sesuai dengan sunnah. Karena tidak semua hubungan persahabatan baik secara syariat maupun hukum Islam.

Pilih Teman Mukmin

Dalam bergaul sebaiknya sobat Cahaya Islam memilih teman sesama mukmin. Kenapa harus mencari teman seorang mukmin? Memilih teman yang tepat bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Demikian juga ketika kita memilih seorang teman yang seorang mukmin. Kita akan lebih terjaga baik dalam aqidah maupun akhlak.

لاَ تُصَاحِبْ إِلاَّ مُؤْمِنًا وَلاَ يَأْكُلْ طَعَامَكَ إِلاَّ تَقِىٌّ

Janganlah engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Janganlah memakan makananmu melainkan orang bertakwa.” (HR. Abu Daud no. 4832 dan Tirmidzi no. 2395. Hadits ini hasan kata Syaikh Al Albani).

Diibaratkan seperti, apabila sering bergaul dengan penjual minyak maka kita akan mendapatkan wanginya. Demikian juga saat kita memilih teman yang perilakunya tidak baik maka kita juga akan ikut-ikutan atau ketularan menjadi tidak baik juga. Jadi sangat penting dalam memilih seorang teman atau sahabat. Kita harus selektif dalam memilih teman jangan asal dia mau bersahabat atau berteman dengan kita.

Bertutur Kata Baik

Mukmin yang paling sempurna imannya adalah mukmin yang memiliki akhlak baik. Akhlak yang baik bisa kita lihat dari cara seseorang berbicara atau bertutur kata. Rasulullah yang memiliki akhlak paling sempurna memiliki tutur kata yang penuh kelembutan dan kasih sayang. Dalam pergaulan sosial bertutur kata baik juga harus dilakukan kepada teman atau sahabat kita.

Berpakaian Sesuai Syariat

Adab bergaul di Hari Persahabatan Internasional selanjutnya yaitu berpakaian sesuai dengan syariat Islam. Di dalam Alquran, wanita atau perempuan di wajibkan untuk menutupi badan mereka dengan pakaian yang longgar dan tidak menampakan aurat maupun lekuk tubuh.

Perlu sobat Cahaya Islam ketahui khususnya bagi yang perempuan, bahwa seluruh tubuh perempuan merupakan aurat yang harus ditutupi kecuali wajah dan telapak tangan. Jadi sebaiknya dalam bergaul di lingkungan masyarakat maupun lingkungan teman harus memperhatikan pakaian yang dipakai. Apakah sudah sopan dan sesuai syariat atau belum.

Saling Memberi Nasehat dalam Kebaikan

Kepada sesama teman hendaknya sobat Cahaya Islam juga harus saling memberi nasehat dalam kebaikan. Apabila salah satu teman sobat akan atau telah melakukan tindakan yang menyimpang dari agama, sobat coba bisa memberi nasehat dengan cara yang baik. Kewajiban seorang muslim adalah mengajak kepada kebaikan dan mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar. Jadikan persahabatan sebagai ladang amal untuk berdakwah menyampaikan risalah agama Islam meskipun hanya satu ayat saja.

Hari Persahabatan Internasional internasional yang ditetapkan oleh PBB boleh dirayakan. Tetapi dengan memperhatikan batasan-batasan serta adab yang ditetapkan oleh syariat Islam. Dalam pergaulan tidak boleh melakukan perbuatan yang bisa menjurus kepada perbuatan munkar seperti hina, berbohong, mencuri, dan lain sebagainya. Semoga artikel mengenai persahabatan dan adab-adabnya bisa menambah ilmu sobat Cahaya Islam.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!