Lamaran Rizky Billar dan Lesti Kejora Diumumkan! Islam Anjurkan Sembunyikan Khitbah, Apa Alasannya?

0
32
Lamaran Rizky Billar 3

Lamaran Rizky Billar – Pasangan artis Rizky Billar dan Lesti Kejora baru saja mengumumkan tanggal untuk acara lamarannya. Keduanya akan melangsungkan acara pertunangan di tanggal 13 Juni 2021. Dalam pengumuman tersebut, Rizky Billar dan juga Lesti mengucapkan terima kasih kepada penggemar mereka yaitu Leslar lovers. Dan juga meminta doa restu kepada masyarakat agar acara mereka dapat berjalan dengan lancar. Tentu saja ini merupakan kabar yang menggembirakan, apalagi bagi para penggemarnya.

Lamaran Rizky Billar 1

Setelah sekitar satu tahun menjalin kedekatan, akhirnya keduanya akan menggelar acara lamaran. Tentunya ini menjadi berita yang membahagiakan ya sobat CahayaIslam. Namun kita mungkin seringkali mendengar hadist tentang “rahasiakanlah khitbah dan umumkanlah pernikahan.”. Khitbah itu sendiri adalah prosesi lamaran. Di era yang berkembang sekarang ini, prosesi menuju pernikahan bahkan seringkali diselenggarakan dengan cukup meriah. Termasuk khitbah ini. Lalu bagaimana pandangan islam tentang ini?

Lamaran Rizky Billar dan Lesti Kejora Diumumkan! Islam Anjurkan Sembunyikan Khitbah, Ini Alasannya

Lamaran Rizky Billar 2

Lamaran Rizky Billar dan Lesti Kejora telah diumumkan. Ini dalam rangka untuk meminta doa restu dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan dukungan keduanya. Namun tahukah sobat CahayaIslam? Ada hadist yang menjelaskan tentang anjuran untuk merahasiakan khitbah dan mengumumkan pernikahan. Bukan suatu yang diharamkan atau dilarang untuk memberitahukan khitbah atau lamaran. Hanya saja, islam lebih menganjurkan untuk merahasiakannya.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Dalam ayat ini telah dijelaskan bagaimana Allah menciptakan manusia dengan berpasang-pasangan. Ini adalah bentuk kebesaran Allah SWT. Itu sebabnya, kaum muslimin diperintahkan untuk menikah bagi yang sudah mampu. Namun sebelum menikah, tentu saja adalah prosesi yang sering disebut lamaran atau khitbah. Dimana pihak laki-laki akan membawa keluarganya untuk meminta ijin kepada orang tua pihak perempuan. Lalu kenapa khitbah dianjurkan untuk dirahasiakan menurut islam?

Lamaran Rizky Billar 3

Menghindari Hasad

Alasan kenapa khitbah lebih dianjurkan untuk dirahasiakan, hal ini karena khitbah atau lamaran masih proses menuju menikah. Artinya, perempuan belum terikat dalam aturan sebagai istri. Sehingga masih ada kemungkinan untuk diganggu oleh pihak lain. Itu sebabnya, anjuran merahasiakan khitbah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi setiap pemilik nikmat, ada peluang hasadnya. Maka ini untuk menghindari hal tersebut sobat CahayaIslam.

Tidak Semua Orang Ikut Bahagia

Dalam hidup ini, kita akan menemukan orang yang menyukai kita dan yang tidak. Sehingga tidak semua orang akan ikut bahagia mendengar kabar bahagia seperti khitbah atau lamaran. Itu sebabnya, akan lebih baik jika khitbah atau lamaran dirahasiakan. Sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang mungkin tidak baik atau bisa berpengaruh buruk terhadap persiapan pernikahan. Khitbah bisa diberitahukan kepada orang-orang terdekat saja. Sementara pernikahan bisa diumumkan.

Lamaran Rizky Billar – dan Lesti Kejora diumumkan akan segera diselenggarakan. Tentu saja ini kabar yang bahagia dan wajar untuk mengumumkannya sebagai salah satu bentuk syukur. Namun, alangkah lebih baiknya sobat CahayaIslam jika kita merahasiakan khitbah dengan beberapa alasan ini.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ar-Rum Ayat 21

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY