Menemukan Barang yang Bukan Milik Anda? Ini yang Harus Anda Lakukan!

0
2176

Banyak kasus dimana orang menemukan barang yang bukan miliknya kemudian mengklaim bahwa benda itu menjadi miliknya, terlebih bila ada benda-benda yang berharga didalamnya. Bahkan ada istilah “siapa cepat dia dapat, siapa yang menemukan dia memilikinya”. Hal ini sebenarnya tidak mencerminkan adab perilaku orang-orang islam yang beriman. Rasulullah telah memberikan ajaran tentang apa yang harus dilakukan bila anda menemukan barang yang bukan milik anda. Cek deh!

Menyiarkan tentang benda hilang tersebut agar diambil pemiliknya

 

Dalam hadits riwayat Ibnu Majjah bernomor hadits 2505 dan 2506 kita bisa ketahui bahwa bila kita menemukan benda yang bukan milik kita, kita diwajibkan oleh Rasulullah untuk menyiarkan kabar tentang benda tersebut disekitar kita, dan kita harus menunggu selama 1 tahun penuh. Bila dalam jangka waktu tersebut tidak ada yang mengklaim kepemilikian benda tersebut, maka anda bisa memilikinya. Namun dalam lingkungan sosial yang ruwet sekarang ini, anda perlu berhati-hati karena banyak orang yang memiliki niyatan jahat untuk mengambil benda tersebut untuk dirinya sendiri. Jadi anda perlu memastikan benar apakah benda tersebut benar-benar milik orang tersebut ketika dia datang untuk mengklaim kepemilikannya tersebut.

Bila ada tanda pengenal pada benda tersebut, maka lebih mudah

Benda yang sering sekali hilang di zaman sekarang ini adalah dompet misalnya. Biasanya dompet yang kita temukan berisi tanda pengenal dari sang pemilik. Maka hal ini lebih mudah, dan anda hanya perlu menghubungi alamat tanda pengenal dari si empunya dompet tersebut. Jadi tidak peduli benda apapun itu, bila anda menemukannya dan itu memiliki pengenal tentang pemiliknya, maka ada baiknya anda langsung menghubungi pihak yang terkait tanpa harus menyiarkan benda tersebut kemasyarakat luas.

Anda bisa menggunakan sosial media untuk menyiarkan benda hilang tersebut

Sebenarnya menemukan barang yang hilang dizaman serba modern sekarang sudah bisa lebih mudah ditangani, anda bisa melaporkannya kepada pihak yang berwajib untuk menyimpannya dan bila ada orang yang melaporkan kehilangan maka mereka akan mengembalikannya. Namun bila anda kurang yakin dengan memasrahkannya kepada pihak berwajib, maka anda bisa mengerahkan sosial media yang anda gunakan untuk menyiarkan benda tersebut. Anda bisa menginformasikannya lewat chat atau media lainnya, dengan catatan harus tetap berhati-hati.

Nah, kira-kira itulah hal-hal yang perlu anda lakukan ketika anda menemukan barang yang bukan milik anda. Yang pasti bila anda menemukan benda hilang yang bukan milik anda, anda harus menyingkirkan pemikiran untuk “memiliki” benda tersebut dari kepala anda. Ingat! Benda itu bukan milik anda dan mungkin saja Allah sedang menguji kejujuran anda pada saat itu. Semoga bisa dipraktekkan ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!