Bagaimana Cara Membiasakan Sikap Bekerja Keras Agar Tetap Semangat dan Konsisten?

0
80
Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras

Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras – Bekerja keras adalah ketika Anda melakukan sesuatu secara sungguh-sungguh, tak kenal lelah maupun lemah dan juga pantang menyerah dalam menghadapi cobaan saat melakukan pekerjaan tersebut. Namun, tidak semua orang memiliki sifat ini. Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras agar tetap semangat dan konsisten?

Bagaimana Cara Membiasakan Sikap Bekerja Keras

Sikap kerja keras dapat terbentuk dari kegiatan yang kita lakukan terus menerus sehingga menjadi kebiasaan. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu membentuk sikap bekerja keras.

1.    Menetapkan Goals yang Jelas

Pertama Anda harus memiliki tujuan hidup. Tetapkan goals yang jelas secara spesifik dan juga terukur. Jangan lupa memastikan tujuan hidup Anda bisa dipecah dalam tugas-tugas yang lebih rinci sebagai tugas kecil guna memudahkan pelaksanaan dan pencapaiannya.

Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras

2.    Membuat Rencana Kerja

Rencana kerja sangat penting dalam membentuk kebiasaan sikap bekerja keras. Karena jika sudah menentukan tujuan hidup namun tak tahu bagaimana rencana untuk mencapainya juga tidak akan tercapai.

Buatlah rencana kerja dengan 3 kelompok waktu yaitu rencana kerja untuk harian, rencana kerja mingguan dan juga rencana kerja bulanan. Penyusunan rencana kerja ini sangat membantu Anda mengatur waktu secara efisien. Selain itu juga akan membuat lebih fokus pada tugas terpenting dahulu.

3.    Pilah-Pilah Tugas Sesuai Prioritas

Lakukan identifikasi pada setiap tugas, mulai dari yang terpenting hingga tidak terlalu penting. Kemudian pilah-pilah mana tugas penting yang paling perlu untuk segera diselesaikan sebagai prioritas.

Selesaikan tugas yang paling prioritas terlebih dahulu. Karena tugas yang memiliki prioritas tinggi memiliki urgensi yang tinggi untuk segera selesai dan juga memiliki dampak lebih besar terhadap goals hidup Anda. Sebagaimana yang tertuang dalam Al Qur’an Surat ar-Ra’d di ayat 11:

Dalil di atas menjelaskan bahwa setiap keadaan itu dapat kita ubah dengan usaha kerja keras. Jadi jika ingin meraih tujuan hidup kita, maka kita sendirilah yang harus melakukannya. Salah satunya dengan melakukan tugas sesuai prioritas.

4.    Membuat Rutinitas

Salah satu cara agar otak kita dengan mudah beradaptasi yaitu melalui pembentukan rutinitas. Kegiatan yang kita lakukan secara rutin dan konsisten akan membantu otak menangkap kegiatan tersebut sebagai kebiasaan, sehingga bukan menangkapnya sebagai hal yang tidak menarik.

Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras

Akan lebih baik lagi, jika setiap kegiatan telah Anda alokasikan waktunya. Misalnya untuk mengerjakan tugas A ke tugas B alokasi waktunya sekian, lalu untuk istirahat sekian. Dengan demikian rutinitas Anda akan lebih teratur dan terbiasa untuk bekerja keras.

5.    Menetapkan Timeline / Batas Waktu

Setelah Anda menyusun tugas, rencana, hingga melaksanakannya, kini saatnya menentukan timeline agar tahu batas waktu penyelesaiannya. Tetapkan batas waktu penyelesaian di setiap tugas Anda.

Bisa dengan bantuan membuat timeline sehingga dapat tersusun jelas tenggat waktu di setiap tugas. Cara ini dapat membantu Anda lebih produktif dan juga mencegah sifat prokrastinasi. Sebagaimana yang tertuang dalam Al Qur’an Surat an-Nisa’ di ayat 95:

Kata jihad dapat juga diartikan sebagai kerja keras. Apabila kita tak mudah menyerah, melakukan pekerjaan sengan gigih, terus produktif dan tidak menunda-nunda maka Allah janjikan pahala yang besar.

Kini Anda sudah mengetahui dan memahami jawaban pertanyaan ‘Bagaimana cara membiasakan sikap bekerja keras’. Lakukan cara di atas secara bertahap dan konsisten. Tetap semangat dan terus bekerja keras meraih mimpi!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY