Siapa Saja Orang Terkaya di Dunia Menurut Islam?

0
412
orang terkaya di dunia

Orang Terkaya di Dunia – Memiliki harta yang banyak tentu merupakan idaman siapa saja. Karena itulah manusia banyak yang bermimpi menjadi orang terkaya di dunia.

Walaupun begitu, daftar orang paling kaya di dunia kerap mengalami perubahan setiap tahunnya. Karena itulah, informasi tersebut sering menarik perhatian banyak orang.

Daftar Orang Terkaya di Dunia

Sebagai informasi, beberapa waktu terakhir menjadi tahun buruk bagi jajaran orang terkaya di dunia. Bagaimana tidak, setelah covid melanda, harga saham mulai jatuh dan bunga mengalami kenaikan.

Belum lama ini, Forbes merilis daftar orang yang paling kaya di dunia. Siapa saja mereka? Berikut informasinya untuk Sobat:

1.       Bernard Arnault

Posisi pertama dalam daftar orang paling kaya di dunia yaitu Bernard Arnault dan keluarganya.Di tahun 2023, ia berhasil mengalahkan kekayaan bos Tesla dan Twitter yakni Elon Musk.

Kabarnya total kekayaan Bernard Arnault mencapai USD 211 miliar.

2.       Elon Musk

Orang paling kaya kedua di dunia menurut Forbes yakni Elon Musik. Ia merupakan salah satu pengusaha besar dari Amerika Serikat yang populer.

Total kekayaan Elon Musk menyentuh angka USD 180 miliar.

3.       Jeff Bezos

Berikutnya ada Jeff Bezos yang menempati posisi ketiga orang paling kaya di dunia menurut Forbes. Jeff Bezos saat ini mempunyai total kekayaan sebesar USD 114 miliar.

Orang Paling Kaya dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, saat ditanya siapa orang terkaya di dunia tentu saja jawabannya yakni daftar di atas. Jawaban tersebut wajar adanya mengingat banyak orang menganggap ukuran kekayaan yakni harta duniawi.

Namun jawaban tersebut akan berbeda kalau menggunakan barometer syariat islam. Pasalnya di mata Allah SWT semua manusia sama dan tidak ada perbedaan dari sisi harta.

Bahkan kalau memakai ukuran syariat islam, bukan hal mustahil Sobat menjadi orang paling kaya di dunia. Karena itu, jangan berkecil hati jika Sobat bukan termasuk orang paling kaya di dunia ini.

Orang Terkaya di Mata Islam

Kalau mengukur dengan timbangan syariat islam, berikut ini ada beberapa kategori orang paling kaya di dunia:

1.       Orang yang Kaya Hati

Menurut pandangan islam, orang paling kaya di dunia merupakan seseorang yang kaya hati. Nabi Muhammad SAW bersabda:

 لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ، وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

“Kekayaan tidaklah diukur dengan banyaknya harta, namun kekayaan yang hakiki adalah kekayaan hati.” (HR. al-Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 2417)

Dalam islam, kaya hati kerap disebut sebagai qana’ah. Maksud dari qanaah adalah menerima dengan hati yang lapang apapun pemberian dari Allah SWT.

orang terkaya di dunia

Orang tersebut juga selalu bersabar dan tidak pernah mengumpat atas rezeki dari Allah SWT.

2.       Orang yang Selalu Merasa Cukup

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Yang namanya kaya bukanlah dengan memiliki banyak harta, tetapi yang namanya kaya adalah hati yang selalu merasa cukup (qanaah).” (HR Bukhari no 6446, Muslim no 1051, Tirmidzi no 2373, Ibnu Majah No 4137).

Menurut islam, orang paling kaya berikutnya adalah ia yang selalu merasa cukup. Selain itu, orang tersebut juga tidak pernah merasa tamak terhadap semua yang ada pada orang lain.

Karena selalu merasa cukup itulah, Allah SWT menambahkan keberkahan dalam rezeki dan membuatnya tidak pernah kekurangan.

3.       Orang yang Mensyukuri Nikmat Aman

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa rasa aman merupakan sebuah nikmat yang besar. Karena itu, umat islam perlu senantiasa mensyukurinya supaya merasakan nikmat menjadi orang terkaya.

orang terkaya di dunia

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِى سِرْبِهِ مُعَافًى فِى جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

Barangsiapa di antara kalian mendapatkan rasa aman di rumahnya (pada diri, keluarga dan masyarakatnya), diberikan kesehatan badan, dan memiliki makanan pokok pada hari itu di rumahnya, maka seakan-akan dunia telah terkumpul pada dirinya.” (HR. Tirmidzi no. 2346, Ibnu Majah no. 4141. Abu ’Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib).

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa hal yang termasuk orang terkaya di dunia dalam islam. Syukuri nikmat Sobat sekarang juga untuk mendapat keberkahan di dunia dan akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY