Mengatasi NPD (Narcissistic Personality Disorder) via Ajaran Rasulullah

0
27
Mengatasi NPD (Narcisisstic Personality Disorder) via Ajaran Rasulullah

Mengatasi NPD – Ada dari sobat cahaya islam disini yang suka atau memang mempelajari psikologi klinis? Beberapa kajian yang banyak sekali dipelajari dalam hal ini adalah tentang kesehatan mental. Satu mental disorder yang paling banyak ditemui adalah NPD atau yang lebih detailnya adalah Narcissistic Personality Disorder atau penyakit Narsis. Kita akan bahas cara mengatasinya cara islam disini:

Firaun – Contoh jelas orang dengan gangguan NPD yang dikisahkan dalam Al Quran

Dalam al quran, kisah firaun sangat jelas merupakan contoh NPD dalam level yang sangat parah. Sosoknya bahkan banyak menyebabkan hal buruk terjadi di muka bumi. Dia keras hati, tidak mau mendengar pendapat orang lain, memperbudak manusia, merasa paling agung dan congkak melampaui batas hingga dirinya mengaku sebagai Tuhan alam semesta.

Sifat firaun ini sejenis dengan orang yang memiliki NPD. Mereka cenderung memiliki penilaian tanpa cela pada diri mereka, sehingga tak mampu untuk menerima masukan baik dari orang lain atau menganggap orang lain lebih rendah daripada dirinya. Karakter ini sangat angkuh dan tidak mampu melakukan introspeksi diri dari dosa dan kesalahan.

Cara mengatasi NPD dengan kembali di jalan ajaran Allah dan Rasul

Berikut ini kami akan mencoba mengutip ayat Al Quran dan hadits yang seharusnya menjadi pedoman untuk menjalani hidup dengan baik dan pasti bisa direnungkan untuk mengatasi NPD:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا

Dalam surat At Talaq ayat 12 diatas dijelaskan bahwa Allah adalah dzat pencipta tujuh langit dan bumi. Hal ini harus diyakini agar kita tahu bahwa Allah adalah maha kuasa atas segala sesuatu. Kita harus sadar bahwa kita hanya manusia yang lemah dan tidak tahu banyak hal. Itu yang menjadi landasan bahwa sikap angkuh harus jauh dari hati kita. Itulah cara mengatasi NPD.

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْحَارِثِ بْنِ عَاصِمٍ الْأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم “الطَّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ، وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآنِ -أَوْ: تَمْلَأُ- مَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، وَالصَّلَاةُ نُورٌ، وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ، وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ، وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَك أَوْ عَلَيْك، كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو، فَبَائِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا”.

Dalam hadits nawawi diatas dijelaskan bahwa manusia melanjutkan jalan hidupnya, mempertaruhkan diri dalam kehidupan. Namun hanya dua hasil, hal yang membebaskan dirinya dan hala yang mencelakakannya.

Orang yang memiliki NPD adalah orang yang tidak aware dengan dirinya dan kekuasaan Allah. Mereka adalah orang yang jauh tersesat dari ajaran islam, sehingga pada akhirnya sifat dan kelakuan mereka akan membawa mereka pada hasil yang celaka. Yang perlu dilakukan untuk itu dan bisa mengatasi NPD mereka adalah kembali ke jalan Allah.

***

Banyak sekali dari orang orang yang telah menghadapi orang dengan NPD dalam hidup mereka dan sampai akhirnya mereka bisa lepas dari mereka. Sungguh perjuangan yang cukup berat para Narcissistic Survivor tersebut. Artikel sederhana ini mungkin masih belum sempurna menjelaskan banyak hal untuk mengatasi NPD (dalam diri sendiri maupun orang lain yang ada dalam hidup kita), namun paling tidak ada hal yang bisa anda gunakan sesuai dengan ajaran islam dalam hidup yang kita jalani ini. Semoga selalu memberikan manfaat yaa.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!