Membantu Sesama Manusia, Perlukah?

0
106
membantu sesama manusia

Ceramah Agama – Membantu sesama manusia adalah salah satu sifat yang terpuji. Tindakan ini termasuk dalam jajaran akhlaqul karimah. Perbuatan membantu sesama manusia memang menjadi perilaku mulia. Tindakan ini bahkan sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Perilaku membantu atau menolong sesama manusia memberikan berbagai macam dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itulah, Allah SWT akan memberikan pahala bagi orang yang membantu saudaranya.

Membantu Sesama Manusia

Dalam ceramah agama islam, tindakan membantu sesama suatu perbuatan yang sangat istimewa. Akan tetapi dalam melakukan tindakan ini perlu digaris bawahi. Perbuatan membantu atau tolong menolong dalam syariat agama islam harus dalam kebaikan.

Sobat cahaya islami, perbuatan membantu sesama memang termasuk dalam tindakan yang bagus. Tindakan ini tentu saja akan meringankan orang yang membutuhkan bantuan. Dalam ceramah agama, tindakan membantu orang yang membutuhkan akan membuat Allah SWT ridho.

Perintah Untuk Membantu Sesama Dalam Agama Islam

Terkadang seorang manusia dalam kegiatan sehari – hari membutuhkan bantuan dari saudaranya. Seorang manusia yang menutuhkan bantuan biasa ia dalam kondisi yang sulit. Uluran tangan orang lain tentu saja akan sangat berharga. Oleh sebab itulah, maka dalam ceramah keagamaan tindakan membantu sangatlah mulia.

Sobat cahaya islami, membantu sesama memang sangat dianjurkan dalam ajaran agama islam. Tindakan mulia ini akan sangat menolong orang yang memerlukan bantuan. Dalam ceramah agama isalam pun tindakan membantu sesama mendapatkan predikat yang istimewa.

Dalam ajaran islam, tindakan membantu sesama adalah perbuatan yang sangat bagus. Bahkan dalam sebuah hadits terdapat perintah untuk melaksanakan perbuatan terpuji. Berdasarkan ceramah agama islam, hadits yang meriwayatkan perintah membantu sesamai ini dalam muslim nomer 2699 dengan arti:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَءِ الْهَمْدَانِيُّ – وَاللَّفْظُ لِيَحْيَى – قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا وَقَالَ الآخَرَانِ، حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ وَمَنْ بَطَّأَ بِهِ عَمَلُهُ لَمْ يُسْرِعْ بِهِ نَسَبُهُ ‏”‏ ‏.‏

Barangsiapa yang meringankan penderitaan saudara laki-lakinya dari penderitaan dunia, Allah akan meringankan penderitaannya dari penderitaan Hari Kebangkitan, dan barangsiapa yang menemukan kelegaan bagi orang yang tertekan, Allah akan membuat segalanya mudah baginya. Di akhirat, dan dia yang menyembunyikan (kesalahan) seorang Muslim, Allah akan menyembunyikan kesalahannya di dunia dan di akhirat. Allah ada di belakang seorang hamba asalkan hamba itu ada di belakang saudaranya, dan siapa pun yang menginjak jalan untuk mencari ilmu, Allah akan membuat jalan itu mudah, mengarah ke Firdaus untuknya dan orang-orang yang berkumpul di rumah di antara rumah-rumah Allah (masjid) dan membaca Kitab Allah dan mereka belajar dan mengajar Al-Qur’an [1]

Menurut ceramah agama, hadits di atas menunjukkan betapa besar keutaman seorang muslim yang membantu sesama. Seorang muslim yang membantu saudaranya ketika susah, maka allah swt juga akan menolongnya saat merasa susah dihari kiamat. Hal ini tentu saja menjadi karunia luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada seorang muslim.

Keutamaan Orang Yang Membantu Sesama Sesuai Dengan Agama Islam

Sobat cahaya islami, telah diketahui bersama bahawa perbuatan membantu sesama termasuk dalam akhlak yang terpuji. Dikatakan sebagai perilaku terpuji lantaran mendatang rasa bahagia bagi orang yang dibantu. Dalam ceramah agama, perilaku membantu sesama ini menjadi perbuatan yang disukai oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, seorang manusia yang melakukan perbuatan ini akan mendapat pahala.

Membantu sesama manusia selama hidup di dunia memang menjadi bagai yang penting. Hal ini bisa terjadi karena kegiatan ini memiliki berbagai macam keutaman. Berikut ini berbagai macam keutamaan membantu sesama menurut ajaran agama islam

Sebagai perbuatan yang mendatangkan pahala

Perilaku membantu sesama merupakan perbuatan yang terpuji. Perilaku ini mampu meringan beban orang dibantu. Dalam ajaran agama islam, seorang muslim yang membantu saudaranya akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Pahala yang besar ini mampu menuntun seorang muslim menuju surga.

Mendatangkan keberuntungan yang besar

Mendatangkan keberuntungan menjadi keutaman bagi orang yang mmmbantu sesama manusia. Keberuntugan yang besar di sini berupa balasan surga dari Allah SWT. Dengan mendapat surga dari Allah SWT, maka kehidupan di akhirat akan menkadi lebih menyenangkan. Itulah keuntungan besar yang Allah SWT janjikan

Akan dibalas dengan kebaikan lain oleh Allah SWT

Sobat cahaya islami, dalam ceramah agama seorang muslim yang membantu sesama akan mendapat balas dari Allah SWT. Balasan itu bisa diberikan di dunia maupun di akhirat. Balasan yang Allah SWT berikan pasti akan membuat hati menjadi senang dan bahagia.


Catatan Kaki

[1] H.R. Muslim no. 2699 (sahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!