Sering Puasa Senin Kamis? Ini Manfaatnya!

0
118
puasa senin kamis

Ceramah Agama – Menurut ajaran islam, ibadah puasa ini ada 2 macam. Yakni puasa wajib dan puasa sunah. Puasa wajib memiliki pengertian sebagai ibadah puasa yang harus dikerjakan. Orang yang dengan segaja meninggalkan ibadah wajib akan mendapatkan dosa. Adapun untuk puasa sunah merupakan amalan ibadah puasa yang apabila mengerjakan dapat pahala dan jika tidak mengerjakan tidak mendapat dosa. Salah satu puasa sunah yaitu Puasa senin kamis.

Puasa Senin Kamis

Sobat cahaya islami, dalam ceramah agama islam menjalankan ibadah puasa adalah suatu amalan yang baik. Dikatakan amalan yang baik lantaran ibadah memiliki nilai lebih dihadapan Allah SWT. Ketika seorang muslim melakukan ibadah puasa. Maka amalan itu hanya diketahui dirinya dengan Allah SWT.

Hal ini menjadikan ibadah puasa menjadi amalan yang istimewa. Dalam ajaran agama islam, ibadah puasa menjadi amalan yang masuk dalam rukun islam. Ibadah yang mulia ini ada pada urutan nomer tiga setelah shalat. Oleh sebab itulah, maka ibadah puasa ini mendapat perhatian yang serius dalam ajaran islam.

Dalam ceramah agama isalam, puasa sunah itu banyak macamnya. Salah satunya adalah puasa senin dan kamis. Ibadah puasa senin kamis merupakan amalan yang dianjurkan dalam agama islam. Anjuran puasa senin kamis ini ada dalam sebuah hadits riwayat muslim nomer 2565 yang artinya:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، فِيمَا قُرِئَ عَلَيْهِ عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا ‏”‏ ‏.‏

Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” [1]

Sobat cahaya islami, dalam hadits telah dijelaskan bahwa pada hari senin dan kamis pintu surga dibuka. Dibukanya pintu surga inilah yang menjadi dasar rasulullah saw memerintahkan puasa di kedua hari tersebut. Menurut ceramah agama, dalam hadits di atas juga menganjurkan agar antara sesama manusia untuk tidak saling bermusuhan.

Manfaat Menjalankan Puasa Senin Kamis Menurut Agama Islam

Puasa termasuk dalam amalan yang terpuji dalam ajaran agama islam. Dalam ceramah agama, ibadah puasa ini memiliki pengertian sebagai usaha menahan diri dari rasa haus dan lapar serta hal yang membatalkan puasa semenjak terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari. Tujuan dalam melaksanakan ibadah yang mulai tersebut untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Salah satu ibadah puasa sunah yang ada dalam syariat agama islam yakni puasa senin kamis. Ibadah ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang perlu kaum muslimin ketahui. Berikut berbagai manfaat puasa senin kamis yang perlu umat islam ketahui.

Dapat menjadi pelindung bagi diri

Dapat menjadi pelindung bagi diri merupakan sebuah manfaat dari menjalankan ibadah puasa pada hari Senin dan Kamis. Dalam ceramah agama, maksud pelindung diri di sini adalah seorang muslim yang selalu menjalankan puasa sunah ini jiwanya memiliki perisai. Perisai dalam jiwa ini akan membuat seorang muslim lebih sabar dalam menghadapi kehidupan.

Dapat melatih kedisiplinan

Disiplin adalah salah satu sifat terpuji. Ternyata akhlak yang mulia ini dapat dilatih dengan jalan puasa pada hari Senin dan Kamis. Seorang manusia yang rutin yang menjalankan puasa sunah ini akan lebih disiplin dalam kehidupannya.

Menghidarkan seorang muslim dari godaan setan

Setan memang menjadi musuh manusia yang nyata. Makhluk gaib yang selalu membujuk manusia dalam kejahatan ini pasti selalu menganggu manusia kapan saja. Untuk mengatasi makhluk gaib ini, maka dapat dilakukan dengan mengerjakan puasa di hari Senin dan Kamis. Dengan melakukan amalan sunah tersebut, maka dapat menghindarkan pelakunya dari gangguan setan.

Membuat timbulnya rasa syukur dan membuat hati jadi lembut

Dalam ceramah agama islam, puasan Senin Kamis juga bis menimbulakan rasa syukur dan melembutkan hati. Ketika diri seorang hamba merasa lapar dan haus, maka ia dapat merasakan penderitaan orang lain. Hal ini tentu saja akan memunculkan rasa syukur dan membuat hati jadi lebih lembut.


Catatan Kaki

[1] HR. Muslim no. 2565 a (sahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!