Tanggapan Islam Mengenai Penolakan Jenazah Corona

0
116
Tanggapan Islam Tentang Penolakan Jenazah Corona

Tanggapan islam – mengenai berita yang semakin marak akhir-akhir ini terkait dengan wabah corona yang semakin meresahkan. Bagaimana tidak, angka kematian semakin bertambah. Begitu juga dengan orang yang semakin banyak terpapar virus ini. Hal ini membuat ketakutan untuk masyarakat, sehingga membuat sebagian orang kehilangan jiwa sosialnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa kasus dimana di beberapa daerah menolak mengizinkan pemakaman jenazah yang positif terkena covid-19 ini.

Tanggapan Islam Soal Penolakan Jenazah Positif Corona

Hal yang wajar memiliki perasaan takut dan khawatir dengan wabah yang terjadi sekarang ini. Apalagi angka korban yang semakin meningkat. Namun sebagai umat muslim, kita juga tidak seharusnya melupakan peran kita sebagai sesama. Dengan adanya kasus seperti penolakan jenazah yang positif corona ini cukup disayangkan. Sebagian orang seperti kehilangan hati nuraninya dikarenakan ketakutan berlebihan untuk wabah ini. Lalu bagaimana seharusnya umat muslim menyikapi ini? Bagaimana tanggapan agama islam?

Begini Tanggapan Islam Tentang Penolakan Jenazah Yang Tidak Mencerminkan Sikap Muslim

Tanggapan islam mengenai penolakan jenazah yang positif corona ini tentu tidak mencerminkan sikap seorang muslim. Dalam agama, kita diajarkan untuk memperlakukan sesama dengan baik. Namun adanya kasus seperti ini tentu bertentangan dengan ajaran agama islam. Apalagi jenazah yang mana seharusnya sudah dikebumikan namun justru mendapatkan penolakan hingga nyaris tidak bisa dimakamkan. Bahkan kejadian ini akhirnya mengundang banyak kecaman juga dari masyarakat.

۞ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.

Dalam ayat diatas, mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik. Sehingga Allah janjikan pahala terbaik dan tambahannya sebagai balasan bagi orang yang berbuat baik. Dengan bercermin pada ayat ini, maka sikap seorang muslim yang menolak jenazah karena takut wabah corona ini tentu bukan sikap yang tepat. Kita masih bisa melakukan usaha lainnya sebagai bentuk penjagaan diri. Jangan sampai wabah ini justru membuat kita melupakan hati nurani untuk berbuat baik pada saudara kita.

Tanggapan Islam Tentang Berbuat Baik Pada Sesama

Dalam resahnya wabah corona saat ini, seharusnya menjadikan kita sebagai seorang yang lebih sadar bahwa kita harus saling membantu. Apalagi sebagai manusia kodratnya adalah saling tolong-menolong. Selama hal tersebut dalam konteks kebaikan, maka Allah SWT pasti juga memberikan berkah. Dengan bercermin pada fenomena dan banyaknya kasus yang terjadi, seperti halnya penolakan jenazah yang akhir-akhir ramai dibicarakan. Ini bisa menjadi introspeksi terbaik untuk memperbaiki sikap kita sebagai seorang muslim.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Tanggapan islam -dengan banyaknya fenomena yang terjadi, tentunya harus disikapi dengan sikap yang mencerminkan seorang muslim. Kita semua wajib untuk waspada dan berusaha untuk bisa memerangi wabah ini. Namun jangan sampai ini membuat kita lupa kodrat sebagai manusia dan sesama.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!