Cegah Corona Yuk! Dengan Hidup Sehat Sesuai Anjuran Agama

0
48
Cegah Corona Hidup Sehat Sesuai Anjuran Agama

Cegah corona – Saat ini wabah corona menjadi wabah yang semakin meresahkan. Situasi yang semakin genting sehingga banyak muncul aturan baru. Mulai dari anjuran melakukan social distancing, physical distancing, dibubarkannya acara di keramaian hingga ditutupnya perkantoran dan tempat umum. Begitu berbahayanya dampak dari corona ini sehingga banyak orang meningkatkan kewaspadaan. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Aksi dari Extra Joss merupakan salah satu wujud untuk ajakan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

Cegah Corona Dengan Jaga Kebersihan

Kebersihan merupakan salah satu sikap muslim yang dianjurkan dalam agama. Apalagi Allah menyukai kebersihan dan juga sesuatu yang suci. Ini berarti sudah seharusnya seorang muslim menjaga kebersihan dan juga kesehatan. Dengan adanya wabah corona, ini juga menjadi salah satu hal yang meningkatkan kesadaran kita mengenai kebersihan. Jika sebelumnya untuk mencuci tangan saja bermalas-malasan. Saat ini semua tempat bahkan menerapkan kebiasaan ini. Lalu bagaimana hidup sehat yang sesuai dengan sikap muslim?

Cegah Corona Dengan Hidup Sehat dan Jaga Kebersihan

Cegah Corona Dengan Pola Hidup Sehat

Cegah corona ini bukan persoalan yang mudah. Apalagi virus corona dikenal sebagai virus berbahaya hingga meningkatkan angka kematian di Indonesia dan negara lainnya. Namun, upaya menjaga kebersihan dan kesehatan bisa menjadi salah cara untuk memutus tali penyebaran corona. Sehingga mencegah penularan dari virus ini juga tentunya. Untuk menjaga kebersihan demi hidup sehat, bisa dimulai dengan melakukan tindakan kecil. Seperti rajin mencuci tangan.

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Dalam potongan ayat diatas, dijelaskan bahwa Allah menyukai orang-orang yang mensucikan diri. Dengan kata lain, Allah menyukai orang-orang yang menjaga kebersihan. Ini bentuk untuk mewujudkan hidup sehat tentunya. Menjaga kebersihan bisa diwujudkan dalam banyak hal. Mulai dari mencuci tangan, rajin mengganti pakaian setelah bepergian, mandi sesuai dengan anjuran. Ini akan membantu untuk terhindar dari virus berbahaya seperti corona.

Selain Jaga Kebersihan, Makan Makanan Bergizi dan Sehat Juga Penting

Cegah Corona Dengan Makan Bergizi

Jika anda sudah melakukan upaya untuk menjaga kebersihan demi hidup sehat. Apa upaya lainnya untuk cegah paparan virus corona ini? Jawabannya adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Makanan yang bergizi akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Sedangkan makanan yang sehat ini adalah makanan yang dipastikan bersih dan menyehatkan. Sebaiknya tidak sembarangan mengkonsumsi makanan yang tidak terjamin kebersihannya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

Dalam agama, kita dianjurkan untuk makan makanan yang halal. Sehingga untuk mendapatkan asupan gizi yang baik, makanan yang halal adalah hal terbaik. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan gizi, ini akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain didukung dengan menjaga kebersihan agar tidak mudah diserang penyakit ataupun virus.

Cegah corona – diperlukan upaya yang tepat agar bisa menghindari virus corona ini. Apalagi kita tahu bahwa penyebarannya begitu cepat dan juga bukan sekedar virus yang bisa dianggap remeh. Untuk itu, kita perlu hidup sehat dan menjaga kebersihan yang sesuai dengan anjuran agama. Semoga kita dijauhkan dari virus corona ini ya sobat cahaya islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 222

(2) – Surat Al-Baqarah Ayat 172

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!