Kajian Islam Tentang Pentingnya Mengucap Basmallah Sebelum Beraktifitas

0
173
KAJIAN ISLAM TENTANG PENTINGNYA MENGUCAP BASMALAH SEBELUM BERAKTIFITAS

Kajian islam – Aktifitas menjadi suatu kegiatan yang sering dilakukan umat manusia. Tindakan ini dilakukan oleh penduduk bumi untuk mencapai suatu tujuan. Tercapainya tujuan atau harapan tentu saja dipengaruhi oleh berbagai macam faktor penentu. Salah satu penentu yang berperan sangat penting adalah adanya campur tangan allah swt.

Agar tindakan yang dilakukan mendapatkan ridho atau izin dari allah swt, maka sebelum melakukan aktifitas perlu mencontoh tindakan nabi muhammad saw. Salah satu tindakan yang di lakukan rasulullah sebelum beraktifitas yakni mengucap basmallah. Pada kesempatan kali ini, kajian islam akan membahas pentingnya mengucapkan basmallah sebelum memulai aktifitas.

Kajian islam: Anjuran Mengucap basmallah dalam ajaran islam

Islam merupakan agama yang sempurna. Dikatakan sebagai agama yang sempurna lantaran syariat yang di bawa oleh nabi muhammad saw ini mengatur berbagai macam aspek dalam kehidupan umat manusia. Berbagai macam aspek tindakan dalam kehidupan manusia telah diatur secara terperinci dan jelas dalam syariat ajaran agama islam. Dengan alasan inilah, maka sebagai umat islam yang taat kita tinggal melaksanakan aturan yang telah dibuat oleh agama tersebut.

Sunnah Rasulullah tentang Basmallah

Menjalankan aturan islam memang menjadi kewajiban bagi umat Nabi Muhammad SAW. Dikatakan sebagai kewajiban karena menurut kajian islam, aturan yang ada dalam agama mulia ini jika diterapkan dalam kehidupan umat manusia akan memberikan dampak yang baik. Seorang muslim yang menjalankan aturan agama secara baik akan memperoleh berbagai keberkahan dalam kehidupannya. Oleh sebab itulah, maka sebisa mungkin setiap orang islam wajib menjalankan aturan sesuai petunjuk Rasulullah SAW.

kajian islam soal membaca bismillah yang adalah sunnah dari RasulullahSalah satu aturan yang ada dalam ajaran agama islam adalah mengucapkan kalimat basmallah sebelum memulai aktifitas. Mengucapkan basmallah ini menjadi bagian yang cukup penting dalam kajian islam. Dikatakan demikian lantaran ucapan yang pendek ini menjadi tindakan yang harus dilakukan oleh seorang muslimin sebelum beraktifitas. Hal ini berdasarkan pada Al Qur’an surat An – Naml ayat 30.

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

“Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Pada ayat di atas dijelaskan bahwa Nabi Sulaiman As menulis surat dengan kepada Ratu Saba’ dengan awalan kalimat Bismillah. dengan adanya dalil ini, maka tidak ada keraguan lagi bagi kaum muslimin untuk mengucapkan kalimat basmallah sebelum memulai pekerjaan tertentu.

Manfaat Mengucap Basmallah Sebelum Melakukan Aktifitas

Sobat cahaya islam, melakukan aktifitas memang mejadi kebiasaan yang pasti dilakukan oleh umat manusia dimuka. menurut kajian islam sebagai seorang muslim, sebelum melakukan suatu aktifitas kita dianjurkan untuk mengucap kalimat basmalah. Pengucapan kalimat basmalah menjadi bagian yang sangat penting dan perlu dilakukan oleh setiap manusia yang mengaku beragama islam.

Menurut kajian islam, membaca mengucapkan kalimat basmallah akan memberikan berbagai manfaat bagi para pelakunya. Berikut ini berbagai macam manfaat yang akan diperoleh saat mengucapkan kalimat basmallah.

Melindungi manusia dari gangguan setan

Manfaat membaca basmallah yang pertama adalah akan terlindung dari gangguan setan. Sobat cahaya islam, setan merupakan makhluk ciptaan allah yang menjadi musuh bagi manusia. Makhluk ghaib yang satu ini akan selalu berusaha untuk mengajak manusia masuk kedalam neraka. Oleh karena itulah, maka sebagai seorang muslimin kita bisa melawannya dengan mengucapkan kalimat basmallah. Dengan mengucapkan kalimat yang mulia tersebut, maka aktiftas yang dilakukan akan terhindar dari gangguan setan.

Segala yang dikerjakan menjadi lebih barakah

Keberkahan memang menjadi suatu hal yang diimpikan oleh setiap muslimin. Semua itu bisa terjadi lantaran segala sesuatu yang berkah akan terasa menentramkan hati. Untuk itulah, maka poin yang satu ini harus ada dalam setiap aktifitas yang dikerjakan. Dalam kajian islam, keberkahan akan suatu aktifitas akan diperoleh apabila sebelum memulainya mengucapkan basmalah. Dengan mengucapkan kalimat yang baik tersebut, maka kegiatan yang dilakukan akan mendapatkan ridho dari allah swt.


Catatan Kaki:

  • Al Quran, Surat An-Naml – Ayat 30
  • H.R Bukhari (Kitab A) – Nomor 1081

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!