Muchtar Pakpahan, Pejuang Buruh yang Sukses, Inilah Cara Meraih Kesuksesan dalam Islam!

0
60
Muchtar Pakpahan

Muchtar Pakpahan – Tanah Air kembali berduka, pendiri Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) di kabarkan meninggal dunia, tepatnya pukul 22.30, hari Minggu, tanggal 21 Maret 2021 di Jakarta.

Kabarnya, Muchtar Pakpahan menderita kanker nasofaring dan sempat menjalani pengobatan di Malaysia. Muchtar Pakpahan seorang tokoh sukses dalam memperjuangkan kaum buruh. Banyak hal yang patut kita tiru dari kerja keras yang beliau lakukan.

Sobat Cahaya Islam, setiap manusia mendambakan kesuksesan yang hakiki. Namun, hal ini tidak bisa di dapatkan dengan sekejap mata, melainkan membutuhkan ikhtiar/ kerja keras dalam menggapainya. Maka dari itu, Islam mengajarkan beberapa cara yang bisa sobat lakukan dalam meraih kesuksesan. Yuk simak informasinya!

Cara Meraih Sukses dalam Perspektif Islam

Dalam meraih kesuksesan, Sobat Cahaya Islam hendaknya tidak hanya berpangku tangan. Sebaliknya, teruslah semangat untuk meraih kesuksesan dengan ragam ikhtiar beserta doa. Lalu, cara apa saja yang bisa kita coba untuk meraih kesuksesan?

1.   Bermanfaat Bagi Orang Lain

Seorang manusia tidak lepas dari kehidupan sosial bermasyarakat. Maksudnya, setiap manusia akan membutuhkan manusia lainnya dalam kelangsungan hidup.

Maka dari itu, untuk menggapai kesuksesan, cobalah untuk bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika hal ini dapat kita lakukan, maka kebahagiaan pun akan menghampiri.

Namun, tidak dapat di pungkiri, banyak di temukan manusia yang sibuk dengan urusan sendiri. Padahal, baik kalangan muda maupun sudah tua hendaknya bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan sederhana, mulai dari peka terhadap lingkungan hingga memerhatikan orang-orang di sekitar yang amat membutuhkan.

2.   Mengejar Akhirat

Selanjutnya, ketika ingin sukses dunia dan akhirat, maka kejarlah akhirat.  Sukses tidak melulu memiliki jabatan yang tinggi atau pun harta yang melimpah.

Hal demikian sama sekali jauh dari kesuksesan ketika di dapatkan dengan cara yang islam larang. Ketika akhirat sudah menjadi tujuan, maka kesuksesan dunia pun akan datang menghampiri.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan dalam mengejar akhirat? Tentunya dengan melakukan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Hal ini akan menjadi pondasi kuat dalam menggapai tujuan. Selain itu, sesibuk-sibuknya bekerja jangan sampai melupakan kewajiban seorang manusia terhadap Tuhannya.

Muchtar Pakpahan

3.   Optimalkan Melalui Karir

Selain itu, untuk menggapai kesuksesan bisa dilakukan dengan mengoptimalkan diri melalui karir. Hindari korupsi atau tindakan semacamnya yang dapat mengotori karir yang sedang di pijaki. Sebaliknya, karir hendaknya di jadikan sebagai langkah untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Hal ini akan menjadi langkah awal menuju kesuksesan yang hakiki.

Mari ambil contoh, seseorang yang berkarir sebagai dokter, maka berkewajiban untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat luas. Baik kalangan atas maupun bawah hendaknya memberi perlakuan yang sama agar bisa hidup dengan sehat dan sejahtera.

Setiap profesi hendak menjalankannya dengan misi yang tepat guna mencapai kesuksesan yang dapat memakmurkan masyarakat luas.

4.   Mempersiapkan Bekal Ilmu Pengetahuan

Jangan lupa untuk terus memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan. Mecari ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Hal ini dilakukan tanpa memandang yang muda atau pun tua, karena mencari ilmu tanpa batasan apa pun. Ketika ilmu pengetahuan berlimpah, maka untuk menggapai kesuksesan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Ilmu adalah bekal dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Dengan ilmu, seseorang akan menjadi tahu dan kebodohan pun dapat dihindari. Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, slaah satunya dengan banyak membaca.

Sebagaimana dalam Firman Allah swt dalam surat Al-‘Alaq:

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ(1)  خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ  (2) ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ(3)

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah (QS. Al-Alaq: 1-3)”

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah ulasan singkat terkait cara sukses dalam persepektif Islam. Kesuksesan Muchtar Pakpahan dalam memperjuangkan buruh senantiasa menjadi jejak yang tidak akan terhapuskan meski beliau sudah tiada. Jangan lupa untuk menyertai ikhtiar dengan doa yang tulus. Mari bersama-sama berusaha menjadi pribadi yang baik dan lebih baik lagi. Aamiin!

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY