Bagaimana Menjadi Orang Baik Walaupun dengan Karakter Tegas dan Asertif? (Dalam Nilai Nilai Islam)

0
16
Bagaimana Menjadi Orang Baik Walaupun dengan Karakter Tegas dan Asertif Dalam Nilai Nilai Islam

Tegas dan Asertif – Siapa sobat cahayaislam disini yang orangnya nggak enakan? yang agak susah untuk bilang NO kepada orang lain. Kalo emang begitu, berarti sobat termasuk dalam jenis tipe People Pleaser. Yaitu jenis orang yang pengennya menyenangkan semua orang. Sebenernya adalah sebuah hal baik bila kita ingin mengusahakan hal baik untuk orang lain di sekitar kita. Namun, itu akan menjadi tidak baik bila kita malah pada akhirnya melupakan diri kita sendiri. Bahkan dalam banyak kasus, kemudian orang orang yang anda ingin Please disini malah memanipulasi dan memanfaatkan anda. Duh kacau deh!

Lalu Gimana dong? well, sobat cahayaislam bisa kok menjadi orang yang baik dengan karakter tegas dan asertif. Kombinasi karakter tegas dan asertif dapat membantu sobat agar tetap berpegang pada nilai-nilai yang sobat pegang sambil tetap menghormati orang lain. Ya butuh latihan dan pembiasaan sih, but kami percaya sobat bisa.

Bersikap Tegas dan Asertif dengan Mengenali Nilai Diri Sendiri Dulu dan Berpegang Teguh Pada Prinsip

Pertama-tama, tentukan nilai-nilai sobat sendiri. Apa yang kamu yakini dan anggap penting dalam hidup ini? Ini akan membantu agar tetap konsisten dalam tindakan dan keputusan sobat. Setelah nilai, ada yang nggak kalah penting yaitu sikap konsisten sobat pada nilai itu. Jangan kompromi pada nilai-nilai sobat hanya untuk menyenangkan orang lain. Terkadang, kita harus bertahan pada prinsip kita, bahkan jika itu tidak banyak orang sukai.

Tentu prinsip dan nilai kita ini haruslah sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Allah dan Rasul ya. Dan dalam praktiknya kita harus sampai membuat batas batas tertentu untuk menjaga prinsip dan nilai kita itu. Saat sobat bersikap tegas dan asertif, jangan ragu untuk menetapkan batasan yang jelas. Ini akan membantu menjaga keseimbangan antara membantu orang lain dan menjaga kesejahteraan Anda sendiri.

Contoh Kasus: Misal ada teman sobat mengajak untuk nongkrong di tempat yang kurang pas dengan prinsip islami anda (Misal tempat yang membuka kesempatan untuk Maksiyat), sobat harus memberikan batas dan katakan TIDAK, karena itu melewati batas prinsip sobat.

Menjadi Komunikator & Pendengar yang Baik dengan Menjaga Ketenangan dan Sikap Empati

Dalam hal ini, menjadi tegas dan asertif bukan berarti sobat harus galak dan berdarah dingin ya. Kan emang tujuan kita adalah berkarakter firm atau tegas, dengan tetap berbuat baik. Kuncinya adalah dalam cara kita berkomunikasi. Berbicaralah dengan jujur dan terbuka kepada orang lain. Jika Anda memiliki pendapat atau perasaan yang perlu disampaikan, lakukan dengan cara yang sopan dan menghormati. Di sisi lain, tidak hanya baik dalam berkomunikasi. Sobat juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Selalu dengarkan pandangan dan perasaan orang lain dengan empati. Cobalah memahami perspektif mereka sebelum memberikan tanggapan atau membuat keputusan.

Meskipun sobat memiliki karakter tegas, cobalah untuk tetap tenang dalam situasi yang sulit. Kontrol diri sobat. Karena Kehilangan kendali atas emosi dapat menghambat komunikasi yang efektif. Jika Anda perlu memberi umpan balik kepada orang lain, lakukan dengan bijak dan konstruktif. Berikan saran yang membantu mereka tumbuh dan berkembang.

***

Sebenernya masih ada beberapa hal yang bisa kita lakukan lagi untuk lebih memaksimalkan pembangunan karakter Tegas itu di diri kita. Namun anggap saja 2 Trik yang udah kami ulas disini sebagai step awal yang harus sobat coba ya. Kalo rame ntar lanjut part 2 deh, hehe

Last but Not Least, sobat cahaya islam perlu ingat bahwa menjadi orang yang baik adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah belajar dan berkembang dalam cara sobat berinteraksi dengan orang lain. Dengan menjalankan prinsip-prinsip ini, sobat dapat menjadi orang yang baik sambil tetap memiliki karakter tegas dan asertif. Ini akan membantu sobat menciptakan hubungan yang sehat dengan orang lain dan menjalani kehidupan yang memenuhi nilai-nilai Anda. Semoga Bermanfaat Ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY