Berikan Ucapan Momen Pernikahan yang Baik Saat Datang ke Walimah Nikah

0
347
ucapan momen pernikahan

Ucapan Momen Pernikahan – Pernikahan adalah momen yang sakral dan penuh dengan kegembiraan bagi semua orang. Tak heran jika para tamu undangan akan saling memberikan ucapan momen pernikahan yang baik.

Ucapan tersebut tentu akan membekas di hati pengantin yang tengah berbahagia. Apalagi jika ucapan pernikahan dari tamu berisi doa dan harapan untuk kebahagiaan mempelai.

Memberikan Ucapan Momen Pernikahan yang Baik

Para tamu undangan sering kali merasa bingung saat hendak memberikan ucapan momen pernikahan terbaik untuk mempelai. Jika Anda tengah mengalami hal tersebut, maka ucapan selamat menikah islami merupakan solusi paling tepat.

Walaupun begitu, banyak orang yang masih merasa kebingungan apakah tulisan ucapan menikah  mereka sudah layak untuk disampaikan atau belum. Bukan itu saja, tak jarang mereka merasa bingung apakah ucapan tersebut sudah bermakna bagi mempelai atau justru belum.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa menulis kartu ucapan menikah tergolong sulit untuk tamu lakukan. Padahal ucapan seperti itu sangat tamu butuhkan untuk kartu kado pernikahan ataupun mengucapkan kepada pengantin secara langsung.

Rekomendasi Ucapan Pernikahan Islami yang Baik

Sobat Cahaya Islam, jika Anda hendak menghadiri momen pernikahan maka tidak perlu khawatir. Berikut ini ada rekomendasi ucapan momen pernikahan islami terbaik yang bisa Anda tiru:

1.       Baarakallahu laka, artinya semoga Allah memberi keberkahan kepadamu.

2.       Selamat berbahagia dalam menempuh rumah tangga, semoga (nama pengantin) menjadi sebuah keluarga yang Sakinah, mawaddah, dan warahmah.

3.       Semoga Allah SWT senantiasa menuntun dirimu dan pasanganmu dalam meraih cinta-Nya

4.       Selamat berbahagia, selalu jadikan niat menikah sebagai ibadah untuk mengikuti anjuran sunnah nabi Muhammad SAW.

5.       Semoga kalian (nama pengantin) senantiasa mendapat petunjuk dari Allah SWT di dalam setiap langkah dalam rumah tangga

6.       Semoga pernikahan ini akan memberikan berkah kepada (nama pengantin) hingga akhir hayat.

7.       Semoga (nama pengantin) selalu  bersama sampai akhir hayat dan bertemu kembali di surga-Nya nanti.

Adab Menghadiri Undangan Pernikahan

Sobat Cahaya Islam, ketika datang ke momen pernikahan, Anda tak hanya perlu memberikan ucapan selamat. Berikut ini ada beberapa hal tentang menghadiri undangan pernikahan dalam islam yang perlu Anda pahami:

1.       Memenuhi Undangan Pernikahan

Pada dasarnya, wajib hukumnya seseorang datang untuk memenuhi undangan. Pasalnya nabi Muhammad SAW bersabda:

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

“Jika salah seorang diantara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah” (HR. Bukhari no. 5173).

Orang yang tengah berpuasa pun tetap wajib untuk memenuhi undangan walimah pernikahan tersebut.

2.       Mendoakan Keberkahan untuk Mempelai

Tak hanya datang, Anda juga perlu memanjatkan doa demi keberkahan bagi mempelai yang tengah berbahagia. Salah satu doa yang bisa Anda panjatkan sebagai tamu yaitu:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud no. 2130).

3.       Mendoakan Orang yang Telah Mengundang Sesudah Selesai Makan

Islam adalah agama yang sempurna dalam hal apapun termasuk adab pernikahan. Di antara sunnah yang kerap kali terlupakan yaitu mendoakan orang yang mengundang sesudah makan.

Doa yang sunnah untuk Anda baca yaitu:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR. Muslim no. 2055).

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa ucapan momen pernikahan islami yang bisa Anda baca. Harap perhatikan dan jalankan adab saat datang ke undangan agar mendapat keberkahan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY