Ziarah Kubur dianjurkan Bagi Lelaki Muslim : Inilah Manfaat Berziarah

0
22

Ziarah Kubur – Bagi umat muslimin, ziarah kubur sebelum menjelang bulan Ramadhan adalah sebuah hal yang tak terpisahkan. Bahkan, banyak diantara kaum muslimin yang mengajak keluarga besar untuk berziarah bersama. Walaupun di era pandemi, masayrakat Indonesia masih tetap banyak yang berziarah dengan menjalankan berbagai protokol kesehatan.

Sobat Cahaya Islam, ziarah kubur dapat menjadi pemberat amalan seorang hamba. Selain itu, berziarah kubur sendiri dapat meningkatkan rasa mawas diri bagi kaum muslimin supaya senantiasa mengupayakan yang terbaik dalam kehidupannya. Allah SWT akan sangat mencintai hambanya yang sering mengingat kematian. Lantas, bagaimana hukumnya seorang lelaki muslim untuk berziarah? Simak ulasannya di bawah ini!

Apakah ziarah kubur diwajibkan bagi lelaki? Bagaimana hukumnya?

Keempat mahdzab ulama’ meneypakati bahwa seorang laki – laki sangat dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur dalam artian sunnah. Hal ini didasarkan pada beberapa dalil serta hadits dengan periwayatan yang terpercaya. Biasanya menjelang awal Ramadhan, ziarah kubur kerap kali dilakukan bersama keluarga.

Manfaat Ziarah Kubur bagi Muslim

Di dalam Islam sendiri, tidak ada batasan dalam berziarah. Aktivitas ini kapanpun dapat dilakukan. Hanya saja, sebagian besar meyakini bahwa berziarah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri. Selain pahala amalan dapat dilipatgandakan, di bulan Ramadhan juga orang – orang yang sudah meninggal dapat merasakan keringanan dari panasnya api neraka. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari berziarah?

1.    Mengingatkan pada Kematian

Bagi kaum muslimin, dunia adalah tempat tinggal sementara. Kehidupan yang dijalani bagaikan sekedar menegak air karena haus saja. Oleh sebab itu, dianjurkan bagi masyarakat untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT, salah satunya dengan senantiasa mengingat kematian.

2.    Melembutkan Hati

Manusia adalah makhluk emosional. Terkadang, jika tak mampu mengontrol diri manusia bisa mengekspresikan kemarahannya dalam bentuk monster. Maka dari itu, dibutuhkan wasilah untuk menjadikan manusia tersebut menjadi lembut, Berziarah kubur adalah aktivitas yang dapat dilakukan.

Pasalnya, ketika seorang laki – laki rajin dalam berziarah hal tersebut akan melembutkan hatinya. Tentu, karena hal tersebut akan mengingatkan pada dirinya karena kehidupan hanya dirasakan sekali seumur hidup. Akan sangat disayangkan apabila manusia tidak bisa mengontrol diri dan berakhir menyakiti orang – orang di sekitar karena kerasnya hati.

3.    Meringankan Siksaan

Berziarah kubur dapat meringankan siksaan bagi orang – orang yang sudah meninggalkan dunia ini. Hal ini terjadi karena memang tujuan para peziarah berdatangan untuk mendo’akan sang mayit. Selain itu, terdapat sebuah kesunnahan agar para peziarah mengucapkan salam pada sang jenazah.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan ziarah kubur. Hal ini tidak boleh dijadikan sebagai landasan utama, sebab alasan seoang muslim melakukan sebuah amalan bukan kaena manfaatnya melainkan itu diperintahkan oleh Allah SWT. Sehingga, ketika seorang hamba melakukan amalan, manfaat adalah bonus yang diberikan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY