Dilarang Ngeluh Lho Sama Allah!

0
49
Dilarang Ngeluh

Kajian islam – Mengeluh pada keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan tidak kemudian secara ajaib mengubah keadaan tersebut menjadi seperti yang kita inginkan. Hal itu hanyalah akan membuat diri kita merasakan kegelisahan dan rasa sakit yang justru merusak pikiran dan jiwa kita lho. Singkatnya adalah – Mengeluh tidak ada gunanya sama sekali dan juga kita Dilarang Ngeluh Lho Sama Allah! kok bisa?

Dilarang Ngeluh Lho Sama Allah!

Bagi sobat cahayaislam yang masih memupuk kebudayaan suka mengeluh dan menyalahkan harusnya bisa nih mencoba untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu dari diri kita. Karena ternyata oh ternyata, sikap mengeluh merupakan karakter yang dilarang oleh Allah SWT. Kita coba break down satu per satu ayatnya ya.

Ketika kita Mengeluh Kenapa masalahku berat begini ya? 

Kadang kita sempat berfikir atau berucap demikian. Merasa bahwa kita menghadapi masalah yang sangat pelik dan kita bersedih akan hal itu. Faktanya adalah sebenarnya Allah yakin bahwa kita bisa melaluinya, karena kita kuat dan sanggup. Seperti yang ada pada firmanNya di surat Al Baqarah ayat 286:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. [1]

Bahwa Allah tidak akan mendatangkan musibah atau cobaan yang mana itu tidak sanggup dipikul dan diatasi oleh HambaNya. So, jadi stop ngeluh yaa… kamu kuat kok!

Ketika kita mengeluh Aduh aku merasa tak sanggup! Aku Stress nih

Ada kalanya kita merasa ditimpa sebuah beban yang beratnya ratusan kilo untuk kita pikul. Kita bersedih karenanya, dan kita merasa tertekan karena hal itu. Kemudian kita mengeluh dan berusaha menghindar dari masalah itu. Tapi Allah baik dan Dia telah berfirman dalam surat Al Imran 139:

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. [2]

Dan janganlah bermental lemah, merasa diri tidak sanggup menghadapi cobaan yang menerpa. Padahal bagi Allah kita merupakan orang orang beriman yang memiliki derajat yang tinggi disisiNya. Jangan sampai hanya karena kena cobaan dikit, kita jadi down dan merasa rendah diri karenanya.

Ketika kita mengeluh Gimana caranya aku bisa melaluinya nih? Berat banget…

Kita merasa tidak ada yang hadir disana memahami masalah kita, membantu kita meringankan permasalahan yang muncul dan membuat hati dan pikiran kita lebih ringan dalam menyelesaikan masalah. Namun jangan berkecil hati, Allah berfirman dalam ayatNya di Surat Al Baqarah 45:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Mintalah tolong kepada Allah dalam sujud shalat mu dengan khusyu ikhlas mengharapkan bantuan dari Allah. Terkadang yang kita butuhkan adalah kepala kita menyentuh tanah bersujud meminta pertolongan kepadaNya. Kita kuat bila kita bersama Allah, tidak peduli seberapa berat ujian dan cobaan yang menimpa diri kita. [3]

***

Nah, itu sih kira kira beberapa ayat yang sebenarnya memiliki esensi untuk kita agar menjadi diri yang tahan banting dan bisa menghadapi segala permasalahan hidup di depan kita dengan tegas dan lantang. Karena Allah berada disisi kita. – Semoga bermanfaat ya!


Catatan Kaki

[1] Q.S. Al Baqarah (2) ayat 286

[2] Q.S. Al Imran (3) ayat 139

[3] Q.S. Al Baqarah (2) ayat 45

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!