Niat Puasa Senin Kamis, Apa Saja Manfaat Puasa Sunnah Ini?

0
48

Niat puasa senin kamis – Sebagian sobat cahaya islam, pasti tahu niat puasa senin kamis menjadi salah satu syarat diterimanya puasa sunnah ini. Tidak banyak yang mengetahui manfaat dari puasa senin kamis, padahal manfaat bagi tubuh pun sangat banyak.

Puasa senin kamis, telah dicontohkan oleh Rasulullah sehingga apabila puasa ini dikerjakan akan mendapat pahala, namun apabila tidak dilaksanakan pun tidak berdosa. Meski begitu, masih ada beberapa orang yang melaksanakan puasa ini sebagai bukti kecintaannya kepada Rasulullah sekaligus mendapatkan khasiat lainnya.

Niat Puasa Senin Kamis

Sebelum melaksanakan puasa ini, lakukan pengucapan niat baik melalui lisan atau hati niat puasa senin kamis.

  1. Niat puasa pada hari senin;

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Memiliki arti, “Aku berniat puasa pada hari senin, sunnah. Karena Allah Ta’ala.”

  1. Niat puasa pada hari kamis;

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Ucapakan pula artinya, “Aku berniat puasa pada hari kamis, sunnah. Karena Allah Ta’ala.”

Puasa senin kamis telah disepakati para ulama sebagai puasa dengan hukum sunnah yang dapat dilaksanakan oleh umat muslim. Hal ini berdasarkan hadits;

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Pada hadits ini dijelaskan bahwa Rasullah Salallahu’alaihi wassalam, sering mengerjakan puasa pada hari senin dan kamis. Inilah yang menjadi landasan puasa senin kamis dijadikan sebagai puasa sunnah.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat dari puasa sunnah senin kamis, terbilang banyak dan menyehatkan tubuh. Bahkan, sangat cocok untuk orang yang mau melakukan diet. Beberapa manfaatnya dapat sobat cahaya islam simak.

1. Menurunkan berat badan secara alami

Puasa dapat dijadikan sebagai salah satu cara berdiet yang sehat serta alami. Puasa yang berselang beberapa hari ini, mampu mengurangi berat badan tubuh.  Selain itu, puasa tidak berkepanjangan ini akan membantu sobat cahaya islami untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

2. Menghindarkan diri dari penyakit diabetes

Puasa senin kamis dapat mengurangi kadar gula pada tubuh. Sudah terbukti untuk khasiat yang satu ini. Selain mampu menurunkan kadar gula, puasa ini pun dapat melindungi ginjal dari berbagai penyakit yang membahayakan.

3. Meningkatkan nafsu makan

Selain mampu menurunkan badan, ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Perut yang kosong selama 12 jam membutuhkan asupan makan, hal ini yang membuat nafsu makan menjadi lebih meningkat. Selain dari meningkatkan nafsu makan, juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Seperti mengistirahatkan pencernaan dari konsumsi makanan yang berlebihan.

Manfaat puasa senin kamis perlu sahabat cahaya islami pertimbangkan. Pasalnya, ada banyak khasiat yang akan meningkatkan kesehatan tubuh serta meningkatkan daya pikir. Sehingga mampu memberikan kebugaran baik jasmani maupun rohani. Kebahagiaan yang sebenarnya dapat manusia rasakan ketika kesehatan fisik dan mental seimbang.

Untuk melaksanakan puasa sunnah ini, sobat cahaya islam harus mengucapkan niat puasa senin kamis serta syarat-syarat sah puasa lainnya, supaya puasanya diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala yang penuh. Jadikan puasa ini sebagai bukti kecintaan terhadap Allah serta Nabi Muhammad, dan sebagai bukti orang-orang yang bersyukur diberi kehidupan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!