Bangun Shalat Malam dan 3 Talian Syetan!

0
549

Bangun Shalat Malam dan 3 Talian Syetan – Sobat Cahayaislam yang diridhai Allah, tentunya sudah tahu dong bahwa satu waktu yang paling mustajab di Indonesia ini adalah waktu sepertiga malam yang akhir, dimana kita bisa melaksanakan shalat malam dan berdoa meminta segala sesuatu yang kita butuhkan kepada Allah. Shalat malam atau shalat tahajud telah kami ulas pula dalam artikel lain sebagai tips untuk lebih dekat dengan Allah dan pembuka pintu rejeki serta banyak manfaat-manfaat lain. Terlepas dari hal itu, sobat Cahayaislam tahu nggak sih kalau Syetan memberikan 3 rangkaian ikatan pada diri kita ketika kita tidur, dan baru terlepas ketika kita shalat malam.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ بِاللَّيْلِ بِحَبْلٍ فِيهِ ثَلاَثُ عُقَدٍ فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِذَا قَامَ فَتَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا فَيُصْبِحُ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ قَدْ أَصَابَ خَيْرًا وَإِنْ لَمْ يَفْعَلْ أَصْبَحَ كَسِلاً خَبِيثَ النَّفْسِ لَمْ يُصِبْ خَيْرًا ‏”

Lepasnya ikatan pertama karena ingat kepada Allah

Satu dari tiga ikatan syetan pada diri kita tersebut menurut hadits diatas akan terlepas dengan sendirinya ketika kita terbangun dari tidur dan kemudian ingat kepada Allah. Hal ini tentunya bagus bila dijadikan sebuah kebiasaan kita setelah bangun dari tidur. Membaca doa bangun dari tidur dan bersyukur kepada Allah karena masih diberi izin untuk membuka mata pada hari itu. Dengan ini sobat terlepas dari ikatan yang pertama.

Lepasnya ikatan kedua karena berwudhu

Setelah ikatan pertama syetan terlepas karena ingatnya kita kepada Allah setelah bangun, ikatan syetan selanjutnya pun terlepas setelah kita bangkit dan mengambil air wudhu. Jadi sobat perlu bergegas mengambil air wudhu untuk bisa terlepas dari ikatan kedua. Diberbagai pondok pesantren yang menjadwalkan waktu doa malam untuk santrinya, Tim Cahayaislam banyak menemukan fenomena dimana santri-santri yang bangun hanya duduk kemudian berdoa saja (tanpa berwudhu dan shalat malam), kemudian kembali tidur. Nah, orang yang melakukan hal demikian menurut hadits diatas belum terlepas dari ikatan kedua syetan.

Lepasnya ikatan ketiga karena berdiri untuk shalat malam

Setelah bangun mengingat Allah, kemudian mengambil air wudhu, ikatan ketiga dari syetan akan terlepas ketika dirinya kemudian melanjutkan berdiri untuk melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud. Pada intinya, gambaran ikatan-ikatan tersebut merupakan ajakan-ajakan baik untuk melaksanakan shalat malam. Untuk lebih amannya, ketika kita bangun ditengah malam, kita langsung saja bangkit dari tempat tidur dan mengambil wudhu, kerena biasanya kalau kita bangun dan kemudian duduk terlebih dahulu, maka syetan akan menggoda kita untuk kembali berbaring pada tempat tidur kita.

Dalam hadits itu dijelaskan bahwa mereka yang berhasil mengatasi bangun malam dan 3 talian syetan tersebut akan mendapatkan faidah badan yang segar dan lebih bersemangat. Beberapa alim ulama bahkan ada yang mengatakan bahwa dengan melepaskan diri dari 3 talian syetan tersebut kita akan mendapatkan kefadholan lebih dekat dengan Allah dan keimanan yang kuat serta terlindung dari godaan syetan. Nah, semoga kita bisa terlepas dari ikatan-ikatan syetan tersebut ya! Amiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!