Keutamaan Diam, Kenapa Lebih Baik Diam Menurut Islam?

0
89
Keutamaan Diam 2

Keutamaan diam – Diam memiliki lebih banyak keutamaan. Hal ini dikarenakan seseorang akan lebih mudah jika diminta untuk berbicara dibandingkan untuk diam. Menurut Imam Masjid Istiqlal, dalam Al Quran dan juga Hadist dijelaskan bahwasanya diam adalah sesuatu yang mulia di mata Allah SWT. Penyebab kemuliaan itu sendiri terdapat dua hal, yaitu mengatakan hal yang benar atau lebih baik diam. Itulah kenapa, diam jauh lebih baik dibandingkan banyak bicara.

Keutamaan Diam 2

Banyak berbicara bisa menimbulkan berbagai keburukan, salah satunya memungkinkan timbulnya kebohongan dan juga riya’. Namun hal ini seringkali tidak disadari oleh manusia. Itulah yang akhirnya menjerumuskan manusia ke dalam dosa besar.

Semakin banyak orang bicara maka semakin besar juga kemungkinan seseorang akan menyesal. Begitu juga sebaliknya, sedikit bicara akan menghindarkan seseorang dari berbuat dosa dari lisannya. Sehingga semakin sedikit tingkat penyesalan yang bisa didapatkan.

Keutamaan Diam, Ini Alasan Lebih Baik Diam Menurut Islam

Keutamaan Diam 1

Keutamaan diam ternyata lebih banyak dibandingkan banyak bicara. Apalagi dalam islam sendiri juga menganjurkan kaum muslimin untuk lebih baik diam daripada berbicara yang tidak baik. Dan lagi banyak berbicara ini tidak memberikan manfaat. Justru banyak bicara bisa menjerumuskan kita terhadap dosa-dosa besar yang diakibatkan oleh lisan. Sementara dalam ayat-ayat Al Quran telah dijelaskan bagaimana Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menjaga lisan.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Dalam ayat ini ditegaskan bagaimana Allah meminta kaum muslimin untuk mengatakan perkataan yang benar. Itu sebabnya, jika banyak bicara justru menimbulkan kebohongan dan riya’. Maka diam adalah cara yang benar dan dianjurkan dalam islam. Tahukah sobat CahayaIslam kenapa lebih baik diam dibandingkan banyak bicara menurut islam? Ini beberapa alasannya.

Banyak Bicara Sebabkan Lalai

Keutamaan Diam 3

Alasan kenapa lebih baik diam dibandingkan banyak bicara adalah karena banyak bicara bisa menyebabkan lalai lho. Banyak bicara akan memungkinkan kita tergelincir dalam perkataan yang tidak bermanfaat. Atau justru bisa menjerumuskan kita ke dalam kebohongan. Dan tentu saja ini akan menyebabkan dosa besar. Itu sebabnya, diam lebih baik atau lebih utama.

Lisan Bisa Menjadi Sumber Dosa

Islam mengatur tentang bagaimana kaum muslimin harus menjaga lisannya. Itu karena lisan adalah sumber dosa yang paling banyak yang seringkali tidak disadari. Maka dari itu, diam jauh lebih baik dibandingkan berbicara perkataan yang tidak baik. Bukan berarti Allah melarang kita untuk berbicara. Namun alangkah lebih baiknya menghindari banyak bicara tentang hal-hal yang tidak bermanfaat. Agar tidak mudah terjerumus dalam dosa akibat lisan kita sendiri.

Keutamaan diam – ini lebih banyak dibandingkan dengan banyak bicara. Lisan adalah cerminan hati, yang mana jika hati bersih maka lisan juga seharusnya mengeluarkan perkataan yang baik. Namun tidak sedikit, lisan bisa menjadi sebab tergelincirnya kaum muslimin ke dalam dosa. Bisa disebabkan bicara bohong, ghibah dan lain sebagainya. Jadi sobat CahayaIslam, yuk lebih baik tidak banyak bicara daripada bicara yang tidak bermanfaat.


Catatan Kaki:

(1) –

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY