Bagaimana Mendidik Anak Dalam Cinta Kasih yang Sesuai Ajaran Islam?

0
341
mendidik anak dalam cinta kasih

Mendidik anak dalam cinta kasih – Anak merupakan anugerah terindah dan rezeki dari Allah SWT. Karena itu, setiap orangtua pasti mempunyai cara mendidik anak agar mereka tumbuh dengan optimal. Salah satu caranya yaitu dengan mendidik anak dalam cinta kasih yang sesuai ajaran islam.

Rasa cinta dan kasih sayang dari orangtua dapat dilakukan dengan sikap ramah, perhatian, penuh kesabaran, sampai pujian. Jangan sampai berpikir bahwa hanya uang yang dapat membahagiakan anak. Cinta dan kasih sayang sangatlah penting untuk tumbuh kembang buah hati.

Perlunya Mendidik Anak Dalam Cinta Kasih

Sobat Cahaya Islam, menyayangi dan mendidik anak merupakan rasa syukur atas titipan Allah SWT tersebut. Adapun salah satu cara mendidik anak adalah dengan menanamkan rasa sayang kepada mereka sejak usia dini.

Sentuhan kecil seperti ciuman dan pelukkan sayang juga membuat anak merasa aman. Dengan begitu, anak juga akan memberikan rasa cintanya kepada orangtua sebagai timbal baliknya.

Kendati demikian, dalam mendidik dengan cinta dan kasih sayang, orangtua juga perlu mengimbanginya bersama kedisiplinan. Hal itu bertujuan agar anak tidak menjadi pribadi yang egois, manja, ataupun keras kepala. Banyak sekali manfaat yang bisa orangtua dapatkan saat mendidik anak dengan kasih sayang.

Salah satu manfaatnya adalah membuat anak lebih sukses lantaran membantu kesehatan dalam mental, fisik, sampai perkembangan otak. Pendidikan seperti ini juga membantu menciptakan ikatan lebih kuat antara orangtua dengan anak-anaknya.

Cara Mendidik Anak dengan Cinta Kasih dalam Ajaran Islam

Sobat Cahaya Islam, agama islam juga menganjurkan upaya mendidik anak dalam cinta kasih yang sesuai dengan ajaran agama. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Sobat lakukan untuk mendidik anaknya dalam cinta dan kasih sayang:

1.       Berdoa

Dalam mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang, orangtua perlu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab Allah SWT selalu memerintahkan agar hambanya memanjatkan doa dalam hal apapun, termasuk saat mendidik anak. Selain itu, hidayah berada di tangan Allah SWT, termasuk untuk menumbuhkan rasa cinta dan sayang dalam hati anak-anak.

Ada contoh doa yang bisa Sobat amalkan dan telah dipraktekkan oleh nabi-nabi di masa lampau. Salah satunya doa Nabi Zakaria yang berbunyi:

 رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

ROBBI HAB LII MIN LADUNKA DZURRIYYATAN THOYYIBATAN, INNAKA SAMII’UD DU’AA’” [Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa].” (QS. Ali Imron: 38).

2.       Perbaikan Diri Orangtua

Untuk mendidik anak-anak dengan cinta dan kasih sayang, orangtua juga perlu memperbaiki dirinya sendiri. Karena itu, Sobat sebagai orangtua juga harus selalu berusaha menjadi pribadi yang baik, taat agama, dan saleh ataupun salehah. Mengingat anak adalah peniru ulung dan bisa menjadikan orangtua sebagai contoh dalam kehidupannya.

mendidik anak dalam cinta kasih

Hal ini sejalan dengan:

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا

Adapun dinding rumah adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh.” (QS. Al-Kahfi: 82). 

3.       Memberikan Pendidikan Agama

Islam adalah agama yang penuh dengan cinta dan kasih sayang untuk umatnya dimana saja. Karena itu, memberikan pendidikan agama adalah pondasi kuat dalam mendidik anak dengan cinta dan kasih sayang. Dengan pendidikan agama, anak akan mendapatkan kasih sayang yang berguna untuk dunia dan akhirat kelak.

mendidik anak dalam cinta kasih

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At-Tahrim: 6).

Sobat Cahaya Islam, seperti itulah hal-hal yang bisa Sobat lakukan dalam upaya mendidik anak dalam cinta kasih. Tunjukkan kasih sayang seterang-terangnya kepada anak agar keluarga Sobat selalu hidup dalam perasaan cinta dan kasih sayang. 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY