Dewa Kipas Akui Kekalahannya Melawan Irene, Dalam Islam Itu Hal yang Luar Biasa

0
74
Dewa Kipas

Dewa Kipas – Duel Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan Wanita Grandmaster Catur RI, Irene Sukandar menyita perhatian masyarakat Indonesia. Duel yang tayang langsung di kanal Youtube Deddy Corbuzire pada Senin 22 Maret 2021 tersebut di menangkan oleh sang atlet puteri, Irene.

Dadang mengakui tidak terbiasa dengan peraturan catur cepat batas waktu 10 menit. Pernyataan itu pun mendapat reaksi dari banyak orang.

Sebab riwayat permainan di Chess.com, Dadang sering bermain dengan durasi 10 menit. Putra Dadang pun, Ali Akbar mengakui sang ayah berada dalam situasi dan tekanan yang berbeda.

Jika biasanya ia bermain melalui handphonenya, kali ini sang ayah harus duel di lapangan. Tentu kondisi tersebut membuatnya dalam keadaan tertekan.

Meski demikian, Dadang mengakui kekalahannya. Ia memuji Irene yang lihai dalam permainanya.

Irene sendiri meminta masyarakat Indonesia tidak menghujat Dadang usai permainan ini. Dengan duel tersebut ia berharap permainan catur di Indonesia kembali hidup.

Dewa Kipas Akui Kekalahannya Melawan Irene, Ini Hukumnya dalam Islam

Menerima Kekalahan dalam Islam adalah sebuah keindahan. Sebab kalah bukanlah bentuk kegagalan, namun keberhasilan yang tertunda.

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.’’ (QS al-Anfal [8]: 46)

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُبْطِلٌ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُحِقٌّ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang meninggalkan perdebatan sementara ia berada di atas kebatilan, maka Allah akan bangunkan sebuah rumah baginya di pinggiran surga. Dan barangsiapa yang meninggalkan perdebatan padahal dia berada di atas kebenaran, maka Allah akan membangun sebuah rumah baginya di atas surga.” [3]

Cara Menerima Kekalahan Secara Positif

Kalah atau menang adalah perkara biasa. Namun terkadang kekalahan sulit di terima, berikut ini adalah cara menerima kekalahan secara positif agar kelak mencapai sebuah kemenangan.

1. Mengakui Kelebihan Lawan

Ketika seseorang mengalami kekalahan, hal yang dilakukan pertama adalah mengakui kelebihan lawan. Hal ini menjadi bukti dari jiwa besar yang kita miliki.

Dewa Kipas

2. Tidak Beralasan

Seseorang yang memberikan alasan untuk menutupi kekalahannya bukanlah orang yang berjiwa besar. Mental tersebut tentu bukan mental yang di miliki oleh para juara.

3. Mengevaluasi Diri

Setelah menerima kekalahan, cobalah untuk mengevaluasi diri. Evaluasi ini penting di lakukan agar kita peka terhadap kelemahan yang di miliki dan memperbaikinya untuk pertandingan selanjutnya.

4. Belajar

Agar menjadi seorang juara, tentunya kita harus belajar terus menerus. Sebab belajar adalah kunci keberhasilan, dan belajar bisa dilakukan dimana saja termasuk dari lawan kita.

Dewa Kipas

Demikianlah tips menerima kekalahan secara positif. Apa yang dilakukan Dewa Kipas untuk menerima kekalahannya bermain catur melawan Irene adalah bukti kebesaran jiwanya, semoga kita menjadi orang yang demikian. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY