Mengetahui Niat Mandi Idul Fitri untuk Sucikan Diri di Hari Kemenangan

0
320
niat mandi Idul Fitri

Niat Mandi Idul Fitri – Hari raya Idul Fitri yang menjadi kemenangan bagi umat islam sudah di depan mata. Sebagai hari kemenangan, umat islam juga perlu mensucikan diri dengan membaca niat mandi Idul Fitri dan mandi wajib setelahnya.

Dengan membaca niat lalu mandi Idul Fitri, badan dan hati akan kembali terasa suci serta bersih. Hal ini sesuai dengan arti dari hari raya Idul Fitri tersebut.

Pentingnya Membaca Niat Mandi Idul Fitri

Tahukah Anda bahwa ada mandi yang hukumnya sunnah dalam islam? Sebelum mendirikan salat Idul Fitri, sunnah hukumnya bagi umat islam untuk mandi terlebih dahulu.

niat mandi Idul Fitri

Bahkan ada bacaan niat mandi Idul Fitri yang perlu umat islam ketahui. Memang ada sejumlah hal yang nabi Muhammad SAW anjurkan untuk melaksanakan salat Hari Raya Idul Fitri, salah satunya yaitu mandi Idul Fitri.

Sebagai informasi, mandi Idul Fitri merupakan salah satu mandi sunah. Bagi orang yang menjalankan mandi tersebut, maka akan mendapatkan pahala.

Sedangkan orang yang tidak mandi Idul Fitri tidak akan dikenakan hukuman ataupun dosa. Oleh sebab itu, umat islam bisa menjalankannya agar mendapat tambahan pahala dan merasa dekat kepada Allah SWT.

Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

Sobat Cahaya Islam, bacaan niat mandi lebaran mudah dihafalkan oleh siapa saja. Anda bisa membaca niat tersebut sebelum mandi lebaran.

Berikut ini bacaan niat mandi Hari Raya lebaran yang bisa Anda baca sebelum mandi:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِعِيْدِ اْلفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى (Nawaitul ghusla li ‘îdil fithri sunnatan lillâhi ta’âlâ)

 Artinya: “Aku niat mandi untuk merayakan Idul Adha/Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah taála.”

Tak hanya membaca niat, berikut ini tata cara mandi Hari Raya lebaran yang perlu Anda ketahui selengkapnya:

·         Pertama membaca  niat mandi salat Hari Raya Idul Fitri

·         Sebaiknya mendahulukan mengguyur dari bagian tubuh kanan lalu yang kiri

·         Mengguyur air ke seluruh tubuh mulai dari atas kepala hingga bawah menggunakan air yang mengalir

·         Bersihkan bagian-bagian lipatan tubuh hingga benar-benar terguyur air

·         Lanjutkan seperti Anda mandi biasanya hingga benar-benar bersih

Hal Penting Tentang Mandi Idul Fitri

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang mandi Idul Fitri, antara lain:

1.       Merupakan Amalan Sunnah dan Dianjurkan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mandi salat Idul Fitri merupakan sunnah. Ini tertuang dalam:

سُنَّةُ الْفِطْرِ ثَلاَثٌ : اَلْمَشْيُ اِلَى الْمُصَلَّى وَاْلاَكْلُ قَبْلَ الْخُرُوْجِ وَاْلاِغْتِسَالُ

“Sunnah Idul Fithri itu ada tiga : berjalan kaki menuju ke mushalla, makan sebelum keluar ke mushalla dan mandi.” (Diriwayatkan Al-Firyabi 127/1 dan 2)

Karena itulah, Sobat Cahaya Islam bisa mandi terlebih dahulu sebelum pergi ke masjid untuk mendirikan salat Idul Fitri. Dengan begitu, Anda akan merasakan kenyamanan serta ketentraman saat melaksanakan ibadah salat.

2.       Waktu Melaksanakan Mandi Idul Fitri

Adapun waktu pelaksanaan mandi Idul Fitri bisa saja sebelum ataupun sesudah salat subuh di pagi hari Idul Fitri. Ini tertuang dalam:

 ويدخل وقت هذا الغسل بنصف الليل 

Artinya, “Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) adalah pada tengah malam.” (al-Kitab al-Ilmiyyah, 1999) Cetakan 2, Juz I, hal. 153.

Oleh sebab itu, Anda bisa melaksanakan mandi Idul Fitri di pagi hari setelah salat subuh sebelum pergi ke masjid untuk salat Idul Fitri.

3.       Wudhu Sesudah Mandi Idul Fitri

Usai melaksanakan mandi Idul Fitri, Anda jangan lupa untuk berwudhu sebagai langkah bersuci sebelum mendirikan salat. Allah SWT berfirman dalam QS Al Maidah ayat 6:

 “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Itulah informasi tentang bacaan niat mandi Idul Fitri  dan semua hal tentangnya. Anda bisa mengamalkan bacaan tersebut dan melaksanakan mandi Idul Fitri agar beribadah semakin khusyu.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY