Hikmah Bekerja Keras dalam Islam, Berguna untuk Dunia dan Akhirat

0
44
hikmah bekerja keras dalam islam

Hikmah bekerja keras dalam islam – Dalam hidup, kerja keras penting bagi setiap individu dalam berbagai hal. Dengan kerja keras, maka banyak hal yang bisa manusia capai dalam kehidupannya. Tak heran jika ada sejumlah hikmah bekerja keras dalam islam yang perlu kaum muslimin pahami.

Tanpa kerja keras, kehidupan manusia di dunia akan berlangsung sulit. Padahal kehidupan dunia penting demi mencapai kedamaian di akhirat kelak. Untuk itulah, islam memerintahkan umatnya agar senantiasa bekerja keras dalam hal positif.

Pentingnya Memahami Hikmah Bekerja Keras dalam Islam

Secara istilah, kerja keras adalah kegiatan yang dilakukan sungguh-sungguh demi mencapai target yang hendak dituju. Di dalam islam, kerja keras juga disebut sebagai ikhtiar. Ini adalah syarat untuk mencapai tujuan dan daya upaya dengan sungguh-sungguh.

Dalam islam, kerja keras juga sepatutnya diiringi dengan maksud semata-mata karena Allah SWT. Pasalnya islam mengajarkan umatnya tak hanya mengejar dunia dan jangan sampai melupakan akhirat.

Artinya bekerja keras untuk dunia dan akhirat harus dilakukan secara totalitas. Tak ada istilah malas apalagi berputus asa. Sekalipun tujuan belum tercapai, teruslah bekerja keras karena Allah SWT melihat itu semua.

Di samping itu, Nabi Muhammad juga mengultimatum agar umatnya selalu berusaha saat waktu luang sekalipun. Mengingat waktu kosong dapat menjadi ladang bagi setan untuk menanam kemungkaran.

Apa Saja Hikmah Bekerja Keras dalam Ajaran Islam?

Sobat Cahaya Islam, ada beberapa hikmah bekerja keras dalam islam yang perlu Sobat pahami. Dengan memahami hal tersebut, besar kemungkinan Sobat bisa lebih semangat dan melakukan apapun dengan kerja keras.

Lalu apa saja hikmah dari bekerja keras dalam islam? Sobat bisa langsung pahami beberapa poinnya berikut ini:

1. Bisa Mengembangkan Potensi Diri

Hikmah dari bekerja keras dalam islam yang pertama berlaku di dunia. Dengan kerja keras, Sobat bisa mengembangkan potensi diri. Ini jelas penting agar Sobat bisa mengikuti perkembangan dunia dalam berbagai bidang.

hikmah bekerja keras dalam islam

Selain itu, kerja keras bisa mengubah diri Sobat, dari yang awalnya tidak mampu menjadi mampu. Allah SWT pun memerintahkan hamba-Nya agar selalu berusaha untuk mengubah diri atau mengupgrade kemampuannya. Ini sebagaimana firman Allah SWT,

“… Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”(QS Ar-Rad Ayat 11)

2. Menjalankan Perintah Allah SWT

Sobat, dalam Al Quran Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk bekerja keras. Salah satunya tertuang dalam ayat,

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung,” (QS Al Jumu’ah Ayat 10)

Dalam ayat di atas, Allah SWT mengingatkan manusia untuk bekerja keras mencari nafkah setelah selesai menjalankan salat Jumat. Dengan begitu, Sobat berarti telah menjalankan salah satu perintah Allah SWT, yakni bekerja dan beribadah.

hikmah bekerja keras dalam islam

Dengan menjalankan perintah Allah SWT, maka kehidupan Sobat di dunia dan di akhirat kelak menjadi lebih diridhai-Nya.

3. Mampu Menjalani Hidup Layak

Hikmah dari bekerja keras yang terakhir adalah mampu menjalani kehidupan dengan layak. Dengan hidup yang layak, Sobat bisa lebih mudah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencapai surga di akhirat kelak.

Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa hikmah bekerja keras dalam islam yang penting untuk Sobat pahami. Petik hikmah di atas agar Sobat selalu semangat dalam bekerja keras dan tak mudah putus asa.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY