Merasa Gelisah? Ingatlah Bahwa Allah itu Maha Luas (Pengetahuannya)!

0
915

Allah itu maha luas (pengetahuannya) – Tim Cahayaislam sering melakukan perjalanan ke beberapa tempat dan telah bertemu dengan banyak sekali tipe orang. Dari pengalaman perjalanan tersebut, kami menjadi sangat sadar bahwasanya semua manusia itu memiliki permasalahannya masing-masing, dan sesuatu yang mungkin terlihat indah dimata kita, belum tentu indah dimata mereka dan orang-orang yang lain. Untuk itu, kami akan memberikan sedikit nasihat untuk para sobat Cahayaislam yang sedang dilanda gundah dan gelisah. Berikut tips yang bisa sobat Cahayaislam ikuti.

Optimis melihat masa depan karena keluasan Allah

Meskipun seberapa kelam jalan yang ada didepan kita dan seberapa buruk apa jalan yang harus kita lalui, tetap khusnudzon billah adalah salah atau cara agar anda jauh dari kegundahan hidup. Ingat bahwa Allah itu mengetahui apa yang baik untuk kita dan kita tidak tahu apakah hal yang sebenarnya kita inginkan malah ternyata buruk untuk kita? Maka dari itu tetaplah optimis dan berusaha secara mastatho’na sebaik-baiknya, insha Allah akan ada jalan yang lebih terang untuk masa depan anda.

Tidak Berpangku-tangan dan Bertawakkal kepada Allah adalah kunci

Tidak ada yang bisa mengubah suatu takdir kecuali doa, dan Allah tidak akan mengubah nasib seseorang pula jika dia tidak berusaha mengubahnya sendiri. Bila kita merasa gundah dan gelisah pada cobaan hidup yang kita hadapi. Jangan diam dan berpangku-tangan saja, namun bertawakkallah kepada Allah dengan sebaik-baiknya. Melakukan ikhtiar sampai pol kemampuan kita dan kemudian biarkan Allah menentukannya untuk anda.

Lebih banyak bersyukur kepada Allah bahkan dari hal yang terkecil

Allah itu maha luas dalam artian luas pengetahuannya, serta luas pula pemberiannya. Luasnya pemberian Allah tidak hanya terpaku pada benda yang bisa dilihat saja atau yang berbentuk materi. Namun, pemberian Allah yang lain sangat banyak dan memasuki banyak layer-layer kehidupan kita seperti rasa tenang, tentram dan bahagia, waktu luang dan kesehatan, dan masih banyak lagi.

Jadi mari kita sadari hal itu dan mulai lebih banyak bersyukur kepada Allah. Bahkan membiasakan bersyukur kepada Allah atas hal-hal yang kecil. Misalnya saja, bersyukur setelah minum karena kehausan, bersyukur ketika bisa bangun dipagi hari, bersyukur karena bisa makan dengan enak dan lain sebagainya.

Menjadikan Allah sebagai tempat Curhat yang terbaik

Sebenarnya tidak ada tempat curhat yang paling baik selain Allah. Segala sesuatu yang terjadi didunia ini adalah menurut kehendak Allah, maka dari itu dekatilah Allah dan ungkapkanlah seluruh isi hati anda. Jika anda kekurangan maka mintalah Allah untuk menambahnya, jika anda merasa memerlukan sesuatu, maka mintalah kepada Allah agar diberi. Banyak berdoa juga merupakan bentuk ikhtiar serta cara kita untuk curhat kepada Allah SWT. Anda bisa melakukannya setelah shalat, atau yang lebih mantab lagi diwaktu sepertiga malam yang akhir yang merupakan waktu mustajab.

Keempat tips tersebut bila dilaksanakan dan dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari kita, insha Allah kita tidak akan mudah dirundung kegalauan serta kegelisahan dalam hati dan pikiran kita. Allah itu maha luas, dan luasnya Allah berarti tidak ada batasnya bila dibutuhkan oleh hamba-hambanya. Semoga bisa bermanfaat ya sobat Cahayaislam semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!