Makanan Untuk Kucing Harus Bergizi, Ini Alasan Perlunya Memperlakukan Kucing Dengan Baik Menurut Islam

0
51
Makanan Untuk Kucing 1

Makanan untuk kucing – Kucing merupakan hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Bahkan tingkahnya yang manja menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang banyak disukai. Dan tentu saja dalam merawat kucing sendiri membutuhkan tenaga dan biaya ekstra. Hal ini karena di jaman sekarang ini makanan kucing tersedia cukup beragam. Ini untuk menyesuaikan kebutuhan gizi untuk si kucing. Sehingga bisa tetap sehat dan lincah tentunya.

Makanan Untuk Kucing 1

Di jaman Rasulullah, kucing juga menjadi hewan peliharaan kesayangan Rasulullah SAW lho sobat CahayaIslam. Itu sebabnya, kaum muslimin sudah seharusnya memperlakukan kucing dengan baik. Seperti halnya Rasulullah yang memperlakukan kucing dengan istimewa. Bukan hanya kucing saja, namun juga hewan-hewan lainnya. Ada banyak cara untuk memperlakukan hewan dengan baik, salah satunya dengan memberikan makanan yang bergizi.

Makanan Untuk Kucing Harus Bergizi, Begini Alasan Kaum Muslimin Perlu Memperlakukan Kucing Dengan Baik

Makanan Untuk Kucing 2

Makanan untuk kucing harus bergizi dan juga menyehatkan. Kucing itu sendiri merupakan hewan yang cukup banyak disukai karena tingkahnya yang cenderung aktif, manja dan lucu. Sehingga sangat menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan. Bahkan di jaman Rasulullah, kucing adalah hewan kesayangan lho. Dalam islam sendiri, kita dianjurkan untuk mengasihi bukan hanya dengan sesama manusia saja. Namun juga dengan semua makhluk yang ada, termasuk hewan.

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.

Ini merupakan ayat yang menjelaskan tentang bagaimana manusia seharusnya dapat menjadi rahmat bagi semesta alam. Hal ini mencerminkan bagaimana kaum muslimin harus bisa menjadi seorang yang bermanfaat. Kita bisa memberikan kasih sayang, makanan bagi makhluk lain seperti hewan. Salah satunya kucing ini. Lalu apa alasan kaum muslimin perlu memperlakukan hewan seperti kucing ini dengan baik menurut islam?

Islam Mengajarkan Untuk Menyayangi Binatang

Makanan Untuk Kucing 3

Salah satu alasan kenapa kita harus memperlakukan hewan dengan baik adalah karena ini merupakan ajaran islam. Islam telah mengajarkan kepada kaum muslimin untuk berbuat baik. Bukan hanya kepada sesama manusia, namun juga kepada makhluk lainnya. Baik hewan, tumbuhan bahkan berbuat baik kepada semesta. Maka dari itu, sudah seharusnya kita memperlakukan kucing dengan sebaik mungkin dan memberikan makan yang layak.

Termasuk Sedekah

Tahukah sobat CahayaIslam bahwa memberikan makanan untuk hewan juga bisa menjadi sedekah atau amalan lho. Itu sebabnya, berbuat baik kepada hewan seperti kucing juga bisa menjadi pahala bagi kaum muslimin. Semakin banyak berbuat baik dan merawat hewan dengan baik. Maka semakin banyak amalan dan sedekah yang dilakukan tentu saja.

Meneruskan Kebiasaan Rasulullah

Sobat CahayaIslam tentu tahu bagaimana kisah Rasulullah dalam  memperlakukan kucing kesayangan beliau yang diberi nama Muizza. Ini memberikan contoh kepada kaum muslimin untuk berbuat baik kepada hewan. Apalagi kucing adalah hewan yang bahkan sangat disayang oleh Nabi Muhammad SAW dan lagi tidak najis.

Makanan untuk kucing – juga harus bergizi dan layak untuk diberikan ya sobat CahayaIslam. Bagaimanapun, kucing termasuk makhluk yang seharusnya diperlakukan dengan baik dan juga kita kasihi. Bukan hanya bisa menjadi ladang pahala, ini juga bisa menjadi amalan bagi kita lho.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Anbiya Ayat 107

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY