Manfaat Makan Buah Seperti yang di Contohkan Rasulullah

0
87
manfaat makan buah

Manfaat makan buah – Kita tentu saja sudah sangat tahu bahwa mengkonsumsi buah-buahan mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Saat ini ada banyak makanan kurang sehat yang banyak dijual sehingga banyak orang yang lupa mengkonsumsi buah. Ketika tubuh banyak mengkonsumsi makanan seperti junk food, maka masalah kesehatan akan mudah menyerang. Untuk menghindari hal ini maka penting bagi kita untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh dengan makan buah.

Ada banyak sekali manfaat makan buah yang bisa didapatkan. Buah kaya akan nutrisi sehingga mampu menyediakan apa yang dibutuhkan tubuh. Bukan hanya mengenyangkan namun juga menyediakan nutrisi yang membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Manfaat makan buah ini memang sangat banyak sehingga Rasulullah juga sering mengkonsumsi buah-buahan.

Di Indonesia, jenis buah yang dapat ditemukan ada begitu banyak. Bisa dikatakan kita hidup di tanah surga yang begitu subur sehingga banyak ragam buah yang dapat tumbuh seperti buah pisang, pepaya, apel, semangka, melon, jeruk, nanas, salak dan berbagai macam buah lainnya. Semua buah-buahan yang dapat dikonsumsi memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga kita jangan sampai tidak mengkonsumsi buah.

manfaat makan buah

Manfaat makan buah sehat dan halal

Buah adalah makanan yang sehat. Namun meskipun demikian, kita juga perlu untuk mengutamakan kehalalannya. Semua buah sehat dan halal asalkan didapatkan dengan cara yang halal. Buah sehat jika didapatkan dari cara yang tidak baik seperti mencuri maka akan menjadikan buah tersebut tidak menyehatkan dan bahkan merusak tubuh.

“Makanan dan minuman haram dalam Islam disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadis. Sebagaimana Allah SWT berfirman, yang artinya: “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al- Maidah ayat 88)

Kita harus mengkonsumsi buah yang sehat dan juga halal. Jangan sembarangan mengambil buah yang jatuh dijalan atau mengambil buah milik tetanggal. Makanan yang sehat namun haram tentu saja akan mendatangkan murka Allah. Bahkan makanan yang haram akan menyebabkan ibadah kita tidak diterima.

manfaat makan buah

Rasulullah senang mengkonsumsi buah kurma

Manfaat makan buah sangatlah banyak. Buah-buahan merupakan makanan yang Allah ciptakan dengan begitu banyak manfaat baik itu untuk manusia, hewan dan bahkan untuk tubuhan yang menghasilkan buah itu sendiri. Tidak ada kesia-siaan dari apa yang Allah ciptakan.

Dari begitu banyak buah yang Allah SWT ciptakan, ada satu buah yang sangat istimewa dan sangat digemari oleh Rasulullah yakni buah kurma.

Buah kurma mengandung banyak nutrisi sepertiserat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, vitamin B6 dan banyak lagi lainnya. Buah ini sangat mengenyangkan, baik dikonsumsi oleh siapa saja bahkan sangat baik juga bagi penderita diabetes meskipun buah ini sangat manis.

Kurma disebut sebagai buah nabi karena memang menjadi buah yang sangat digemari oleh Rasulullah. Buah ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang ganjil.

manfaat makan buah

Selain buah Kurma ada banyak buah lain yang juga disenangi oleh Rasulullah seperti anggur, buah tin, semangka,

Sobat Cahaya Islam, ternyata banyak sekali manfaat makan buah. Bahkan sudah dari dulu Rasulullah mencontohkan kepada kita makan buah. Buah akan menyehatkan tubuh kita. Dengan tubuh yang sehat kita lebih mudah dan khusyuk dalam beribadah. Insyaallah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!