Ingin Semangat Sedekah? Baca Motivasi Islam Penggugah Semangat Ini!

0
2373

Motivasi islam tentang semangat sedekah – Sebagai makhluk urban, ada waktu dimana kita merasa jenuh dan lesu. Seringkali kita kehilangan semangat. Entah itu semangat dalam menjalankan pekerjaan, semangat untuk bersosialisasi, bahkan semangat beribadah, tak terkecuali beribadah yang bersifat sosial seperti sedekah.

Ketika waktu-waktu kita hilang semangat seperti inilah, Shaitan akan menghalang-halangi kita dengan membisikkan kata-kata “ngapain masukin uang ke kotak infaq, mending buat beli ini itu” – Wah bisa gawat dong! Biasanya yang kita butuhkan ketika hal ini sudah mulai menerpa kita adalah motivasi untuk menyulut kembali semangat kita. Sebagai seorang muslim tentunya motivasi islam lah yang cocok untuk kita resapi. untuk itulah tim Cahayaislam sudah siapkan beberapa motivasi untuk semangat sedekah!

Mendapatkan senyum orang yang kita beri sedekah bisa memberikan semangat!

Memang sih bila berbicara tentang motivasi islam yang terbersit dalam pikiran kita adalah hal hal yang berupa kata–kata, cerita, atau kita dapat menggalinya dari dalam diri kita sendiri melalui dzikir dan doa mendekatkan diri pada Allah. Namun siapa sangka, bahkan justru dengan bersedekah tanpa berpikirlah yang bisa menggugah semangat kita.

Contohnya ketika kita sedang berada di jalan bertemu seorang nenek penjual kerupuk. Kita mungkin tidak sedang ingin membeli kerupuk itu namun kita tetap membelinya karena kasihan melihat si nenek yang kepayahan. Tanpa kita sadari kita sudah bersedekah ketika kita menghampiri si nenek secara otomatis kita tersenyum kepadanya sambal bertanya, “Berapa harganya nek?” dan kemudian membelinya. Nah, disitu dua buah sedekah sudah terlaksana (memberikan senyum dan membantu nenek tersebut).

Jika pada saat itu kita sedang dalam masa down, mungkin dengan adanya kita bersedekah pada nenek tersebut kita menjadi sadar karena menyaksikan perjuangannya melanjutkan hidup, semangatnya dalam menjajakan kerupuk. Melihatnya kita malu kemudian tumbuhlah  dorongan dari dalam diri. Otak sobat akan mengatakan “ayo! masa kalah sama nenek itu?”.

Dengan langsung melakukan sedekah tanpa berpikir panjang untuk menghalangi shaitan memanipulasi otak kita, insha Allah kita akan mendapatkan hikmah untuk menjadi lebih bersemangat dalam bersedekah. Tim Cahayaislam juga telah mengulas beberapa cara unik sedekah dalam artikel sebelumnya disini dan disini. Tim Cahayaislam telah menyiapkan beberapa beberapa motivasi islam singkat terkait sedekah yang semoga menggugah hati sobat Cahayaislam:

Sedekah adalah investasi yang tidak akan merugikan, bahkan menguntungkan!

Jangan khawatir kehabisan harta karena bersedekah justru Allah akan melipat gandakan apa yang kita sedekahkan seperti janji Allah pada QS. Al-Baqarah ayat 245 dan 261.

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Siapa yang bersedia menalangi pinjaman pada Allah, sebuah pinjaman baik (menafkahkan harta fiisabilillah), maka Allah pasti menggandakan ganti kepadanya dengan lipatan yang banyak. Dan Allah adalah dzat yang maha menyempitkan serta melapangkan (rizqi) dan kepada-Nya-lah Engkau akan kembali.(Al-Baqarah 245).

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Penggambaran (nafkah yang dibelanjakan oleh) orang-orang yang menafkahkan harta mereka fii sabilillah adalah layaknya dengan satu bulir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dan atas tiap-tiap bulirnya memiliki seratus biji. Allah melipatkan (pahala) bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah adalah dzat yang Maha Luas (Anugerahnya-Nya) lagi Maha Mengetahui

Lempar batu sembunyi tangan dalam bersedekah?

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Jika Engkau membuat tampak sedekah(mu), maka itu hal itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan Engkau berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu jauh lebih baik untukmu. Dan Allah hapuskan darimu sebagian dosa dan kesalahanmu; dan Allah maha mengetahui atas apa yang Engkau kerjakan. (QS. Al-Baqarah: 271)

Dalam artikel lain yang sebelumnya, tim Cahayaislam juga menjelaskan bahwa sedekah itu dapat mengabulkan doa kita, membebaskan kita dari kesulitan, dan menjauhkan kita dari api neraka. Setiap muslim haruslah familiar dengan bersedekah dan ternyata sedekah itu memang mudah, seperti tersenyum tadi contohnya.

Atau jika kita tidak mempunyai sesuatu untuk disedekahkan kita bisa bersedekah dengan menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya, jika tidak ada maka kita bisa berbuat ma’ruf atau dengan mencegah diri dari berbuat kejahatan saja, itu juga termasuk salah satu bentuk sedekah, atau memberikan motivasi islam dalam rangka menggugah ikatan sosial hamblum minannas.

Ingat! Semua harta yang kita miliki adalah titipan maka jangan lupa kita akan dimintai pertanggung jawaban atas segala yang kita terima di dunia yang fana ini, bisa-bisa harta yang kita miliki sekarang menjadi ular yang melilit kita di yaumul akhir kelak. Semoga bermanfaat ya sobat Cahayaislam semuanya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!