Merencanakan Kehidupan yang Berorientasi pada Akhirat

0
53
Merencanakan Kehidupan yang Berorientasi pada Akhirat

Motivasi Islam – Banyak orang yang hanya menjalani hidup mediocre (Biasa biasa saja), ada orang yang hidup dengan dipenuhi dengan ambisi dan target pencapaian, ada orang yang hidup pula dengan terus belajar di setiap waktu sepanjang hidup mereka. Tidak peduli bagaimana cara sobat cahayaislam menjalani hidup, yang wajib adalah satu: Sebagai orang beriman hidup kita harus Merencanakan Kehidupan yang Berorientasi pada Akhirat.

Kenapa harus berorientasi pada akhirat?

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ كَأَنْ لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا سَاعَةً مِنَ النَّهَارِ يَتَعَارَفُونَ بَيْنَهُمْ ۚ قَدْ خَسِرَ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِلِقَاءِ اللَّهِ وَمَا كَانُوا مُهْتَدِينَ

Dan (ingatlah) akan hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka, (mereka merasa di hari itu) seakan-akan mereka tidak pernah berdiam (di dunia) hanya sesaat di siang hari, (di waktu itu) mereka saling berkenalan. Sesungguhnya rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Allah dan mereka tidak mendapat petunjuk [1]

Diatas adalah salah satu ayat yang cukup bisa menjadi sebuah pegangan kita dan menjadi semacam jawaban kenapa kita harus hidup berorientasi kepada akhirat? Dalam ayat tersebut Allah berfirman dengan menekankan kepada manusia agar ingat bahwa akan ada hari dimana Allah akan mengumpulkan mereka.

Saat pengumpulan itu mereka akan terbebani dan seolah mereka tak pernah berdiam di dunia ini barang sedikit waktupun. Dan mereka yang mendustakan akhirat adalah orang orang yang sangat merugi.

Tentu sobat cahayaislam nggak mau dong tergolong menjadi orang yang merugi kelak di akhirat hanya karena kita hidup terlalu terlena kepada dunia ini. Luckily! Hari ini tim cahayaislam akan mencoba memberikan beberapa tips dan motivasi tentang gimana merencanakan kehidupan kita untuk selalu berorientasi kepada akhirat. Check yuk!

Merencanakan kehidupan dan menjalaninya dengan Prinsip ingat Allah

Kalo kata orang orang sih hidup ini adalah tentang harta dan kedudukan. Banyak orang berlomba mendapatkan kedua hal itu dengan segala cara. Bahkan dengan cara yang jauh dari ridho Allah SWT. Padahal pada surat Al Haqqah ayat 27 hingga 29 sudah jelas dikatakan:

 يَا لَيْتَهَا كَانَتِ الْقَاضِيَةَ مَا أَغْنَىٰ عَنِّي مَالِيَهْ هَلَكَ عَنِّي سُلْطَانِيَهْ

Ketika waktu mereka tiba (kematian) maka ada dari harta mereka tidak akan memberikan pertolongan sama sekali, dan mereka kehilangan kekuasaannya. [2]

Terkait dengan hal itu, tips pertama dan yang paling utama adalah hidup berdasarkan prinsip Ingat Allah. 

Hal ini tentu berlaku dalam banyak sisi kehidupan kita ya. Kita mencari rezeki dari Allah, kita berinteraksi sosial, kita hidup dalam masyarakat, kita bekerja, kita menjalankan amanah sebagai seseorang dengan kedudukan tertentu dan semuanya apapun akan lebih baik dengan prinsip pertimbangan apakah Allah akan menyukainya.


Catatan Kaki

[1] Q.S. Yunus (10) ayat 45

[2] Q.S. Al-Haqqah (69) ayat 27-29

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!