Ibadah Salat Istisqa untuk Memohon Hujan, Tak Ada Salahnya Lakukan Sunnah Ini

0
253
ibadah salat istisqa

Ibadah salat istisqa – Musim kemarau panjang tengah melanda beberapa wilayah Indonesia. Salah satu daerah yang mengalami kondisi tersebut adalah Ciamis. Warga Ciamis pun ramai-ramai melakukan ibadah salat istisqa untuk memohon hujan.

Kemarau panjang seperti sekarang membuat sumur serta sumber mata air warga mengering. Kini, banyak warga di beberapa kecamatan Ciamis mengalami krisis air bersih. Kondisi tersebut tentu berbahaya jika berlangsung dalam waktu lama.

Ribuan Warga Ciamis Melaksanakan Ibadah Salat Istisqa

Sebanyak tujuh ribu warga yang tersebar di 27 Kecamatan Ciamis menggelar ibadah salat istisqa serentak. Warga yang berasal dari berbagai elemen itu mengikuti salat istisqa di alun-alun Ciamis. Imam yang memimpin salat tersebut adalah seorang tokoh ulama setempat bernama KH Bukhari Muslim.

Herdiat Sunarya selaku Bupati Ciamis mengatakan bahwa alasan diselenggarakannya salat istisqa karena air merupakan hal penting bagi semua makhluk. Kepada awak media, Herdiat menyebut terdapat 11 kecamatan dari 27 kecamatan sudah mengalami krisis air bersih. Sumur milik warga pun sudah surut drastis.

Warga setempat pun kini kesulitan memenuhi kebutuhan mereka untuk mandi, cuci, dan kakus atau MCK. Walaupun krisis air bersih, Herdiat mengaku pihaknya rutin mengirim pasokan air bersih dengan truk tangki dari PDAM Tirta Galuh. Herdiat berharap, kemarau panjang di tahun 2023 ini segera berlalu.

Sunnah Salat Istisqa

Sobat Cahaya Islam, ibadah salat istisqa merupakan salat khusus dalam islam untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Tujuan utama dari salat istisqa yaitu mendapat rahmat hujan dari Allah SWT sebagai rezeki dan penyejuk.  Biasanya, salat istisqa dilakukan imam serta jamaah umat islam bersama-sama.

Ini merupakan tindakan kolektif dalam menghadapi masalah kekeringan di dunia ini. Selain itu, salat istisqa menjadi cara untuk meningkatkan muslimin tentang ketergantungan kepada Allah SWT. Salat istisqa juga menjadi pengingat pentingnya doa dalam mengatasi permasalahan alam.

Namun tidak banyak orang tahu bahwa ada beberapa sunnah saat menjalankan ibadah salat istisqa. Berikut ini ada hal-hal yang disunnahkan dalam salat istisqa:

1.       Berjamaah

Hal sunnah pertama dalam salat istisqa adalah menjalankannya secara berjamaah, minimal ada imam serta makmumnya. Namun yang afdhal, pelaksanaan salat istisqa dengan mengerahkan seluruh anggota masyarakat. Itu mengisyaratkan bahwa semua hamba Allah SWT sudah bersimpuh memohon turunnya hujan dari Allah.

ibadah salat istisqa

Bentuk pelaksanaanya pun sama seperti salat ied sebagaimana yang tertuang dalam hadits:

إن رسول الله صلى الله عليه وسلم خرج متبذلا متواضعا متضرعا حتى أتى المصلى فلم يخطب خطبتكم هذه ، ولكن لم يزل في الدعاء ، والتضرع ، والتكبير ، وصلى ركعتين كما كان يصلي في العيد

“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam berjalan menuju tempat shalat dengan penuh ketundukan, tawadhu’, dan kerendahan hati hingga tiba di tempat shalat. Lalu beliau berkhutbah tidak sebagaimana biasanya, melainkan beliau tidak henti-hentinya berdoa, merendah, bertakbir dan melaksanakan shalat dua raka’at sebagaimana beliau melakukan shalat ‘Id” (HR. Tirmidzi no.558, ia berkata: “Hadits hasan shahih”)

2.       Bersedekah

Ada juga anjuran kepada orang-orang untuk memberikan sedekah, sebelum melaksanakan salat istisqa. Beberapa ulama berpendapat bahwa di antara tugas imam adalah menganjurkan orang-orang mengeluarkan sedekah.

ibadah salat istisqa

3.       Melakukan Puasa Sunnah

Ulama mazhab Al Hanabilah dan As Syafi’iyah menyatakan, termasuk sunnah berpuasa 3 hari sebelum melakukan salat istisqa berjamaah. Pasalnya puasa merupakan salah satu kunci terkabulnya doa. Ini sebagaimana hadits:

  “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.”(HR. Ahmad 2: 30)

4.       Mandi dan Bersiwak

Sunnah pula hukumnya bagi jamaah yang hendak mengikuti salat istisqa mandi dan bersiwak terlebih dulu. Alasannya, salat istisqa dikerjakan berjamaah yang membuat setiap orang bertemu dengan orang lain.

Sobat Cahaya Islam, itulah sunnah-sunnah ibadah salat istisqa yang bisa Sobat jalankan. Marilah Sobat berdoa bersama-sama agar hujan segera turun.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY