Banjir Jakarta Kembali Genangi Beberapa Wilayah

Banjir Jakarta kembali terjadi sejak hari jumat hingga sabtu 8 Februari 2020

0
90
banjir jakarta

Banjir Jakarta– Bencana alam berupa banjir kini dikabarkan kembali menggenangi wilayah jakarta dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut. Hujan yang terjadi sejak tengah malam hingga sabtu dini hari memang cukup lebat sehingga menyebabkan sebagian wilayah jakarta tergenang air dengan ketinggian yang cukup tinggi.

banjir jakarta

Berdasarkan informasi traffic management center polda mtero jaya, genangan air di kemang raya mencapai sekitar 30cm. Selain itu, bending katulampa bogor pada pukul 18.30 wib masuk dalam status siaga 3.

Para pemerintah daerah mulai dari yang tertinggi hingga pejabat desa seperti lurah harus mulai waspada dengan adanya intensitas hujan yang tinggi. Hujan yang lebat dapat menyebabkan berbagai macam bencana bukan hanya banjir Jakarta saja melainkan bencana lain seperti tanah longsor, banjir bandang dan yang lainnya.

Banjir Jakarta sering terjadi ketika musim hujan

Ketika musim hujan tiba memang kota jakarta dan sekitarnya seperti bogor dan wilayah jawa barat lainnya akan mengalami bencana banjir. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh setiap warga agar ketika musim hujan tiba sudah siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Beberapa tips yang perlu dilakukan adalah:

  • Mengamankan barang

Jika sobat cahaya Islam tinggal diwilayah rawan banjir Jakarta maka sebaiknya ketika musim hujan tiba cobalah untuk mengamankan barang-barang yang memang berharga dan mudah rusak jika terkena air. Barang elektronik, berkas berharga, barang berharga seperti perhiasan juga perlu untuk diletakkan ditempat yang aman dan tinggi agar jika banjir datang tidak bingung untuk kemas-kemas.

  • Cari tepat berlindung yang aman jika banjir besar

Jika banjir yang datang sering kali tinggi dan besar maka aka nada baiknya untuk selalu bersiap untuk mengungsi. Barang pokok seperti pakaian bisa dipersiapkan agar jika banjir tiba bisa segera mengungsi ke rumah sodara. Terkadang untuk mengungsi saja ada banyak kesulitan namun kita harus tetap bersabar dengan hal tersebut.

banjir jakarta

  • Selalu stok bahan makanan

Ketika musim hujan tiba biasanya akan sangat sulit untuk keluar mencari makan. Penting bagi keluarga untuk memiliki stok bahan makanan yang awet di dalam rumah. Dengan begitu tidak akan kelaparan apabila nantinya banjir tiba dan harus menunggu beberapa hari untuk bisa membeli makanan ke luar.

  • Penuhi baterai gadget

Mengisi baterai selagi batarai belum habis memang penting agar nantinya kita bisa musah mendapatkan informasi mengenai batuan dan juga berbagai hal yang dapat membantu menyelesaikan masalah. Selain itu dengan ponsel anda juga bisa menghubungi orang-orang atau sodara yang dapat membantu anda.

  • Menjaga pola makana dan konsumsi suplemen

banjir jakarta

Ketika musim hujan tiba akan sangat rentan terserang penyakit apalagi jika hujan sampai menyebabkan banjir. Oleh karena itu penting bagi sobat cahaya Islam untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Anda perlu makan-makanan sehat, berolah raga dan jika perlu mengkonsumsi suplemen. Namun yang paling aman adalah biasakan mengkonsumsi minuman rempah yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti jahe, sereh dan lain sebagainya.

Bencana yang datang adalah merupakan ujian sehingga kita perlu untuk selalu bersabar. Seperti dalam firman Allah berikut ini:

اتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَ

“dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” [1]

Sobat cahaya Islam, dengan datangnye bencana banjir Jakarta ini semoga kita semakin dekat dengan Allah dan juga semakin giat dalam meningkatkan ketaqwaan.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-Baqarah (2) ayat 155

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!