Keluarga Bahagia dalam Pandangan Islam

0
218
Keluarga Bahagia 1

Keluarga bahagia – Keluarga merupakan tempat dimana kita dapat berbagi dan saling berhubungan erat satu sama lain. Itu sebabnya, dalam membangun keluarga yang harmonis juga dibutuhkan nilai-nilai islam didalamnya. Dengan begitu kita dapat membentuk keluarga yang sesuai dengan syariat serta ajaran islam.

Hidup merupakan jalan yang panjang, sementara keluarga adalah kafilah yang menemani setiap langkahnya. Dalam pandangan Islam, keluarga bukan hanya sekadar ikatan darah, tetapi juga pondasi utama dalam membangun masyarakat yang harmonis dan penuh keberkahan. Lalu bagaimana pandangan islam mengenai keluarga yang bahagia?

Keluarga Bahagia dalam Pandangan Islam, Ini Penjelasannya

Keluarga Bahagia 2

Keluarga bahagia tentu saja menjadi dambaan bagi setiap muslim. Apalagi membangun keluarga juga harus didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam syariat islam. Sehingga dengan begitu, kita dapat membangun keluarga yang harmonis, bahagia sesuai dengan perspektif islam tentang apa itu keluarga yang bahagia.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Ayat ini menjelaskan tentang bagaimana keluarga yang bahagia perlu dibangun dengan rasa kasih dan sayang. Tentu saja keluarga yang harmonis akan membuat kita merasa damai dan tentram. Hanya saja, kita juga perlu mengetahui bagaimana sebenarnya keluarga yang bahagia menurut islam sendiri.

Keluarga Yang Ciptakan Ketenangan

Tahukah sobat CahayaIslam, Allah SWT menciptakan keluarga sebagai bentuk kasih sayang dan keharmonisan antara suami dan istri. Kemudian dijadikannya lah keturunan-keturunan sebagai pelengkap kehangatan dalam keluarga. Dengan menciptakan pasangan hidup, Allah memberikan peluang bagi manusia untuk merasakan ketenangan dan kebahagiaan melalui hubungan yang penuh kasih sayang.

Keluarga Yang Mengedepankan Amal Ibadah

Rumah tangga dalam islam bukan hanya tempat untuk memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga sebagai ladang amal dan juga ibadah. Keluarga adalah sekolah pertama bagi generasi penerus untuk masa depan atau anak-anak kita, di mana nilai-nilai islam ditanamkan didalamnya.

Dengan membangun rumah tangga secara islami, kita tidak hanya membangun kebahagiaan keluarga, tetapi juga dapat membentuk generasi yang taqwa dan selalu menanamkan nilai-nilai keislaman.

Kekompakan Dalam Keluarga

Keluarga bahagia dalam Islam juga ditandai oleh kekompakan dari anggota keluarga. Dalam setiap pengambilan keputusan dan permasalahan, suami dan istri bekerja sama untuk saling melengkapi dan mengerti. Rasulullah SAW pun memberikan teladan bahwasanya urusan dalam keluarga harus dipikul dan diselesaikan bersama sehingga menciptakan hubungan yang harmonis.

Keluarga Yang Penuh Kesabaran dan Pemaafan

Dalam keluarga yang bahagia, sabar dan pemaafan adalah kunci utama. Sebagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk selalu bersikap sabar dan juga memaafkan. Dengan menanamkan ini dalam membangun keluarga, maka ini dapat mengantarkan kita pada keharmonisan dan kebahagiaan.

Keluarga bahagia – Dalam pandangan Islam, keluarga yang bahagia dapat diwujudkan dengan merangkul nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membangun keluarga sebagai amanah dan ladang amal ataupun ibadah, kita dapat membina keluarga yang menjadi sumber kebahagiaan sejati, bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY