Kisah Sunan Muria Bakar Masjid Karena Mendapat Sanjungan, Ini Bahaya Pujian Menurut Islam

0
17
Kisah Sunan Muria 2

Kisah Sunan Muria – Masjid Sunan Muria yang ada di Puncak Gunung Muria, Kudus adalah peninggalan dari Sunan Muria. Bangunan masjid tersebut juga cukup sederhana. Konon katanya sebelum masjid ini berdiri, masjid yang pertama dibangun dibakar oleh Sunan Muria dan kemudian mendirikan masjid lagi. Menurut Imam masjid Sunan Muria ini, sebelum mendirikan masjid di puncak Gunung Muria. Awalnya Sunan Muria membangun masjid di Bukit Pethoko terlebih dahulu.

Kisah Sunan Muria 1

Untuk pertama kalinya, Sunan Muria mendirikan masjid yang cukup bagus di puncak Gunung Muria. Sehingga masjid tersebut justru mendapatkan sanjungan, terutama dari Sunan Kudus ketika itu. Sampai akhirnya Sunan Muria kemudian membakar masjid yang menjadi sanjungan tersebut. Dan membangun masjid yang lebih sederhana. Ini karena beliau merasa tidak enak, dimana ia berniat membangun masjid untuk dakwah namun justru mendapat sanjungan.

Kisah Sunan Muria Bakar Masjid Karena Mendapat Sanjungan, Ini Bahaya Pujian Menurut Islam

Kisah Sunan Muria 2

Kisah Sunan Muria yang bakar masjid karena mendapat sanjungan ini menjadi pelajaran yang cukup berharga. Ini mengajarkan kita untuk berbuat kebaikan atau mengamalkan nilai-nilai islam dengan niatan ibadah. Sehingga tidak perlu sanjungan atau pujian. Karena sobat CahayaIslam, ibadah yang diniatkan untuk mendapatkan sanjungan atau pujian tentu saja bisa meleburkan pahala yang seharusnya didapatkan.

Janganlah sekali-kali kamu menyangka, hahwa orang-orang yang gembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya dipuji terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka siksa yang pedih.

Dalam ayat ini menegaskan tentang pujian yang dilebih-lebihkan. Dengan kata lain, Allah melarang untuk memberikan pujian berlebihan. Begitu juga dengan bergembira atas pujian, ini juga tidak dianjurkan dalam islam. Sejatinya, ibadah tentu saja diniatkan untuk Allah SWT dan bukan untuk mendapatkan pujian ataupun sanjungan. Mau tau? Ini lho bahayanya pujian menurut islam.

Menyebabkan Lalai

Kisah Sunan Muria 3

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya pujian atau sanjungan ini bisa menyebabkan lalai lho. Itulah kenapa islam meminta kaum muslimin untuk berhati-hati dengan pujian yang didapatkan. Pujian yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang lalai dan bahkan bergembira secara berlebihan. Ini justru bisa mengurangi pahala atau niat ibadah yang seharusnya bisa dilakukan dengan baik. Dan menyebabkan manusia menjadi lalai karenanya.

Menjadikan Niat Ibadah Yang Salah

Dengan banyaknya pujian atau sanjungan, ini bisa membuat ibadah kita menjadi sesuatu yang diniatkan terhadap hal yang salah. Kenapa begitu? Pujian yang berlebihan dikhawatirkan akan membuat seseorang melakukan kebaikan atas dasar untuk mendapatkan pujian. Atau bahkan membuat kita menjadi malas melakukan ibadah atau kebaikan karena sudah puas dengan pujian yang didapatkan. Naudzubillah.

Kisah Sunan Muria – yang membakar masjid karena mendapatkan sanjungan. Ini memberikan sebuah pesan yang berharga bagi kaum muslimin lho. Sunan Muria mengajarkan kita untuk menjalankan suatu kebaikan atau ibadah bukan semata-mata untuk mendapatkan sanjungan. Dan juga mengajarkan untuk tidak terlena dengan pujian, karena ini justru bisa menjerumuskan kita ke dalam perbuatan dosa.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Ali ‘Imran Ayat 188

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY