Apa Manfaat Menabung dan Kerugian Berhutang Berdasarkan Islam?

0
111
apa manfaat menabung

Apa Manfaat Menabung – Masyarakat modern saat ini banyak yang belum sadar manfaat menabung. Padahal menabung memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Sejak kecil, guru sudah mengajarkan anak-anak untuk senang menabung. Bahkan ada juga lagu tentang menabung agar anak-anak sejak kecil terbiasa dan senang menyisihkan uang serta mampu berhemat.

Menabung memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sedangkan berhutang akan membuat seseorang mengalami banyak masalah. Rasulullah mencontohkan agar seseorang tidak senang berhutang dan lebih baik memperbanyak bersedekah. Rasulullah sendiri adalah pribadi yang kaya namun semua hartanya telah dihabiskan untuk dakwah Islam sehingga tidak memiliki tabungan.

Bagi masyarakat modern seperti sekarang ini menabung sangatlah penting agar terhindar dari hutang. Menabung juga menjadi solusi agar kita tidak mudah terperangkap dalam riba.

apa manfaat menabung

Apa Manfaat Menabung?

Sobat cahaya Islam, menabung adalah kebiasaan orang-orang yang pandai dalam manajemen keuangan. Menabung bisa dikatakan juga sebagai salah satu bentuk investasi. Uang ditabung untuk cadangan masa depan atau untuk memenuhi target masa depan. Apabila seseorang tidak memiliki tabungan sama sekali maka akan mengalami kesulitan ekonomi apabila terjadi hal-hal yang tidak dapat diprediksi.

1. Terhindar dari Kesulitan Ekonomi Disaat Tak Terduga

Misalnya saja seperti saat terjadi pandemi seperti ini. Seseorang yang di PHK dan tidak memiliki tabungan akan merasa kebingunan untuk membeli kebutuhan pokok. Namun jika seseorang memiliki tabungan maka uang tabngan dapat digunakan untuk memulai usaha sehingga masih tetap memiliki kesempatan menghasilkan uang dengan cara lain.

apa manfaat menabung

2. Mampu Membeli Barang Impian Tanpa Riba

Ketika seseorang memiliki tabungan maka saat menginginkan barang impian atau ingin melakukan liburan tentu akan lebih mudah terpenuhi tanpa bingung mencari pinjaman.

3. Merasa Tenang karena Bebas Hutang

Orang yang memiliki tabungan biasanya tidak terlalu suka berhutang sehingga merasa tenang. Orang yang memiliki hutang cenderung hidupnya penuh dengan tekanan apalagi jika hutang yang dipinjam adalah hutang riba.

apa manfaat menabung

4. Memiliki Modal untuk Investasi

Jika anda memiliki tabungan akan lebih baik jika uang bukan hanya ditabung saja namun juga diinvestasikan dalam bentuk usaha agar uang terus berputar sehingga tabungan semakin bertambah.

Kerugian Menabung

Setelah mengetahui mengenai Apa Manfaat Menabung maka selanjutnya sobat cahaya Islam juga perlu mengetahui kerugian menabung. Di zaman sekaran gini berhutng di bank sudah menjadi hal biasa. Hutang riba atau semua perilaku riba memiliki dosa yang sangat besar bahkan seperti dosa berzina dengan ibu kandung sendiri seperti dalam sebuah hadist berikut ini:

“Riba itu ada 73 pintu, yang paling ringan, seperti orang yang berzina dengan ibunya. Dan riba yang paling riba adalah kehormatan seorang muslim”. (HR. Hakim 2259 dan dishahihkan ad-Dzahabi).

Allah akan menghancurkan orang yang melakukan transaksi riba dan juga orang yang berhutang namun berniat tidak mengembalikan

Orang yang terlilit hutang cenderung banyak tekanan apalagi jika sudah tiba waktu pembayaran hutang namun uangnya belum ada. Orang yang melakukan kredit juga termasuk orang yang melakukan transaksi riba sehingga Allah melaknatnya. Semoga kita terhindar dari hutang apalagi riba.

Menabung memang memiliki banyak manfaat. Selain manfaat tersebut masih ada banyak manfaat lainnya. Namun sobat cahaya Islam harus menyadari bahwa sebanyak apapun uang tabungan jika tidak disedekahkan maka akan menjadi beban diakhirat nanti.

Di dalam harta yang kita punya ada hak orang lain sehingga wajib bagi kita untuk mengeluarkan zakat. Jangan sampai kita terperdaya dengan dunia dan terlalu menciantai harta dunia sehingga akan menyebabkan kita menyesal di akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!