5 Manfaat Sholat Dhuha bagi Seorang Pengusaha, Kamu Harus Tahu

0
1289

Manfaat sholat dhuha – Sobat Cahayaislam, menjadi enterpreneur atau pengusaha adalah keputusan yang bagus dalam mencari penghasilah. Namun, jangan sampai kita lupa akan kewajiban sebagai seorang muslim. Bahkan, jika perlu memungkinkan kita bukan hanya melaksanakan kewajiban saja tetapi juga sunnah-sunnah dalam Islam. Salah satunya adalah Sholat Dhuha.

Sholat Dhuha adalah salah satu Sholat sunnah yang dilakukan pada waktu dhuha atau pagi hari berselang beberapa waktu setelah matahari muncul. Siapa sangka ternyata ada banyak manfaat Sholat Dhuha bagi seorang pengusaha lho. Apa saja manfaatnya? Jika kamu adalah seorang pengusaha, kamu wajib tahu.

  1. Dilancarkan Rezekinya oleh Allah

Banyak pengusaha muda Islam yang sukses meskipun umurnya masih di bawah 30 tahun. Kebanyakan dari mereka, rahasianya adalah Sholat Dhuha. Tahukan kamu kalau salah satu keutamaan Sholat Dhuha adalah bisa membuat rezekimu menjadi lancar? Tahukan kamu kalau Sholat Dhuha bisa menolak kefakiran? Nyatanya demikian. Jadi, jika kamu ingin seperti pengusaha-pengusaha muda muslim yang sukses, maka rajin-rajinlah Sholat Dhuha. Manfaat Sholat Dhuha ini juga disebutkan dalam sebuah hadits berikut:

حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ كَثِيرِ بْنِ مُرَّةَ أَبِي شَجَرَةَ، عَنْ نُعَيْمِ بْنِ هَمَّارٍ، قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِي مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.”
(HR Abi Dawud 1289 )

  1. Semangat Dalam memulai Aktifitas Bisnis

Apapun bisnismu, kamu harus menjalankannya dengan penuh semangat setiap hari. Setiap bisnis memiliki aktifitas yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana agar kita sebagai sorang enterpreneur bisa memulai aktifitas dengan semangat setiap hari? Salah satunya adalah dengan Sholat Dhuha.

Sebelum ke kantor atau melakukan aktifitas yang berhubaungan dengan usahamu, lakukanlah Sholat Dhuha karena air wudhu bisa membuatmu semangat dan tidak ngantuk ataupun letih di pagi hari. Jadi, ini merupakan salah satu manfaat Sholat Dhuha yang sangat penting untuk kamu para pengusaha.

  1. Sedekahnya Orang Sibuk

Menjadi seorang enterpreneur pasti membuatmu sangat sibuk mengurusi bisnis. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa berbuat baik seperti sedekah. Sedekah tidak harus dengan memberikan harta ke orang lain yang tidak mampu. Berdzikir itu sedekah. Amar ma’ruf nahi munkar itu sedekah.

Jika kita tidak bisa ataupun tidak ada waktu untuk itu, Sholat Dhuha bisa menjadi gantinya. Inilah salah satu manfaat Sholat Dhuha yang mana bisa menjadi sedekahnya orang sibuk seperti pengusaha. Sedekah melalui Sholat Dhuha adalah sedekah seluruh badan pada diri kita. Jadi, ini merupakan salah satu manfaat Sholat sunnah Dhuha yang paling hebat.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَسْمَاءَ الضُّبَعِيُّ، حَدَّثَنَا مَهْدِيٌّ، – وَهُوَ ابْنُ مَيْمُونٍ – حَدَّثَنَا وَاصِلٌ، مَوْلَى أَبِي عُيَيْنَةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عُقَيْلٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَعْمَرَ، عَنْ أَبِي الأَسْوَدِ الدُّؤَلِيِّ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ ‏ “‏ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Dalam salah satu hadits Riwayat Muslim 720 diatas pula dikatakan tentang dengan melaksanakan sholat Dhuha, kita telah memenuhi setiap persendian tubuh kita dalam bersedekah.

  1. Diampuni Dosanya

Setiap orang pasti pernah melakukan dosa, entah itu dosa besar ataupun kecil. Allah itu maha pengampun. Allah akan mengampuni hamba Nya yang benar-benar bertaubat dan melakukan amal soleh. Salah satu yang paling dianjurkan adalah Sholat Dhuha karena manfaat Sholat Dhuha bisa membuat dosa-dosa kita diampuni.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنِ النَّهَّاسِ بْنِ قَهْمٍ، عَنْ شَدَّادٍ أَبِي عَمَّارٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ “‏ مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةِ الضُّحَى غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوبُهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

(H.R Ibnu Majjah – 1382)

Barang siapa yang membiasakan sholat dua rekaat Dhuha, maka akan diampuni dosa dan kesalahannya meski sebanyak buih dilautan

Itulah kenapa Sholat Dhuha menjadi andalan para enterpreneur, mengingat peliknya dunia bisnis di dunia sekarang ini. Namun bukan berarti sobat cahayaislam entrepreneur disini bisa berbuat seenaknya lalu melakukan Sholat Dhuha agar dosa diampuni. Misalnya melakukan riba dan kemudian sholat dhuha dengan keyakinan akan diampuni dosanya begitu saja. Kita harus tetap menjauhkan diri dari dosa dengan menjauhi larangan-larangan Nya. Yang pasti, ini merupakan salah satu manfaat Sholat Dhuha yang paling utama.

  1. Dikabulkan Doanya

Setiap orang pasti ingin dikabulkan doanya. Begitu juga dengan pengusaha, pasti ingin usahanya lancer. Tidak cukup hanya dengan bekerja keras, tetapi juga harus diiringi dengan doa. Waktu Dhuha adalah salah satu waktu yang paling bagus untuk berdoa, terutama setelah Sholat Dhuha. Jadi, agar kita menjadi pengusaha yang sukses, jangan lupa Sholat Dhuha.

Itulah tadi beberapa manfaat Sholat Dhuha yang perlu kita ketahui. Mudah-mudahan bisa membantu sobat Cahayaislam yang ingin sukses menjadi entrepreneur. Jangan lupa pula untuk cek artikel yang oke juga untuk sobat Entrepreneur cahayaislam disini tentang amalan yang mendatangkan rezeki yang telah kita ulas sebelumnya (disini dan disini). Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!