THR 2021, Cair? Inilah Makna Rezeki dalam Islam

0
42
thr 2021

THR 2021 – Menjelang Ramadhan, tampaknya umat disibukkan oleh banyak hal baik persiapan memaksimalkan 10 hari Ramadhan maupun menunggu THR 2021. Uang Tunjangan tersebut dapat didistribusikan baik dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk barang.

Sobat Cahaya Islam, THR 2021 merupakan sebuah kenikmatan yang Allah SWT berikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Hanya saja, kenikmatan ini tidak boleh dianggap sebagai satu – satunya rezeki yang Allah SWT berikan di bulan Ramadhan. Secara fakta, THR ini terkadang hanya diberikan oleh perusahaan maupun lembaga kenegaraan. Bagaimana dengan yang tidak memiliki pekerjaan tetap? Tentu tidak boleh berkecil hati ya!

Bagaimana Umat Muslim Menyikapi THR 2021 sebagai Wasilah?

Sebagai umat muslim, wajib bersyukur atas pemberian rejeki dari Allah SWT berupa THR 2021. Memang tidak semua orang berkesempatan mendapatkannya. Maka dari itu, tidak boleh umat muslim menggantungkan rezeki Ramadhan hanya berupa THR saja.

Perlu diketahui, bahwa Allah SWT tidak hanya memberikan rezeki dalam bentuk uang saja, namun juga berupa kesehatan, kebahagiaan dan serta lingkungan orang yang senantiasa menyayangi. Sehingga, jika ada sebagian umat yang tidak mendapatkan THR alangkah baiknya bila mensyukuri kenikmatan lain yang sudah Allah SWT berikan.

Sobat Cahaya Islam, Allah SWT telah menjamin semua kehidupan umat manusia baik muslim maupun yang belum beriman. Rezeki yang Allah SWT berikan ini tak akan pernah habis selama masa kehidupan manusia masih ada. Artinya, jika manusia masih hidup, rezeki akan selalu diberikan oleh Allah SWT.

Jika Rezeki ALLAH SWT Selalu Ada, Mengapa Tak Semua Umat Islam Jadi Kaya?

Perlu diketahui, bahwa kekayaan seorang umat bukanlah ukuran agar kehidupan dapat bahagia. Faktanya, banyak dijumpai umat yang kaya raya namun tak bahagia dalam kehidupannya. Selain itu, terdapat penafsiran yang salah mengenai makna rezeki.

Rezeki seharusnya dimaknai sebagai pemberian Allah SWT dan tidak bisa dibatasi dalam bentuk apapun, apalagi dikhususkan hanya untuk uang saja. Detak jantung, pernafasan, saluran pencernaan semua bisa mengalami kelancaran dan berfungsi secara normal adalah bukti rezeki lain yang Allah SWT berikan kepada umat.

Hal ini sesuai dengan apa yang Allah SWT sampaikan melalui hadits Rasullah SAW yakni :

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

“Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim no. 2653, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash)

Faktor Apa yang Menyebabkan Umat Hanya Memikirkan Uang Sebagai Rezeki?

Terdapat beberapa paradigma yang berkembang di masyarakat tentang rezeki. Mayoritas umat mengklaim bahwa mendapatkan rezeki sama halnya mendapatkan uang. Memang secara fakta, uang dapat menjadikan umat mampu berkuasa bahkan bisa menjadikan uang untuk berdakwah.

1.      Uang Adalah Segalanya

Sebab uang dapat menjadikan umat memiki segala – galanya, maka terkadang fokus umat beralih hanya untuk mendapatkan materiil saja. Bahkan ada saja yang mengais rezeki dengan cara yang tidak dibenarkan Islam. Sungguh merupakan sebuah ironi.

thr 2021

2.      Uang Dapat Menjadikan Kehidupan Bahagia

Mayoritas umat menganggap bahwa kebahagiaan hakiki bisa digapai dengan keberlimpahan harta. Padahal, ini bukanlah sesuatu yaang benar. Bahagia bisa didapat manakala manusia dapat menjalani kehidupannya sesuai dengan syariat Islam.

thr 2021

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi ulasan mengenai THR 2021 yang selalu dinantikan umat musllim. Padahal, THR ini bukan satu – satunya rezeki yang Allah SWT berikan. Selain itu, daripada umat menunggu, lebih baik umat berusaha untuk memaksimalkan ibadah saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY