Kenali Hukum Lupa Mandi Besar saat Sholat

0
422
lupa mandi besar saat sholat

Hukum lupa mandi besar saat sholat – Lupa mandi besar saat sholat merupakan salah satu fenomena yang seringkali terjadi pada umat muslim.

Sebab suci merupakan salah satu syarat utama agar sholat bisa tetap dilakukan. Bila diri tidak bersuci dari hadats besar maupun kecil, maka ditakutkan amalan sholat seorang hamba tidak diterima.

Nah sobat Cahaya Islam, lupa mandi besar saat sholat bisa saja terjadi sebab merasa terlalu sibuk dengan pekerjaan atau tugas yang digeluti.

Untuk mengantisipasinya, maka biasanya bisa dengan menggunakan reminder atau tidak menunda bila sudah waktunya melakukan mandi besar.

Bagaimana Umat bisa Lupa Mandi Besar saat Sholat?

Sobat Cahaya Islam, perlu diingat bahwa lupa mandi besar saat sholat adalah hal yang bisa terjadi pada semua kalangan. Bahkan seseorang yang notabene tersohor dengan keilmuannya bisa saja mengalami hal tersebut. Hanya saja, memang kecil kemungkinan fenomena itu dapat terjadi.

Di dalam Islam, kondisi lupa bukanlah hal yang berdosa. Sebab kealpaan dalam diri umat muslim menjadi penanda bahwasannya akal manusia amatlah terbatas.

Misal, lupa untuk tidak berwudhu bukan merupakan hal yang berdosa, hanya saja kepastian amalan diterima atau tidaknya patut dipertanyakan.

Selain itu, penting untuk melihat ranah bagaimana proses seseorang bisa lupa bahkan dengan momen wudhu yang notabene bagian penting dari rukun sholat. Lantas, bagaimana Islam menghukuminya?

Hukum Lupa Mandi Besar saat Sholat

Sejatinya, bersuci dari hadats besar maupun kecil amatlah penting. Oleh karena itu, anjuran untuk menyucikan diri sangat banyak ditemukan dalam berbagai fiqih, utamanya fiqih sholat.

Sholat dalam keadaan lupa mandi besar dibedakan menjadi beberapa pendapat para imam besar.

Ada imam yang berpendapat bahwa sholat dalam keadaan lupa mandi besar boleh dilakukan, sebab kealpaannya terhitung sebagai hal yang syar’i. Hanya saja, jika diri sudah mengingat di tengah perjalanan rakaat sholat, maka mandi besar harus kembali dilakukan dan mengulang sholatnya.

Namun ada yang berpendapat bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan meski lupa adalah hal syar’i. Sebab sholat adalah perkara penting dimana wajib bagi kaum muslimin untuk memahami faktor penyebab batalnya sholat termasuk halnya pra-shalat itu harus melakukan apa saja.

Kedua hal tersebut disandarkan pada firman Allah Ta’ala dalam surat Al Maidah ayat ke 6 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah.

Tips Agar tidak Mudah Lupa

Kendati lupa adalah hal yang syar’i dan tidak bermasalah, namun menjadi pelupa amatlah buruk sebab bisa mengacaukan dan memberi masalah bagi diri sendiri.

Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar diri tidak mudah lupa. Diantaranya yakni :

1.    Membuat Jadwal Harian

lupa mandi besar saat sholat

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni dengan sering membuat jadwal harian tentang tugas apa saja yang akan diselesaikan. Sebisa mungkin masukkan sholat untuk bisa tepat waktu dan berjama’ah dengan lainnya.

Agar tidak sampai lupa bersuci, usahakan juga agar tidak sering menunda kegiatan yang seharusnya bisa dilakukan sedini mungkin.

2.    Mengkonsumsi Makanan Sehat

Hal lainnya yakni dengan rajin mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini akan menunjang kinerja otak dan menjadikan diri tidak mudah lupa dengan kondisi tubuh.

lupa mandi besar saat sholat

Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam surat Al Baqarah ayat 168 yakni :

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِمَّا فِى الْاَرْضِ حَلٰلًا طَيِّبًا ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Nah sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan hukum lupa mandi besar saat sholat. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY