Suri Cruise Anak Tom Cruise Menjauh Dengan Ayahnya, Ketahui Peranan Ayah

0
416
Suri Cruise anak Tom Cruise

Suri Cruise anak Tom Cruise – Kehidupan keluarga selebriti di seluruh dunia seringkali menarik perhatian banyak orang. Hal ini termasuk pemberitaan kehidupan Suri Cruise anak Tom Cruise.

Suri Cruise adalah anak dari aktor ternama di dunia yakni Tom Cruise. Namun belakangan ini gencar pemberitaan hubungan antara ayah dan anak tersebut merenggang.

Merenggangnya Hubungan Suri Cruise Anak Tom Cruise dengan Ayahnya

Santer terdengar hubungan aktor dunia Tom Cruise dengan sang putri yaitu Suri Cruise kian merenggang. Bahkan kabarnya mereka sudah lama tidak saling bertemu.

Keretakan hubungan keluarga Suri Cruise anak Tom Cruise ini terendus usai Brooke Shields mengungkapkan kedekatannya dengan Tom Cruise sebagai sahabat. Dia mengaku bahwa tidak pernah menerima lagi kue dari Tom yang sering dikirim ke orang terdekatnya.

Memang Tom sering mengirim kue buatan khusus Doan’s Bakery yang ada di Woodland Hills untuk orang spesial. Menurut aktris tersebut, mulanya kue yang sering dia terima tertera nama Tom Cruise, katie Holmes, dan putrinya Suri Cruise.

Tetapi usai perceraian Tom dengan Katie pada tahun 2012 lalu, nama Suri dan Katie tidak lagi muncul di kue. Tak hanya itu, media setempat juga menuturkan bawa Suri Cruise tidak melibatkan Tom dalam hal pendidikannya.

Peranan Ayah untuk Anak dalam Islam

Sobat Cahaya Islam, apa yang dialami oleh Suri Cruise anak Tom Cruise merupakan hal yang memprihatinkan. Bagaimana tidak, seyogyanya seorang ayah juga mempunyai peranan penting dalam pengasuhan serta mendidik anaknya.

Kasih sayang seorang ayah kepada anak juga seharusnya tidak ternilai dengan apapun. Apalagi jika ayah mempunyai anak perempuan, biasanya mereka disebut cinta pertama bagi anaknya.

Dalam islam sekalipun, di Al Quran dan hadis banyak pembahasan tentang hubungan ayah dan anak perempuannya. Allah pun memerintahkan laki-laki jika sudah menjadi ayah dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan bagi anaknya.

Mengapa Ayah Penting di Kehidupan Anak Perempuannya dalam Islam?

Sobat Cahaya Islam, seperti yang disebutkan sebelumnya, ayah memiliki peranan penting bagi kehidupan anak terutama anak perempuannya. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa peranan ayah begitu penting bagi anaknya:

1.       Seorang Pelindung

Suri Cruise anak Tom Cruise

Nabi Muhammad SAW memberikan contoh langsung kepada umatnya bagaimana peranan ayah yang melindungi anak perempuannya. Ini tertuang dalam potongan hadits:

“Amma Ba’du, Aku telah menikahkan Abul Ash bin Rabi’, dia mengatakan sesuatu kepadaku dan dia memenuhi apa yang dia katakan kepadaku. Sesungguhnya Fatimah adalah bagian dariku, dan aku tidak suka seseorang menyakitinya. Demi Allah, tidak akan berkumpul Putri Rasulullah dengan putri musuh Allah di bawah naungan satu laki-laki.” Lalu Ali bin Abi Thalib membatalkan pinangan tersebut. (HR. Al-Bukhari no. 3729 dan Muslim 2449) 

Tak hanya melindungi, hal penting yang harus seorang ayah perhatikan terhadap putrinya yakni memenuhi kebutuhan emosionalnya. Pemenuhan kebutuhan itu bisa sang ayah lakukan dengan mencurahkan kasih sayang serta perhatian untuk anaknya.

2.       Menjadi Panutan

Ayah adalah salah seorang teladan pertama yang anak hormati ketika tumbuh dewasa. Berbagai hal yang ayah lakukan di depan anaknya akan mendorong serta memperkuat perilaku sang anak saat tumbuh dewasa.

Hal ini tampak dari bagaimana nabi Muhammad SAW menjadi panutan untuk putrinya yaitu Fatimah dalam hadits:

“Saya tidak melihat orang yang lebih mirip Rasulullah SAW dalam berbicaranya selain Fatimah. Ketika dia datang kepadanya, dia berdiri untuknya, menyambutnya, menciumnya, dan menyuruhnya duduk di tempatnya. Ketika Nabi datang kepadanya, dia berdiri untuknya, meraih tangannya, menyambutnya, menciumnya, dan menyuruhnya duduk di tempatnya. Dia datang kepadanya selama penyakit terakhirnya dan dia menyapanya dan menciumnya.” (Al-Adab Al-Mufrad, Hadits 971)

3.       Mengajarkan Anak untuk Percaya Diri

Suri Cruise anak Tom Cruise

Ayah juga memiliki peran dalam membantu anaknya supaya bisa tampil percaya diri. Selain itu, ayah juga berperan agar sang anak menyadari begitu pentingnya harga diri mereka.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ أَوْ ثَلَاثُ أَخَوَاتٍ أَوْ ابْنَتَانِ أَوْ أُخْتَانِ فَأَحْسَنَ صُحْبَتَهُنَّ وَاتَّقَى اللهَ فِيْهِنَّ دَخَلَ الْجنَّةَ

Artinya: “Barangsiapa mempunyai tiga orang anak perempuan atau tiga saudara perempuan, dua orang anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia memperlakukan mereka dengan baik dan bertakwa kepada Allah dalam mengasuh mereka maka baginya surga.” (HR. At-Tirmizi, Kitabul Birri Washshilah no. 1839, Abu Daud, Kitabul Adab no. 4481, dan Ibnu Majah, Kitabul Adab no. 3659, dishahihkan al- Albani dalam Shahih At–Targhib no. 1973)

Itulah mengapa seorang ayah begitu berperan dalam kehidupan anak terutama anak perempuannya. Semoga saja hubungan Suri Cruise anak Tom Cruise dengan ayahnya bisa harmonis dan penuh kasih sayang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY