Mengetahui Target Sedekah dengan Tepat: List Siapa yang Termasuk Fakir Miskin

0
360
Mengetahui Target Sedekah dengan Tepat dengan List Siapa yang Termasuk Fakir Miskin

Target Sedekah yang tepat – Sobat cahaya islam suka kadang gedeg nggak sih kalo lihat pengemis di jalanan yang jelas jelas masih muda dan seger, harusnya mereka masih kuat kerja? Atau ada dari sobat cahaya islam disini yang suka nemuin tuh pengemis yang ga ngapa ngapain trus dia mintanya sambil maksa? – Serba salah nggak sih soalnya kita ngasih salah, enggak ngasih juga salah?! Haha

Bukankah jika kita memberikan sedekah kita maka kita sebenernya salah sasaran dalam bersedekah? – Bersedekah dalam islam itu adalah tindakan yang baik dan memang sebenernya harus dibiasakan menjadi tabiat yang baik. Ringan tangan dalam memberi kepada orang orang yang membutuhkan adalah berpahala. Namun jangan sampai dong kita salah  target dalam bersedekah.

Hindari Memberi “Mentahan” adalah Kunci Utama, Langsung Aja Pada Apa yang Dibutuhkan

Dalam hal ini, kita bukan melarang memberi sedekah dengan uang ya. Tentu itu boleh. Uang sobat cahayaislam sendiri tentu bisa digunakan sesuai keinginan. Namun sekarang ini banyak orang orang yang suka menyeleweng. Yang seharusnya uang digunakan untuk membeli apa yang dibutuhkan justru malah digunakan untuk kepentingan pribadi atau kebutuhan yang tidak berguna.

Selain itu, banyak sekali sekarang para pengemis atau peminta minta di jalan yang sebenarnya secara fisik masih mampu bekerja, tetapi memilih untuk menjadi pengemis. Aturan ini pula sudah dicantumkan dalam Pasal 24 Perda Nomor 5 Tahun 2014. Yang mana, aturan ini mencantumkan larangan untuk memberi uang pada mereka.

Intinya, Mungkin bisa sih bikin standar untuk diri kita sendiri untuk menentukan target sedekah yang tepat. Misalnya ingin memberi uang pada pengemis di jalan bisa kita beri standar hanya pada: Orang tua renta atau anak anak kecil.

Beberapa Target Sedekah yang Tepat dalam Ajaran Islam

Pada umumnya, dalam ajaran islam yang masuk sebagai target sedekah yang tepat adalah fakir miskin. Tetapi ada beberapa yang lainnya pula.

Diantaranya adalah Anak yatim, yang merupakan anak yang kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya. Memberikan sedekah kepada anak yatim sangat dianjurkan dalam Islam untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan perhatian dan kasih sayang.

Selain itu, ada juga Musafir. Para musafir atau orang yang berpergian jauh dan berada dalam keadaan kekurangan juga dianggap sebagai penerima sedekah yang tepat. Memberikan bantuan kepada mereka dalam bentuk makanan, minuman, atau dukungan finansial adalah perbuatan yang dianjurkan dalam Islam.

***

Mungkin setelah artikel sederhana dari tim cahaya islam kali ini sobat semua bisa lebih mempertimbangkan target mana yang tepat untuk tujuan sedekah kita. Jangan sampai kita salah lagi, karena pada dasarnya kebaikan juga perlu tepat sasaran. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk banyak sedekah – sedekah kita semua selanjutnya yaa. Aamiin

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY