Marhaban ya Ramadhan, Inilah Doa Menyambut Bulan Ramadhan Penuh Berkah!

0
28

Doa Menyambut Bulan Ramadhan – Marhaban ya Ramadhan! Setiap tahunnya, dalam penetapan awal Ramadhan senantiasa digelar sidang isbat yang terdiri dari berbagai tahapan. Tahun ini, sidang isbat digelar tanggal 12 April 2021 untuk menetapkan awal Ramadhan. Doa Menyambut Bulan Ramadhan pun hendaknya diamalkan guna meraih ridha dan berkah dari-Nya.

Sobat Cahaya Islam, Ramadhan hendaknya disambut dengan sukacita dan hati yang damai. Selain itu, guna mencapai keberkahan di bulan yang suci ini, terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan. Setiap doa yang disuguhkan mengacu pada beberapa dalil naqli maupun aqli. Maka dari itu, selaku umat muslim hendaknya bisa mengamalkannya guna meraih ridha dan maghfirah-Nya di bulan yang penuh berkah.

Beberapa Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang Bisa Diamalkan

Bulan yang dinantikan oleh setiap umat muslim, kini telah tiba. Mari sama-sama Sobat Cahaya Islam untuk bisa berlomba dalam kebajikan guna mencapai insan kamil di hadapan Allah SWT. Bulan Ramadhan senantiasa menjadi salah satu kesempatan untuk bisa berintrospkesi pada diri sendiri serta menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan mari amalkan beberapa doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Di antara doa tersebut, yakni sebagai berikut:

1.   Dalil Ayat Suci Al- Qur’an 

Dalam firman Allah SWT dijelaskan bahwa rahmat dan karunia Allah SWT di bulan Ramadhan bertebaran untuk setiap hamba-Nya. Maka dari itu, sudah selayakanya seorang muslim menyambutnya dengan penuh sukacita. Menyambutnya dengan banyak berdoa kepada Allah SWT.

Sebagaimana Firman Allah SWT:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”. (QS. Yunus:58).

Selain itu, dalam surat Al-Baqarah ayat 7 juga disuguhkan sebuah doa yang hendaknya diamalkan ketika menyambut bulan Ramadhan. Firman tersebut menjadi salah satu pengingat kepada setiap muslim untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dengan memperbanyak ibadah dan doa.

2.   Dalil Hadits Rasulullah SAW

Selain itu, disebutkan pula dalam hadits Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk diamalkan sebagai Doa Menyambut Bulan Ramadhan. Sebuah hadits yang diriwaytkan oleh Imam Ahmad nomor 888, disebutkan bahwa doa tersebut sebagai bentuk harapan. Bulan Ramadhan diharapkan mampu dikaruniai keselamayan serta diisi dengan hal yang disukai oleh Allah SWT.

Dalam hadits lainnya yang memiliki arti:

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami di bulan Ramadhan. (HR Ahmad No. 2346)”.

Doa tersebut hendaknya diamalkan guna mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Setiap umat muslim hendaknya melantunkan doa dengan penuh sungguh-sugguh serta keikhlasan. Bulan Ramadhan sebagai salah satu langkah untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selanjutnya, Sobat Cahaya Islam hendaknya lebih berhusnudzan, sehingga bisa meraih keberkahan melalui puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Berlomba-lomba untuk bisa meningkatkan kualitas diri dengan mengamalkan setiap hal yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Nah, itulah Sobat Cahaya Islam beberapa Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang hendaknya diamalkan.  Semoga bulan Ramadhan kali ini senantiasa dijalani dengan penuh suka cita serta keihklasan. Hal ini dilakukan guna meraih keberkahan dari bulan yang suci ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY