Mengenal Hukum Qishash, Hukum yang Dianggap ‘Angker’

0
103
Hukum Qishash

Hukum Qishash – Indonesia merupakan negara hukum dan memiliki dasar hukumnya sendiri. Umat muslim juga memilliki hukum, yakni berdasar pada Al-Qur’an dan Hadits. Salah satu hukum yang berlaku dalam islam, yakni hukum Qishash.

Sebagaian dari Sobat, pasti belum mengetahui apa yang dimaksud dengan hukum Qishasah. Karena memang hukum ini hanya berlaku pada pemerintahan yang menjadikan Al-Qur’an sebagai dasar hukum yang berlaku pada suatu negara atau wilayah.

Untuk itu, kami akan membahasa mengenai hukum ini secara jelas. Simak penjelas lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Hukum Qishash

Dengan mengetahui hukum Qishash ini, akan menambah pengetahuan bagi Sobat Cahaya Islam mengenai pengetahuan islam. Serta menghilangkan ‘Islamphobia’ karena menggap hukum ini, sebagai hukaman yang tidak manusiawi.

1.       Pengertian Qishash

Qishash sendiri berasal dari bahasa Arab, memilki arti mencari jejak. Sedangkan menurut istilah, memiliki arti balasan bagi pelaku kejahatan dibalas sesuai dengan perbuatannya. Apabila membunuh, maka harus dibunuh juga.

Apabila memotong anggota tubuh, maka harus dipotong juga anggota tubuhnya. Dengan begitu dapat disimpulkan, Qishash berarti, melakukan pembalasan dengan cara yang sama. Allah mensyariatkan hukuman ini, melalui surah Al-Baqrah ayat 178-179.

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu (melaksanakan) qisas berkenaan dengan orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba sahaya dengan hamba sahaya, perempuan dengan perempuan.

Tetapi barangsiapa memperoleh maaf dari saudaranya, hendaklah dia mengikutinya dengan baik, dan membayar diat (tebusan) kepadanya dengan baik (pula). Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhanmu. Barangsiapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih. dalam qisas itu ada (jaminan) kehidupan bagimu, wahai orang-orang yang berakal, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 178-179)

”Dan barangsiapa dibunuh secara zhalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan. [al-Isrâ‘/17:33]

Hukum Qishash

Ada beberapa ayat dan hadits lainnya, yang menjelaskan dan mengharuskan Qishash. Atas dasar itulah mengapa hukum Qishash perlu ditegakkan.

Sebenarnya apa alasan dan hikmah Qishash diberlakukan? karena islam agama yang damai dan selalu memiliki jawaban, maka berikut ini alasan Qishash menjadi hukum islam.

2.       Hikmah hukum Qishash

Bukan tanpa alasan hukum ini perlu umat muslim terapkan.

  • Menjaga dan menghadirkan kedamaian, sesuai dengan Islam yang terkenal sebagai agama damai. Hukuman ini ada untuk memberikan perlindungan dan menghadirkan kedamaian dalam kehidupan. Dengan adanya hukuman ini, maka tidak ada yang berani berbuat jahat atau membunuh seseorang.
  • Mewujudkan keadilan, dengan hadirnya hukum ini maka keadilaan akan tegak. Karena keluarga korban yang dibunuh atau dirugikan, bisa mendapatkan balasan yang sepadan untuk pelakunya.
  • Menimbulkan efek jera, yang paling penting dari hukum ini mampu menimbulkan efek jera. Seperti kita tahu, hukum di Indonesia sangat buruk bahkan bisa kita beli dengan uang dan tidak menimbulkan efek jera.

Dengan hukum Qishash sudah terjamin pasti akan menimbulkan efek jera. Karena yang membunuh akan dibunuh, dan yang mencuri akan dipotong anggota tubuhnya.

Hukum Qishash
  • Menjadi sarana taubat, dengan begitu banyak orang yang sadar perbuatannya yang dlakukan merupakan perbuatan salah. Qishash sendiri, menjadi penghapus (kaffarah) dosa bagi pelakunya.

Menerapkan hukum Qishash akan menciptakan kedamaian pada muka bumi ini. Tapi hukum Indonesia, memiliki dasarnya sendiri. Sama sekali tidak bisa memberikan efek jera, terutama pada mereka yang berkuasa.

Untuk pelaksana hukum Qishash, haruslah pemerintah yang memimpin. Sebenarnya keluarga bisa memilih antara melakukan hukum Qishash atau meminta denda kepada pelaku. Hal ini, sebagai penyeimbang dan memberikan pilihan lain bagi keluarga korban.

Sangat disayangkan saat ini, jarang yang menerapkan hukum ini karena dianggap sebagai hukum yang tidak manusiawi. Padahal Allah menganugerahkan sesuatu pasti karena memiliki banyak kebaikan.

Sekian artikel mengenai hukum Qishash ini dibuat, semoga bermanfaat. Wallahu’alam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY