Noor Nabila Resmi Membina Rumah Tangga Baru, Inilah Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga dalam Pandangan Islam!

0
85
Noor Nabila

Noor Nabila – Belum lama ini, media dihangatkan dengan berita bahagia dari pasangan Engku Emran dan Noor Nabila. Keduanya dikabarakan mengikat janji suci tepat pada hari Jumat, tanggal 19 Maret 2021.

Perempuan yang  dinikahi Engku Emran cukup menarik perhatian netizen. Kini janda beranak satu ini, resmi membina rumah tangga yang baru bersama Engku Emran. Lalu, Sobat Cahaya Islam, bagaimana cara menjaga keharmonisan rumah tangga dalam perspektif Islam? Yuk simak informasinya!

Cara Menjaga Keharmonisan Keluarga Menurut Islam

Ikatan pernikahan adalah suatu akad yang menghalalkan dua insan berbeda yakni laki-laki dan perempuan dengan tujuan membina keluarga yang bahagia dengan cara yang dianjurkan dalam Islam. Untuk mencapai keluarga yang harmonis Allah SWT menjelaskan secara rinci dalam ayat suci Al-Qur’an.

Firman Allah SWT:

 أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa”. (Q.S. al-Baqarah [2]:187)

Setiap pasangan yang terjalin dalam ikatan pernikahan mengharapkan kehidupan rumah tangga yang harmonis. Seperti halnya yang terjadi pada Noor Nabila, meskipun bukan pernikahan yang pertama, keharmonisan rumah tangga amat diharapkan pada pernikahan kali ini.  Nah, Sobat Cahata Islam terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan rumah tangga guna mencapai keharmonisan disertai Ridha Allah SWT.

1.   Saling Memahami Satu Sama Lain

Cara pertama yakni dengan saling memahami satu sama lain. Baik lingkungan, sifat individu hingga latar belakang keluarga pasangan tentunya terdapat perbedaan. Sobat Cahaya Islam tentunya harus memahami setiap perbedaan tersebut. Hal ini tidak menjadi sandungan untuk membina keluarga yang harmonis.

Noor Nabila

2.   Senantiasa Melakukan Kebaikan dan Ketaatan

Baik suami maupun istri memiliki kewajiban untuk bersikap baik dan taat satu sama lain. Seorang suami hendaknya memperlakukan istrinya sebaik mungkin. Begitu pun dengan sang istri yang senantiasa harus taat pada suami, selama dalam jalur kebaikan. Ketika pasangan suami istri bisa memberikan kebaikan, maka ikatan yang harmonis pun dapat terjalin.

3.   Menanamkan Perilaku Jujur

Sikap jujur adalah adalah tiang yang kuat untuk membangun kepercayaan antara suami dan istri. Ketika pasangan bisa terbuka dengan segenap pedapat yang dimilikinya, maka solusi yang tepat dalam menghadapi perbedaan pendapat pun dapat diatasi dengan tenang. Hal ini hendaknya disikapi dengan saling menghargai satu sama lain.

4.   Menghormati Satu Sama Lain

Jangan lupa untuk saling menghormati satu sama lain. Seorang suami tidak semena-mena menindas istrinya. Begitu pun seorang istri hendaknya tidak melunjak pada sang suami. Masing-masing individu harus dihormati dan dihargai. Ketika keluarga bisa menghormati anggotanya satu sama lain, maka hal ini akan menciptakan ketenteraman yang menenangkan.

5.   Senantiasa Menyenangkan Pasangan

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyengkan pasangan satu sama lain. Seorang suami bisa memberikan kejutan dengan memberikan hadiah pada sang istri atau pun memuji masakan yang dimasak sang istri.  Begitu pun sang istri hendaknya memerhatikan tampilan agar bisa terlihat baik di mata sang suami. Senantiasa menyajikan makanan yang disukai suami, dan sebagainya.

6.   Menghadapi Masalah Bersama

Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari haling-rintang yang menghadang. Masalah pasti menerpa kehidupan rumah tangga. Untuk menghadapinya tentu harus bersama-sama guna meringankan beban yang dpikul. Renungkan masalah yang terjadi, kemudian bagaimana pendapat masing-masing, lalu temukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Noor Nabila

Demikianlah Sobat Cahaya Islam, ulasan singkat terkait cara menjag keharmonisan rumah tangga. Keharmonisan adalah salah satu hal yang diharapkan setiap pasangan.

Begitu pun pasangan Noor Nabila dan Engku Emran yang juga mengharapkan keluarga harmonis dan senantiasa ada dalam lingkaran ridha-Nya. Mari bersama-sam berikhtiar untuk bisa membina kehidupan rumah tangga yang diberkahi Allah SWT. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY