Nuzulul Quran, Kemuliaan Waktu Diturunkannya Alquran

0
78
Nuzulul Quran

Nuzulul Quran – Momen Nuzulul Quran adalah momen yang selalu dirindu dan dinanti. Sebab, di momen inilah Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW sebagai mukjizat dariNya. Selain itu, waktu ini juga yang menjadikan Ramadhan sering dimaknai sebagai bulan Quran.

Sobat Cahaya Islam, Nuzulul Quran tidak boleh hanya diperingati sebagai momen turunnya Qur’an saja. Namun, terdapat pengingat bagi kaum muslimin bahwa bulan Ramadhan adalah bulan perjuangan melawan keinginan yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Apa saja Keutamaan Nuzulul Qur’an?

Sebagai umat muslim, seharusnya mereka memahami bahwa malam diturunkannya Quran adalah malam kemuliaan. Tidak seharusnya waktu malam tersebut digunakan untuk hal – hal yang tidak produktif.

Produktif dalam Islam sendiri dimaknai sebagai waktu yang habis digunakan untuk melaksanakan amalan sesuai syariat Islam. Sehingga, walaupun menurut persepsi manusia bahwa aktivitas yang dilakukannya adalah aktivitas produktif, namun bila tak dibenarkan oleh syariat, tetap saja tergolong tidak bermanfaat.

Sungguh umat muslim akan sangat merugi jika melakukan hal yang demikian. Padahal, terdapat beberapa keutamaan yang akan didapatkan kaum muslimin bila dapat meraihnya. Pertama, umat muslim akan mendapat jaminan keselamatan dari Allah SWT. Selain itu, banyak dari para malaikat yang turun pada malam tersebut.

Bagaimana Agar Bisa Produktif di Malam Nuzul Quran?

Sebagian besar kaum muslimin tentunya menanti waktu malam dimana diturunkannya Al-Quran. Namun, jangan sampai penantian tersebut berujung pada kesia – siaan. Sehingga dibutuhkan strategi khusus agar kaum muslimin juga dapat mendapatkannya.

Tidak ada pengecualian, karena kemuliaan malam tersebut bisa didapatkan oleh siapapun. Bahkan muslimah yang sedang haid sekalipun juga dapat meraihnya. Persyaratan utama dari semua ini yakni niat yang ikhlas dan amalannya sesuai dengan tuntunan syariat. Berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan :

1. Membaca Alquran

Nuzulul Quran

Dalam momen apapun, membaca Alquran merupakan suatu anjuran dari Rasulullah SAW untuk dilakukan oleh seluruh kaum muslimin. Bahkan umat dapat mendapatkan reward berupa syafaat lewat bacaan Rasulullah SAW.

Membaca Alquran sendiri juga tida hanya dilafadzkan saja, melainkan juga ditadabburi kandungannya. Berawal dari yang demikian, umat akan lebih memahami esensial dari kehadiran Alquran.

2. Membaca Buku Islami

Bagi muslimah yang sedang haid, jangan biarkan kemalasan menjadi penghalang di malam turunnya Al-Qur’an. Selayaknya umat menambah tsaqofah (pengetahuan) dalam diri agar semakin mengenal khazanah Islam.

3. Mendengarkan Majelis Ilmu

Nuzulul Quran

Jika ada sedikit rasa bosan saat membaca, terdapat pilihan lain seperti mendaftarkan diri pada majelis ilmu terutama ilmu agama. Di masa online seperti ini, sangat banyak majelis yang memang dibuka saat malam hari untuk peringatan turunnya Al-Qur’an. Jangan biarkan malam tersebut hanya diisi dengan dengkuran yang akan disesali pada esok hari.

Umat muslim akan mendapatkan keutamaan dari mendatangi majelis ilmu seperti yang difirman Allah SWT dalam surat Alm Mujadilah ayat 11 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mengejar malam Nuzulul Qur’an. Jangan sampai kaum muslimin terlena dengan limpahan makanan serta minuman sehingga melalaikan amalan untuk mendapatkan malam kemuliaan. Semoga, seluruh umat muslim dapat mendapatkannya dan amalan yang dilakukan diridhoi oleh Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY