Membahagiakan Orang Tua Nggak Harus Nunggu Kaya!?

0
21
Membahagiakan Orang Tua Nggak Harus Nunggu Kaya

Membahagiakan Orang Tua – Nggak seperti dalam kebudayaan barat. Budaya timur seperti di Indonesia sangat mengagungkan sosok orang Tua dalam kehidupan. Tidak lain dan tidak bukan karena orang tua memiliki jasa yang teramat sangat banyak dalam kehidupan. Memang sih ada beberapa jenis orang tua yang termasuk Bad Apple yang karena satu dua hal ternyata berbuat dzolim kepada anaknya. Tetapi mereka tetap orang tua kita.

Banyak banget lho, pembaca dan sobat cahaya islam yang curhat dan ngobrol dengan kami. Tentang kehidupan mereka dan masalahnya. Termasuk bagaimana mereka takut bahwa mereka belum bisa membahagiakan orang tua mereka. Dari banyak obrolan obrolan itu, kami yakin bahwa memang banyak anak anak yang berbakti pada orang tua dan ingin membalas jasa jasa mereka. Pertanyaan yang kami sering dapati adalah: Bagaimana bisa menyenangkan orang tua, kalau kita belum kaya / Banyak uang?

Well, Membahagiakan orang tua tidak selalu berkaitan dengan kekayaan materi ya sobat cahayaislam.

Tiada Cara Terbaik untuk Membahagiakan Orang Tua, Selain dengan Waktu dan Doamu

Mungkin kita harus mulai mengganti slogan Time is Money kalo itu berkaitan dengan keinginan kita untuk menyenangkan kedua orang tua kita ya. Ganti aja jadi Time is Happy. Karena tiada jumlah banyak berapapun uang yang bisa membeli Waktu kita untuk Kedua orang tua. Luangkan waktu bersama mereka. Ajak mereka ngobrol, dengarkan cerita dan pengalaman hidup mereka. Waktu yang berkualitas bersama orang tua seringkali lebih berharga daripada materi. Kalo sobat cahaya islam lagi merantau gimana? – Nah, inilah keuntungan kita memiliki segudang teknologi canggih di masa sekarang. Luangkan waktu di sela sela kesibukan sobat untuk menelepon atau VC (Video Call) dengan ayah atau ibu. Paling tidak untuk ngajak ngobrol hal ringan.

Selain kita menggunakan waktu kita untuk mereka. Tentu kita sedari kecil udah belajar kan soal gimana cara doain orang tua. Jangan lupa untuk mendoakan kedua orang tua kita setiap hari. Lebih bagus lagi di setiap habis sholat kita. Setelah dzikir dan meminta pada Allah untuk apapun yang kita perlukan, Doakan mereka juga.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Ya Rabb Tuhan kami, berikanlah ampun untukku dan kedua ayah ibu, dan sekalian orang-orang mu’min pada yaumil hisab (hari Kiamat). [QS Ibrahim – 14:41]

Bakti dengan Menghargai dan Menghormati Mereka dengan Cinta

Hormati dan hargai kebijakan mereka. Dengarkan saran-saran mereka dengan baik. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan penting dalam kehidupan sobat cahaya islam. Ucapkan terima kasih dan tunjukkan penghargaanmu kepada mereka secara teratur dan konsisten. Beri tahu mereka orang tua kita betapa pentingnya peran dan kontribusi mereka dalam hidup kita.

Yang jadi catatan disini adalah, kita tidak harus selalu setuju dengan pendapat dan masukan mereka. Karena mungkin kita memiliki perspektif yang berbeda. Terima dan Hormati kebijakan dan pendapat mereka, bahkan jika kamu tidak selalu setuju. Tunjukkan bahwa kamu menghargai pengetahuan dan pengalaman hidup mereka. Jangan lupa juga gunakan cinta dan hati sobat dalam komunikasi dengan ortu kita ya. Katakan kepada mereka betapa kamu menyayangi dan menghargai mereka. Ucapan kasih sayang bisa memberikan kebahagiaan yang besar lho untuk kedua orang tua.

kalau Dekat, Beri Bantuan dan Dukungan Emosional dalam Keseharian Mereka untuk Membahagiakan Orang Tua Kita

Kalo memang anda berada dekat atau bahkan satu rumah dengan orang tua. Sobat bisa Bantu mereka dengan pekerjaan rumah tangga atau tugas-tugas sehari-hari yang mungkin mereka hadapi. Bantuanmu akan memberikan mereka kenyamanan dan kebahagiaan. Bantuan bantuan sederhana seperti membersihkan rumah, memasak, atau berkebun. Ini bisa membantu mengurangi beban mereka dan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan kesejahteraan mereka. Sesuaikan waktunya juga ya, tidak harus tiap hari juga btw.

Di sisi lain, semakin orang tua semakin berumur. Maka mereka akan menjadi sosok yang lebih emosional. Oleh karena itu, sobat cahaya islam bisa Berikan dukungan emosional saat mereka menghadapi tantangan atau kesulitan. Dengarkan dengan sabar, beri semangat, dan tawarkan bahu untuk mereka bersandar.

Selain support emosional, sobat juga perlu membantu mereka untuk menjaga kesehatan. Misalnya dengan mengingatkan mereka untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, mengikuti pola makan sehat, dan berolahraga. Pastikan mereka mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan.

Bantu Secukupnya Kebutuhan Dasar Mereka, Beri Hadiah Non Materi atau Night Out Bersama Orang Tua

Usahakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka sesuai kemampuanmu. Ini bisa termasuk menyediakan transportasi, membantu mereka menyelesaikan tugas-tugas tertentu, atau membantu mereka mewujudkan impian mereka. Ini juga harus kita lakukan dengan sesuai kemampuan kita ya. Bukan malah menjadi Sandwhich Generation kalo kata orang orang sekarang.

Sobat cahaya islam juga bisa coba Berikan hadiah-hadiah yang tidak berkaitan dengan materi, seperti membuatkan makanan favorit mereka, menggambar atau menulis surat untuk mereka, atau memberikan pengalaman bersama yang berkesan. Sesekali juga, meskipun sederhana, mungkin sobat bisa bawa mereka keluar untuk menikmati waktu bersama di luar rumah, seperti berjalan-jalan di taman atau memandang pemandangan indah. Hal ini bisa memberikan mereka kesegaran dan kebahagiaan.

***

Ingatlah bahwa yang paling penting adalah kehadiranmu dan kasih sayangmu. Dengan memberikan perhatian, cinta, dan penghargaan, kamu bisa membahagiakan orang tua meskipun belum kaya secara materi. Berkatkan bahwa setiap tindakan kecil yang kamu lakukan dengan penuh kasih sayang dan penghargaan dapat menjadi cara yang efektif untuk berbakti pada orang tua tanpa perlu melibatkan uang atau materi. Semoga kita bisa menjadi anak anak yang berbakti pada kedua orang tua kita ya. Aamiin

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY