Sholawat Nabi Beri Manfaat Bagi yang Baca, Apa Saja?

0
26

Sholawat Nabi –  Umat Islam dianjurkan untuk membaca atau melantunkan sholawat Nabi. Sholawat merupakan ungkapan cinta kepada Rasulullah. Sholawat juga sebagai sebuah doa keselamatan untuk Nabi Muhammad maupun untuk diri kita sendiri.

Hendaknya sobat Cahaya Islam membacanya sholawat setiap saat, baik pakai, siang, maupun malam. karena membaca shalawat memiliki banyak sekali keutamaan serta manfaat bagi diri kita.

Sobat Cahaya Islam bisa membaca sholawat saat sedang melakukan pekerjaan, setelah selesai salat lima waktu, saat istirahat dan lain sebagainya. Sholawat sebanyak mungkin dapat memberikan pahala dan syafaat.

Allah serta para malaikat juga bersholawat kepada nabi. Sholawat merupakan bentuk cinta kita sebagai umatnya sekaligus juga penghormatan kepada nabi besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Begitu besar dan agung keutamaan dari sholawat nabi yang bisa Sobat Cahaya Islam ketahui. Berikut adalah keutamaan sholawat Nabi.

Keutamaan-keutamaan Sholawat Nabi

Merupakan Perintah Allah

Allah memerintahkan hamba-hambanya untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Allah beserta para malaikatNya juga bershalawat kepada Rasulullah. Sobat bisa melihat perintah Allah ini dalam Surah Al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Arab-Latin: Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Arti: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Sobat Cahaya Islam, sebagai hamba-Nya kita harus menuruti apa yang Allah perintahkan kepada kita. Allah memerintahkan kita untuk membaca selalu kita harus melaksanakannya.

Allah Akan Bersholawat 10 Kali

Rasulullah pernah bersabda bahwa siapa saja dari umatnya yang bersholawat satu kali saja kepada beliau, maka Allah juga akan bersholawat pada orang tersebut sebanyak 10 kali. Dengan begitu maka Allah akan memberi keselamatan dan perlindungan pada orang yang membaca shalawat.

1 Sholawat Menghapus 10 Dosa

Keutamaan membaca sholawat lainnya yaitu apabila seseorang bershalawat sebanyak 1 kali maka Allah akan menghapus 10 dosa darinya. Tanya itu, Allah juga akan bershalawat kepadanya sebanyak 10 kali juga. Begitu besar manfaat dari membaca shalawat. Memperbanyak membaca shalawat tidak akan membuat sobat Cahaya Islam rugi. Bahkan malah akan menambah pahala serta bermanfaat bagi diri Sobat Cahaya Islam.

Allah Akan Mengangkatnya 10 Derajat

Selain Allah bershalawat sebanyak 10 kali dan menghapus dosanya sebanyak 10 pada orang yang bersholawat, Allah juga akan mengangkatnya 10 derajat. Maksudnya ialah Allah akan mengangkat derajat kedudukannya dihadapanNya. Orang yang memiliki kedudukan tinggi di hadapan Allah termasuk orang yang sangat beruntung. Kenapa? Karena Allah memasukkan orang-orang tersebut ke dalam golongan hambaNya yang beriman dan bertaqwa.

Mendapat Syafaat

Setiap umat Islam pasti ingin mendapat syafaat dari Rasulullah. Kita bisa mendapatkannya dengan cara membaca sholawat nabi setiap hari. siapapun yang membaca selawat berhak mendapat syafaat di hari kiamat nanti dari Rasulullah begitu menurut hadis shahih.

Dekat dengan Rasulullah

Membaca sholawat nabi berarti kita mengungkapkan rasa cinta dan penghormatan kepada Rasul kita, Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Rasulullah mengatakan bahwa orang yang selalu membaca sholawat memiliki kedudukan yang sangat dekat dengan beliau.

Jadi sobat Cahaya Islam, itulah beberapa keutamaan dari membaca shalawat nabi. Mari kita perbanyak shalawat kepada Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam di setiap kesempatan baik saat sedang sibuk maupun di waktu senggang.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!