Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak?

0
770

Kita tidak perlu menunggu sampai kita memiliki penghasilan 1 milyar sehari untuk bersedekah dan berbagi kepada orang lain. Allah tidak melihat dari seberapa banyak yang kita berikan, namun lebih melihat kepada kesungguhan dan keikhlasan yang kita wujudkan berupa sedekah tersebut. Lalu apakah ada cara shodaqoh unik tanpa memerlukan biaya yang banyak? – jawabannya ada!

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak sobat Cahayaislam untuk berpikir kreatif dan membentuk mindset bahwa cara dan metode shodaqoh itu sendiri tidak terbatas dan beragam. Ada banyak Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak yang bisa kita lakukan. Cek deh beberapa tips cespleng dari kami yang insha Allah bermanfaat dan mudah untuk dilakukan serta dibiasakan.

Beli Celengan denda dirumah kita untuk dijadikan lahan shodaqoh

Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak  pertama adalah dengan membeli celengan denda. Trik yang satu ini sudah dibuktikan oleh beberapa dari tim Cahayaislam. Beberapa dari kami memiliki target ibadah harian yang harus dipenuhi. Misalnya dalam sehari kami mentargetkan istighfar sebanyak 1000 kali atau membaca Al Quran satu juz dan lain sebagainya.

Bila target tersebut tidak bisa dipenuhi, maka kita harus mengisi denda kedalam “celengan denda” yang telah kita persiapkan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup nominal seribu atau dua ribu Rupiah. Kemudian diakhir bulan ambil uang yang ada dalam celengan tersebut untuk di sedekahkan. Tapi sobat Cahayaislam jangan curang ya! Pokoknya aturan mainnya adalah menggunakan uang denda didalam celengan itu untuk disedekahkan (tidak pedulu bagaimanapun keadaannya).

Menjauhi pikiran negatif dan banyak mengeluh untuk Shodaqoh

Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak kedua adalah dengan menjauhi pikiran negatid dan banyak mengeluh. Mungkin anda bertanya apa hubungannya berfikiran positif dan tidak banyak mengeluh dengan bershodaqoh? Jawabannya terletak dari efek yang sobat Cahayaislam dapatkan dengan melakukan hal itu. Bila menjauhi pikiran negatif dan tidak sering mengeluh, secara otomatis sobat akan dipenuhi ketenangan hidup dan selalu bahagia. Sobat akan banyak tersenyum dan tersenyum merupakan salah satu bentuk sedekah.

Tidak menerima uang receh! Hanya menerima uang lembaran

Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak ketiga adalah dengan tidak menerima uang receh. Maksud tidak menerima uang receh disini bukan berarti anda harus menolak uang receh kembalian yang akan diberikan kepada anda ketika membeli sesuatu, namun lebih kepada menyimpan dan mengumpulkan uang-uang receh tersebut untuk kemudian disalurkan kepada sabilillah, kotak-kotak infaq shodaqoh yang ada dimasjid, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menolak uang receh ketika membeli sesuatu dari mereka yang kira-kira membutuhkan.

Beli sendal dan mengisi ulang galon air minum di Masjid diam-diam

Cara Shodaqoh Unik Tanpa Memerlukan Biaya yang Banyak keempat adalah membeli beberapa hal yang sederhana untuk ditaruh dimasjid. Misalnya yang paling simpel adalah mengisi ulang galon air minum yang ada dimasjid supaya mereka yang mengunjungi masjid tidak kehausan. Atau membelikan sendal jepit untuk ditaruh dimasjid bagi siapa yang memerlukannya untuk pergi ke toilet ataupun berwudhu. Insha Allah hal-hal sepele seperti isi ulang air atau sendal tidak akan membuat anda kehilangan banyak uang kok. Kira-kira itu saja beberapa trik shodaqoh yang unik dan bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!