Hari Pangan Sedunia, Muslim Jangan Khawatir tidak Bisa Makan  

0
16

Hari Pangan Sedunia – Jatuh setiap tanggal 16 Oktober yang merupakan bentuk apresiasi terhadap pejuang pangan. Di mana pangan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia selain papan (tempat tinggal) dan sandang (pakaian)

Pada tahun 2020 ini, Hari Pangan Sedunia, FAO (Food and Agriculture Organization) alias Organisasi Pangan Dunia mengangkat tema “Grow, Nourish, Sustan Together” yang berarti “Tanam, Pelihara dan Lestarikan Bersama”. Tema yang bagus tinggal bagaimana penerangan dalam kehidupan.

Manusia pasti membutuhkan makanan seperti halnya hewan dan tumbuhan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan manusia bisa hidup tanpa makan dalam kurun waktu tertentu. Sobat Cahaya Islam, sebagai umat Islam kita tidak perlu khawatir tidak bisa makan. Mengapa demikian?

Sebab Allah SWT Sang Penciptanya saja telah menjamin rezeki setiap makhluk-Nya sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 6.

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya.” (QS. Hud ayat 6).

Ayat di atas jelas Allah SWT telah menjamin kehidupan makhluknya. Kenyataannya, manusia kadang gusar dengan rezekinya. Sehingga, bela-belain mencari rezeki hingga lupa untuk bersujud kepada-Nya terkhusus yang lima waktu.

Muslim Jangan Khawatir Tidak Makan di Hari Pangan Sedunia

Umat Islam sebagai umat pilihan perlu menjadi teladan bagi lainnya dalam menghadapi beberapa kebutuhan termasuk pangan. Islam mengajarkan untuk tidak terlalu berlebih-lebihan dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Jadi khawatir tidak makan tidak diperkenankan.

Cara Muslim Menghindari Khawatir Tidak Makan

  1. Yakin Rezeki Telah Dijamin Allah SWT

Manusia hanyalah salah satu dari sekian banyak makhluk Allah SWT. Lihatlah sekeliling kita ada laba-laba yang makanannya serangga, padahal kebanyakan serangga bisa terbang, nyatanya laba-laba pun tetap bisa makan. Yakinlah setiap orang punya rezeki, bahkan dari tempat yang tidak ia sangka-sangka terlebih dahulu.

  1. Berusaha dengan Cara yang Halal

Berusaha mencari rezeki dengan cara yang sesuai ajaran agama Islam, yakni dengan melakukan pekerjaan yang halal. Ingat, makanan yang berasal dari pekerjaan yang tidak halal dapat mempengaruhi kehidupan.

Apabila telah berusaha, semisal berdagang seharian suntuk dan belum ada pembeli yang berakar hingga sukses. Alhasil, tidak ada pendapatan sekalipun, jangan berkecil hati, bisa jadi Allah SWT sedang menguji kalian dan telah mempersiapkan rezeki dari jalan lain.

  1. Berdoa Ditegakkan

Berdoa tetap dilanggengkan setiap sebelum dan setelah berusaha. Mengingat kenyataan bukanlah mutlak usaha manusia melainkan dengan campur tangan Allah SWT, yang Maha Tahu yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya.

  1. Tidak Lupa Memberikan Sebagian Harta

Ketika sudah mendapat rezeki, berikan sebagian harta untuk orang lain yang membutuhkan. Setiap harta milik kita ada hak milik orang lain, oleh karena itu sebaiknya sisihkan terlebih dahulu harta untuk infak, zakat, atau sedekah setelah mendapat rezeki.

  1. Bersyukur

Berbahagia kalian dapat melewati beberapa tahapan dari mulai percaya tentang jaminan rezeki, berusaha, berdoa, hingga memberikan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan. Kalian termasuk orang yang beruntung, bersyukurlah.

Bersyukur setidaknya dengan mengucap hamdalah, termasuk membaca doa setelah makan juga tergolong bersyukur. Mudahkan!

Sobat Cahaya Islam, lima poin di atas semoga dapat menambah pengetahuan kita agar jangan khawatir tidak makan di peringatan Hari Pangan Sedunia ini. Menjadi makhluk tidak perlu khawatir karena sudah ada Khaliq atau Pencipta yang telah mengaturnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!