Pahlawan Indonesia Ini Selalu Menjaga Wudhunya, Siapa Dia?

0
43

Pahlawan Indonesia – Jumlahnya banyak, dengan memiliki kelebihan masing-masing, seperti penulis lagu Hari Merdeka Husein Mutahar ternyata habib (keturunan Nabi Muhammad SAW). Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia yang sebutannya “Ki” berarti kyai.

Ada lagi yang lebih top, pahlawan Indonesia satu ini merupakan pahlawan yang selalu melanggengkan (menjaga) wudhu  dari hal yang membatalkan. Bahkan ketika tidak masuk waktu sholat, beliau sempatkan berwudhu ketika batal. Siapa beliau? Beliau adalah Panglima Besar Djendral Soedirman.

Selain menjaga wudhu Djendral Soedirman juga menjaga sholat dengan melakukan tepat waktu tidak menunda-nunda nanti dulu, beliau juga berbakti kepada kedua orang tuanya. Perjuangan beliau di kancah nasional begitu besar, meski dalam keadaan sakit parah dengan paru-paru yang hanya satu berfungsi tetap memimpin Perang Gerilya.

Sobat Cahaya Islam, pahlawan yang menjaga wudhu bisa kita teladani konsistensinya dalam berwudhu, mari kita kaji ada apa saja keutamaan berwudhu sehingga Djendral Soedirman melakukan hal ini. Sebab, melakukan hal ini sangat mungkin bisa kita tiru di zaman kemerdekaan yang tidak lagi mengangkat senjata.

Panglima Besar Djendral Soedirman Pahlawan Indonesia yang Menjaga Wudhu, Ini Keutamaan yang Diperoleh dari Menjaga Wudhu

Wudhu memang tidak wajib seperti halnya sholat. Namun wudhu dapat dihukumi wajib manakala menjadi wasilah (perantara) syarat sholat yaitu suci dari hadas dan najis. Berikut hadis yang menjelaskan pentingnya wudhu.

لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لاَ وُضُوءَ لَهُ وَلاَ وُضُوءَ لِمَنْ لَمْ يَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى عَلَيْهِ

“Tidak ada sholat bagi orang yang tidak berwudhu. Dan tidak ada wudhu bagi orang yang tidak menyebut nama Allah ta’ala atasnya.” (HR. Abu Dawud, disahihkan al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud [1/179] as-Syamilah)

Berdasarkan hadis di atas jelas pentingnya wudhu bagi orang yang akan menjalankan sholat. Bagaimana sholat diterima bila bersuci dengan wudhu tidak dilakukan?

Keutamaan Orang yang Menjaga Wudhu

Orang yang menjaga wudhu walaupun tidak sholat akan memperoleh banyak keutamaan di dunia dan akhirat kelak.

  1. Raga dan Jiwa Menjadi Bersih

Wudhu adalah upaya membersihkan diri baik secara lahiriah maupun batiniahnya. Orang yang sering wudhu wajahnya bersih terjaga dan terlihat lebih awet muda. Wudhu juga bisa menjadi obat penenang jiwa yang gundah gulana. Bila kalian ingin marah dengan keadaan wudhu dapat menepisnya.

  1. Peluruh Dosa

Diriwayatkan dari sebuah hadis bilamana orang yang berwudhu maka bagian anggota tubuh yang dibasuh air wudhu dosa-dosanya dapat meluruh. Ingat setiap anggota badan akan dimintai pertanggungjawaban besok di akhirat.

  1. Diangkat Derajatnya

Salah satu cara agar diangkat derajatnya oleh Allah SWT yakni dengan berwudhu secara sempurna, sesuai rukun dan syarat-syarat wudhu yang telah diajarkan rasulullah.

  1. Dibukakan Pintu di Surga

Akan dibukakan delapan pintu surga dan terserah mau masuk lewat pintu mana saja bagi orang yang memperbagus wudhunya, serta tidak lupa berdoa setelah wudhu yang mempunyai arti sebagai berikut.

“Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci”

  1. Wajahnya Bercahaya di Akhirat

Wajah orang yang menjaga wudhu kelak di akhirat bercahaya, cerah. Cahayanya disediakan dengan warna putih pada kuda di bagian kening, tangan, dan kaki yang biasa dibasuh air wudhu.

Raga dan hati bersih, banyak ya keutamaan menjaga wudhu. Yuk kita tiru Pahlawan Indonesia  Panglima Besar Djendral Soedirman yang menjaga wudhu. Kuatkan niat, tekad, lakukan!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!