Tanamkan Agama Sejak Kecil Kepada Anak dan Hindarkan Kegiatan yang Tidak Berguna

0
68
Tanamkan Agama Sejak Kecil

Tips Islami – Orang tua tentu ingin memiliki anak yang sholih atau sholihah. Pendidikan pertama anak berasal dari orang tua sehingga orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan dan kecerdasan anak. Jika anak di didik dengan baik oleh orang tua maka anak akan memiliki pendidikan yang baik. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus bisa Tanamkan Agama Sejak Kecil Kepada Anak dan Hindarkan Kegiatan yang Tidak Berguna.

Tanamkan Agama Sejak Kecil Kepada Anak dan Hindarkan Kegiatan yang Tidak Berguna

Penting sekali bagi orang tua untuk menanamkan nilai moral sejak kecil agar disaat anak sudah dewasa akan menjadi anak yang baik dan berguna. Anak yang cerdas dalam bidang pendidikan saja tentu tidak akan cukup namun jika anak baik dalam pendidikan sekolah, agama dan moral maka akan menjadi anak yang berbakti dan membanggakan orang tua. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua agar memiliki anak yang sholeh atau sholehah dan cerdas:

Sering membacakan sholawat

Anak yang sering dinyanyikan sholawat insyaallah akan menjadi anak yang soleh dan cerdas. Anak yang baru lahir senang untuk mendengar suara yang indah dan merdu. Selain bacaan sholawat anak kecil juga sebaiknya sering diperdengarkan lantunan ayat suci Al Qur’an. Dengan sering mendengarkan sholawat maka anak nantinya akan lebih mudah untuk mengenali agamanya, nabinya dan bahkan tuhannya.

Jika orang tua sering membaca Al Qur’an, ajak anak untuk mendengarkan bacaan orang tua agar memiliki anak yang sholeh dan cerdas. Dengan membiasakan anak mendengarkan hal-hal yang baik maka anak akan terhindar dari gangguan setan dan insyaallah terlindungi.

diriwayatkan oleh At-Tabrani dari Ali bin Abi Thalib RA bahwa nabi bersabda:

اادبوا اولادكم على ثلاث حصال: حب نبيكم وحب ال بيته وتلاوة القراًن فان حملة القران فى ظل الله يوم لاظل الا ظله مع انبياءه واصفيائه

“Didiklah anak-anakmu atas tiga hal; mencintai nabimu, mencintai ahli baitnya dan membaca al-Qur’an, karena orang mengamalkan al-Qur’an nanti akan mendapatkan naungan Allah pada hari ketika tiada naungan kecuali dari-Nya bersama para nabi dan orang-orang yang suci”

Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-Dailami (1/1/24) dari Ja’far bin Muhammad Al-Husain, mengatakan kepada kami Al-Hasan bin Al-Husain, mengatakan kepada kami Shalih bin Abil Aswad, dari Makhariq bin Abdurrahman, dari  Ja’far bin Muhammad dari ayahnya dari Ali secara marfu’.

Referensi: https://bimbinganislam.com/status-hadits-cinta-nabi-ahlul-bait-membaca-al-qur-an/

Mengajari anak berbicara dengan sopan santun

Kebiasaan orang tua berbicara akan dicontoh oleh sang buah hati. Penting sekali bagi orang tua untuk membiasakan diri berkata yang baik sopan dan lemah lembut kepada siapa saja karena anak akan meniru bahasa atau gaya berbicara orang tuanya. Anda tentu pernah melihat atau menjumpai anak yang sering berkata kasar, biasanya ketika seorang anak sering berkata kasar, mereka memiliki lingkungan yang sangat buruk dari keluarganya. Agar memiliki anak yang sHoleh dan cerdas orang tua perlu menekan diri dan berusaha sekeras mungkin untuk menghindari mengeluarkan kata-kata yang tidak baik didengar oleh buah hati.

Ayat tentang mendidik anak:

Dalam al-qur’an surat Al-Ahzab ayat 21:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. [1]

Biasakan orang tua memberi contoh perilaku yang baik

Selain gaya berbicara, segala perilaku orang tua juga akan menjadi contoh anak. Salah satu hal yang akan sangat dicontoh anak akan apa yang dilakukan oerang tua mereka. Sobat cahaya islam jika memiliki anak atau adik maka contohkan hal-hal yang baik. Jangan sampai anak melakukan hal buruk karena meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Misalnya saja ibu terbiasa memberikan barang kepada suami dengan melempar maka nantinya anak juga akan menirunya. Jadi, orang tua adalah guru yang akan sangat menentukan perilaku anak. agar memiliki anak yang soleh dan cerdas orang tua perlu untuk menyadari hal satu ini.

  • Hindarkan dari gadget, TV dan peralatan yang dapat merusak imaginasi anak

agar memiliki anak yang soleh dan cerdas orang tua harus sadar akan bahaya hp dan TV. Kebiasaan orang tua bermain hp atau menonton tv yang terlalu sering juga akan menjadikan anak kecanduan gadget. Ketika melihat orang tuanya bermain hp maka buah hati akan berusaha untuk meminta karena merasa penasaran. Orang tua yang membiarkan anak terus-terusan bermain hp akan menybabkan anak kecanduan bahkan daya imaginasinya rendah. Dunia anak adalah dunia imaginasi jadi jangan sampai anak terhambat perkembangan otaknya hanya karena kegiatan yang tidak bermanfaat seperti bermain hp dan menonton tv.

Cara agar memiliki anak yang soleh dan cerdas memang sebenarnya dimulai dari orang tua. Jika orang tua mampu membimbing dan memberikan contoh yang baik maka akan sangat besar kemungkinan anak menjadi orang yang sukses dunia akhirat. Anak adalah aset atau investasi berharga untuk akhirat maka jangan sampai salah mengasuh atau mendidik mereka.


Catatan Kaki :

[1] Q.S. Al-Ahzab (33) ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!