Mudik Lebaran 2021 Tak Dilarang? Simak Doa dan Tips Ini Agar Terhindar dari Virus

0
140
Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran 2021 – Mudik Lebaran 2021 diprediksi akan mengakibatkan lonjakan kasus Covid-19. Demikian disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Budi mengatakan hal itu terjadi akibat program vaksinasi. Sehingga masyarakat merasa aman dan ingin berpergian.

Untuk itu Budi mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dari tempat keberangkatan hingga tujuan. Pemerintah juga akan melakukan tracing untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Selain itu pihaknya juga tengah berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempersingkat pemberlakuakn alat screening Covid-19. Rapat koordinasi dilakukan bersama dengan Gugus Tugas Covid-19.

Sobat Cahaya Islam, kegiatan mudik sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah. Namun untuk terhindar dari virus Covid-19 masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah diberlakukan serta menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat.

Baca Doa Ini Agar Mudik Lebaran 2021 Terhindari dari Covid-19

“Allaahummahdii fiiman hadaiyt. Wa ‘aafinaa fiiman ‘aafaiyt. Wa tawallani fiiman tawallaiyt. Wa baarikli fiimaa a’thoiyt. Wa qini syarro maa qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo ‘alaiyk. Wa innahu laa yadzillu man waalayt. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta’aalaiyt. Fa lakal hamdu ‘alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka allahumma wa atuubu ilaiyk.”

“Allaahummadfa’ ‘annal gholaa’a wal balaa’a wal wabaa’ wal Fahsyaa’a wal munkar was suyuufal mukhtalifata wasy ssyadaaida wal mihan maa zhoharo minhaa wa maa bathona mim balainaa hadzaa khoosshoh, wa min buldaanil muslimiina ‘aammatan innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir. Wa shallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin walkhamdulillahirabbil ‘alamiin.”

Yang artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.”

“Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.”

“Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Wa shallaahu ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa’alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam

Ibnu Nujaim rahimahullah mengatakan,

القنوت عندنا في النازلة ثابت وهو الدعاء برفعها ولا شك أنَّ الطاعون من أشد النوازل

“Dalam pandangan kami, disyari’atkan melakukan qunut ketika terjadi musibah, yaitu dengan memanjatkan do’a agar penyakit itu dimusnahkan dan tidak ragu lagi bahwa tha’un termasuk di antara musibah yang dahsyat.” [al-Asybaah wa an-Nazhaa-ir hlm. 382].

Tips Terhindar dari Virus Saat Mudik

Menjaga kesehatan di masa pandemic ini adalah sebuah kewajiban bagi masyarakat. Sebab

1. Menggunakan Masker

Virus yang bertahan di udara membuat para pemudik rawan tertular virus corona. Untuk itu

Menggunakan masker adalah hal yang paling penting saat ini.

2. Mencuci Tangan dengan Sabun

Tidak hanya menggunakan masker, mencuci tangan saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan. Mencuci tangan dipercaya dapat menanggalkan berbagai virus yang menempel.h

3. Menggunakan Handzanitizer

Menyiapkan handsanitizer sebagai pembersih tangan praktis. Sebelum makan atau minum biasakan menggunakan handsanitizer.

Mudik Lebaran 2021

Demikianlah tips menjaga kesehatan saat mudik di masa pandemi ini. Mudah-mudahan kita semua selalu dilindungi kesehatannya oleh Allah SWT, terutama menjelang mudik Lebaran 2021 ini, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY