Hari Guru Sedunia Mengingatkan Kita Pentingnya Profesi Guru dalam Kehidupan, Seperti Tercantum dalam Ayat-Ayat Al Quran

0
23

Hari Guru Sedunia – Tepat hari ini, 5 Oktober 2020 diperingati dengan Hari Guru Sedunia. Hari Guru Sedunia ini dimaksudkan untuk memberi dukungan kepada guru-guru yang ada di seluruh dunia sekaligus memberitahukan bahwa profesi guru sangat penting untuk kehidupan.

Peringatan tersebut berbeda dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November saat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan. Hari Guru Sedunia ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) khusus pendidikan yaitu UNESCO dan Education Internasional (IE) pada tahun 1994.

UNESCO menyebut Hari Guru Sedunia ialah tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab kontribusi profesi seorang pengajar. Isi dokumen penetapan Hari Guru Sedunia yang dilakukan UNESCO ini mengenai standar perekrutan, pelatihan, pekerjaan dan kondisi kerja guru yang dapat diadvokasi.

Hingga saat ini ada seratus lebih negara ikut dalam peringatan tersebut. Setiap negara menyuarakan kepedulian dan apresiasinya pada profesi pengajar.

Sobat Cahaya Islam, sudah sepatutnya kita mengapresiasi Hari Guru Sedunia. Guru adalah tugas yang mulia, mereka memberikan kontribusi penting bagi masa depan kita.

Hari Guru Sedunia dan Peran Guru di Dalam Al Quran

Guru tak hanya memberikan banyak ilmu, guru juga melewati kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Seperti menengahi jika ada keributan di kelas, atau pun kekurangan sumber daya.

Bahkan di kondisi pandemi Covid-19 ini, guru dihadapkan dengan tantangan baru dengan cara pengajaran yang sangat berbeda dari biasanya. Dalam Islam sendiri, profesi guru digolongkan sebagai orang-orang yang beruntung, baik di dunia maupun di akhirat.

Kemuliaan guru ini bahkan tercantum dalam ayat-ayat Al Quran :

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung” (QS Ali’Imran:104)

Dalam surat Ali’Imran Allah mengatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia yang berhak disembah dan menegakan keadilan. Surat itu berbunyi:

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” (QS Ali’Imran:18)

Dalam ayat tersebut Allah menyandarkan kemuliaan pada para malaikat dan kepada orang-orang berilmu. Maka cukup mulialah mereka yang disandingkan dengan yang maha mulia.

Kemudian Allah juga meninggikan orang-orang berilmu beberapa derajat sebagaimana yang tercantum dalam Surat Al-Muhajidilah ayat 11:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Muhajadilah:11)

Kedudukan dan Keutamaan Orang yang Berilmu

Keutamaan orang yang berilmu bisa kita jumpai dalam jumlah puluhan bahkan ratusan sabda Rasulullah SAW yang membahasnya. Berikut ini beberapa keutamaannya:

  1. Pewaris Nabi

Bayangkan betapa mulianya seorang guru, merekalah yang memberikan banyak ilmu. Bahkan disandang sebagai pewaris para nabi.

  1. Diampuni oleh langit dan bumi

Selain itu mereka yang berilmu juga akan dimintakan ampunan oleh semua yang ada di langit maupun di bumi.

  1. Kematiannya menjadi duka yang mendalam

Kematiannya pun dianggap sebagai duka yang mendalam bahkan dianggap sebagai pertanda dekatnya hari kiamat.

  1. Pahala yang mengalir

Orang yang berilmu dalam kuburnya mendapat pahala yang terus mengalir.

  1. Pahala yang tidak terputus

Orang berilmu yang mengajak kebaikan, maka berhak mendapat pahala sekaligus orang yang mengikutinya.

  1. Masuk surga tanpa hisab

Orang yang berilmu dan mengajarkan ilmunya kepada orang lain maka akan mendapat perlakuan istimewa di akhirat, yaitu masuk surga tanpa hisab.

Demikianlah kemuliaan seorang guru dan orang-orang yang berilmu di mata Allah dan RasullNya. Selamat Hari Guru Sedunia, semoga lelahnya digantikan Allah SWT dengan kebaikanNya yang berlipat-lipat. Semoga Hari Guru Sedunia ini menjadikan kita selalu mengingat kebaikan serta mendo’akan guru di seluruh dunia, Aamiin.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!